Bimbingan Klasikal , Curriculum : 2015


Courser in EnglishClassical Guidance
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar bimbingan klasikal; faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan klasikal; pemilihan tema, perumusan tujuan, pemilihan strategi, pengembangan bahan/materi, pemilihan metode, pemilihan media dan penilaian bimbingan klasikal; menyusun RPL dan Lapelprog bimbingan klasikal

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal secara mandiri.
  2. Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
  3. Keterampilan Khusus: : mampu merencanakan dan menilai bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
  4. Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian bimbingan klasikal.

 

References

  1. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
  2. Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
  3. Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Implementasi Kurikulum 201 Bandung: Yrama Widya.
  4. Mastur dan Triyono. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  5. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  6. Nurihsan, Achmad Juntika. 200 Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  7. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
  8. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  9. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  10. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
  11. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Bimbingan Klasikal ini meliputi: konsep dasar; faktor-faktor; mendesain; pemilihan tema / menjabarkan sub tema; perumusan tujuan; pengembangan bahan/materi; pemilihan metode, media dan strategi, dan penilaian bimbingan klasikal; ketrampilan dasar bimbingan klasikal; menyusun RPL dan lapelprog bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar Bimbingan Klasikal, faktor-faktor; mendesain; pemilihan tema / menjabarkan sub tema; perumusan tujuan; pengembangan bahan/materi; pemilihan metode, media dan strategi, dan penilaian bimbingan klasikal; ketrampilan dasar bimbingan klasikal; menyusun RPL dan lapelprog bimbingan klasikal.

 

References

  1. Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2017. Bimbingan Klasikal. Semarang: UPGRI Semarang.
  3. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  4. Siwabessy, Louise B. dan Sri Hastoeti. 2008. Bahan Ajar Sertifikasi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Jabatan melalui Jalur Pendidikan: Praktik
  5. Bimbingan Klasikal. Jakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta fdan Dikti Depdiknas.:
  1. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta:
  2. Depdiknas
  3. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  4. Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
  5. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Bimbingan Klasikal ini meliputi: konsep dasar; faktor-faktor; mendesain; pemilihan tema / menjabarkan sub tema; perumusan tujuan; pengembangan bahan/materi; pemilihan metode, media dan strategi, dan penilaian bimbingan klasikal; ketrampilan dasar bimbingan klasikal; menyusun RPL dan lapelprog bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar Bimbingan Klasikal, faktor-faktor; mendesain; pemilihan tema / menjabarkan sub tema; perumusan tujuan; pengembangan bahan/materi; pemilihan metode, media dan strategi, dan penilaian bimbingan klasikal; ketrampilan dasar bimbingan klasikal; menyusun RPL dan lapelprog bimbingan klasikal.

 

References

  1. Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2017. Bimbingan Klasikal. Semarang: UPGRI Semarang.
  3. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  4. Siwabessy, Louise B. dan Sri Hastoeti. 2008. Bahan Ajar Sertifikasi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Jabatan melalui Jalur Pendidikan: Praktik
  5. Bimbingan Klasikal. Jakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta fdan Dikti Depdiknas.:
  1. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta:
  2. Depdiknas
  3. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  4. Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
  5. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Bimbingan Klasikal ini meliputi: konsep dasar; faktor-faktor; mendesain; pemilihan tema / menjabarkan sub tema; perumusan tujuan; pengembangan bahan/materi; pemilihan metode, media dan strategi, dan penilaian bimbingan klasikal; ketrampilan dasar bimbingan klasikal; menyusun RPL dan lapelprog bimbingan klasikal.

 

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar Bimbingan Klasikal, faktor-faktor; mendesain; pemilihan tema / menjabarkan sub tema; perumusan tujuan; pengembangan bahan/materi; pemilihan metode, media dan strategi, dan penilaian bimbingan klasikal; ketrampilan dasar bimbingan klasikal; menyusun RPL dan lapelprog bimbingan klasikal.

 

 

References

  1. Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2017. Bimbingan Klasikal. Semarang: UPGRI Semarang.
  3. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  4. Siwabessy, Louise B. dan Sri Hastoeti. 2008. Bahan Ajar Sertifikasi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Jabatan melalui Jalur Pendidikan: Praktik
  5. Bimbingan Klasikal. Jakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta fdan Dikti Depdiknas.:
  1. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta:
  2. Depdiknas
  3. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  4. Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
  5. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Bimbingan Klasikal ini meliputi: konsep dasar; faktor-faktor; mendesain; pemilihan tema / menjabarkan sub tema; perumusan tujuan; pengembangan bahan/materi; pemilihan metode, media dan strategi, dan penilaian bimbingan klasikal; ketrampilan dasar bimbingan klasikal; menyusun RPL dan lapelprog bimbingan klasikal.

 

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar Bimbingan Klasikal, faktor-faktor; mendesain; pemilihan tema / menjabarkan sub tema; perumusan tujuan; pengembangan bahan/materi; pemilihan metode, media dan strategi, dan penilaian bimbingan klasikal; ketrampilan dasar bimbingan klasikal; menyusun RPL dan lapelprog bimbingan klasikal.

 

 

References

  1. Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2017. Bimbingan Klasikal. Semarang: UPGRI Semarang.
  3. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  4. Siwabessy, Louise B. dan Sri Hastoeti. 2008. Bahan Ajar Sertifikasi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Jabatan melalui Jalur Pendidikan: Praktik
  5. Bimbingan Klasikal. Jakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta fdan Dikti Depdiknas.:
  1. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta:
  2. Depdiknas
  3. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  4. Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
  5. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar Bimbingan Klasikal, Pengertian, Tujuan, Fungsi, Keunggulan dan Kelemahan Bimbingan Klasikal, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Bimbingan Klasikal, Mendesain/merencanakan Program Bimbingan Klasikal, Memilih Tema Bimbingan Klasikal, Merumuskan Tujuan, Memilih Bahan Bimbingan Klasikal, Memilih Metode Bimbingan Klasikal, Memilih Media, Memilih Strategi, Merancang Penilaian, Menyusun RPL dan Lapelprog Bimbingan Klasikal.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal secara mandiri.
  2. Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
  3. Keterampilan Khusus: : mampu merencanakan dan menilai bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
  4. Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian bimbingan klasikal.

References

  1. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
  2. Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
  3. Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
  4. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  5. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  6. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  7. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
  8. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  9. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  10. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
  11. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar Bimbingan Klasikal, Pengertian, Tujuan, Fungsi, Keunggulan dan Kelemahan Bimbingan Klasikal, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Bimbingan Klasikal, Mendesain/merencanakan Program Bimbingan Klasikal, Memilih Tema Bimbingan Klasikal, Merumuskan Tujuan, Memilih Bahan Bimbingan Klasikal, Memilih Metode Bimbingan Klasikal, Memilih Media, Memilih Strategi, Merancang Penilaian, Menyusun RPL dan Lapelprog Bimbingan Klasikal.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal secara mandiri.
  2. Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
  3. Keterampilan Khusus: : mampu merencanakan dan menilai bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
  4. Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian bimbingan klasikal.

References

  1. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
  2. Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
  3. Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
  4. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  5. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  6. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  7. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
  8. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  9. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  10. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
  11. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar bimbingan klasikal; faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan klasikal; pemilihan tema, perumusan tujuan, pemilihan strategi, pengembangan bahan/materi, pemilihan metode, pemilihan media dan penilaian bimbingan klasikal; menyusun RPL dan Lapelprog bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal secara mandiri.
  2. Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
  3. Keterampilan Khusus: : mampu merencanakan dan menilai bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
  4. Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian bimbingan klasikal.

 

References

  1. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
  2. Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
  3. Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
  4. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  5. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  6. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  7. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
  8. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  9. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  10. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
  11. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar bimbingan klasikal; faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan klasikal; pemilihan tema, perumusan tujuan, pemilihan strategi, pengembangan bahan/materi, pemilihan metode, pemilihan media dan penilaian bimbingan klasikal; menyusun RPL dan Lapelprog bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal secara mandiri.
  2. Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
  3. Keterampilan Khusus: : mampu merencanakan dan menilai bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
  4. Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian bimbingan klasikal.

 

References

  1. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
  2. Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
  3. Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
  4. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  5. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  6. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  7. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
  8. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  9. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  10. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
  11. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

 


Details ...