Courser in English | Classical Guidance |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; mendesain Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; mendesain laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
Sub-CPMK1 |
Menelaah konsep dasar bimbngan klasikal yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (S3, P4) (CMPK1) |
Sub-CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU 2, KK 8). (CPMK2). |
Sub-CPMK3 |
Menarasikan materi bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (P 7, KU 2) (CMPK3) |
Sub-CPMK4 |
Mengombinasikan berbagai metode pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara klasikal dan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (P 7, P 8, KU 2) (CPMK 4). |
Sub-CPMK5 |
Terampil mendesain pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil mendesain rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. ( KK5, KK 10, S 9, KU 2) (CPMK 5). |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; mendesain Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; mendesain laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
Sub-CPMK1 |
Menelaah konsep dasar bimbngan klasikal yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (S3, P4) (CMPK1) |
Sub-CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU 2, KK 8). (CPMK2). |
Sub-CPMK3 |
Menarasikan materi bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (P 7, KU 2) (CMPK3) |
Sub-CPMK4 |
Mengombinasikan berbagai metode pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara klasikal dan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (P 7, P 8, KU 2) (CPMK 4). |
Sub-CPMK5 |
Terampil mendesain pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil mendesain rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. ( KK5, KK 10, S 9, KU 2) (CPMK 5). |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; mendesain Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; mendesain laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
Sub-CPMK1 |
Menelaah konsep dasar bimbngan klasikal yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (S3, P4) (CMPK1) |
Sub-CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU 2, KK 8). (CPMK2). |
Sub-CPMK3 |
Menarasikan materi bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (P 7, KU 2) (CMPK3) |
Sub-CPMK4 |
Mengombinasikan berbagai metode pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara klasikal dan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (P 7, P 8, KU 2) (CPMK 4). |
Sub-CPMK5 |
Terampil mendesain pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil mendesain rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. ( KK5, KK 10, S 9, KU 2) (CPMK 5). |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; mendesain Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; mendesain laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
Sub-CPMK1 |
Menelaah konsep dasar bimbngan klasikal yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (S3, P4) (CMPK1) |
Sub-CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU 2, KK 8). (CPMK2). |
Sub-CPMK3 |
Menarasikan materi bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (P 7, KU 2) (CMPK3) |
Sub-CPMK4 |
Mengombinasikan berbagai metode pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara klasikal dan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (P 7, P 8, KU 2) (CPMK 4). |
Sub-CPMK5 |
Terampil mendesain pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil mendesain rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. ( KK5, KK 10, S 9, KU 2) (CPMK 5). |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; mendesain Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; mendesain laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
Sub-CPMK1 |
Menelaah konsep dasar bimbngan klasikal yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (S3, P4) (CMPK1) |
Sub-CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU 2, KK 8). (CPMK2). |
Sub-CPMK3 |
Menarasikan materi bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (P 7, KU 2) (CMPK3) |
Sub-CPMK4 |
Mengombinasikan berbagai metode pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara klasikal dan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (P 7, P 8, KU 2) (CPMK 4). |
Sub-CPMK5 |
Terampil mendesain pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil mendesain rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. ( KK5, KK 10, S 9, KU 2) (CPMK 5). |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar bimbingan klasikal;faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan klasikal; konsep dasar dan prosedur perencanaan bimbingan klasikal; pemilihan topik, perumusan tujuan, pemilihan materi, pemilihan metode dan langkah-langkah, pemilihan media dan konsep dasar dan instrumen evaluasi bimbingan klasikal; manajemen kelas; penyusunan RPL beserta lampirannya.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikapdan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam penyusunan perangkat perencanaan bimbingan klasikal secara mandiri, kreatif, inovatif, berpikir kritis dan komprehensif.
- Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
- Keterampilan Khusus: mampu menyusun perangkat perencanaan bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
- Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik penyusunan perencanaan bimbingan klasikal.
Wajib:
- Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Media BimbinganKlasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP/SMA/SMK. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Anjuran :
- Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas..
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: RefikaAditama.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sunawan. 2018. Bahan Kajian 4 Bimbingan Klasikal. PPG Dalam Jabatan. Jakarta: Kementerian Ristekdikti.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingandan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
- Beberapa video (antara lain: video tentangmetode, video tentang media, video tentangmanajemenkelas).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar bimbingan klasikal;faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan klasikal; konsep dasar dan prosedur perencanaan bimbingan klasikal; pemilihan topik, perumusan tujuan, pemilihan materi, pemilihan metode dan langkah-langkah, pemilihan media dan konsep dasar dan instrumen evaluasi bimbingan klasikal; manajemen kelas; penyusunan RPL beserta lampirannya.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikapdan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam penyusunan perangkat perencanaan bimbingan klasikal secara mandiri, kreatif, inovatif, berpikir kritis dan komprehensif.
- Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
- Keterampilan Khusus: mampu menyusun perangkat perencanaan bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
- Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik penyusunan perencanaan bimbingan klasikal.
Wajib:
- Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Media BimbinganKlasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP/SMA/SMK. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Anjuran :
- Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas..
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: RefikaAditama.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sunawan. 2018. Bahan Kajian 4 Bimbingan Klasikal. PPG Dalam Jabatan. Jakarta: Kementerian Ristekdikti.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingandan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
- Beberapa video (antara lain: video tentangmetode, video tentang media, video tentangmanajemenkelas).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar bimbingan klasikal;faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan klasikal; konsep dasar dan prosedur perencanaan bimbingan klasikal; pemilihan topik, perumusan tujuan, pemilihan materi, pemilihan metode dan langkah-langkah, pemilihan media dan konsep dasar dan instrumen evaluasi bimbingan klasikal; manajemen kelas; penyusunan RPL beserta lampirannya.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikapdan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam penyusunan perangkat perencanaan bimbingan klasikal secara mandiri, kreatif, inovatif, berpikir kritis dan komprehensif.
- Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
- Keterampilan Khusus: mampu menyusun perangkat perencanaan bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
- Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik penyusunan perencanaan bimbingan klasikal.
Wajib:
- Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Media BimbinganKlasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP/SMA/SMK. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Anjuran :
- Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas..
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: RefikaAditama.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sunawan. 2018. Bahan Kajian 4 Bimbingan Klasikal. PPG Dalam Jabatan. Jakarta: Kementerian Ristekdikti.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingandan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
- Beberapa video (antara lain: video tentangmetode, video tentang media, video tentangmanajemenkelas).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar bimbingan klasikal;faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan klasikal; konsep dasar dan prosedur perencanaan bimbingan klasikal; pemilihan topik, perumusan tujuan, pemilihan materi, pemilihan metode dan langkah-langkah, pemilihan media dan konsep dasar dan instrumen evaluasi bimbingan klasikal; manajemen kelas; penyusunan RPL beserta lampirannya.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikapdan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam penyusunan perangkat perencanaan bimbingan klasikal secara mandiri, kreatif, inovatif, berpikir kritis dan komprehensif.
- Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
- Keterampilan Khusus: mampu menyusun perangkat perencanaan bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
- Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik penyusunan perencanaan bimbingan klasikal.
Wajib:
- Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Media BimbinganKlasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP/SMA/SMK. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Anjuran :
- Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas..
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: RefikaAditama.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sunawan. 2018. Bahan Kajian 4 Bimbingan Klasikal. PPG Dalam Jabatan. Jakarta: Kementerian Ristekdikti.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingandan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
- Beberapa video (antara lain: video tentangmetode, video tentang media, video tentangmanajemenkelas).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar bimbingan klasikal; faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan klasikal; pemilihan tema, perumusan tujuan, pemilihan strategi, pengembangan bahan/materi, pemilihan metode, pemilihan media dan penilaian bimbingan klasikal; menyusun RPL dan Lapelprog bimbingan klasikal
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal secara mandiri.
- Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
- Keterampilan Khusus: : mampu merencanakan dan menilai bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
- Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian bimbingan klasikal.
References
- Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
- Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
- Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Implementasi Kurikulum 201 Bandung: Yrama Widya.
- Mastur dan Triyono. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Nurihsan, Achmad Juntika. 200 Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
- Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar bimbingan klasikal; faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan klasikal; pemilihan tema, perumusan tujuan, pemilihan strategi, pengembangan bahan/materi, pemilihan metode, pemilihan media dan penilaian bimbingan klasikal; menyusun RPL dan Lapelprog bimbingan klasikal
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal secara mandiri.
- Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
- Keterampilan Khusus: : mampu merencanakan dan menilai bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
- Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian bimbingan klasikal.
References
- Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
- Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
- Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Implementasi Kurikulum 201 Bandung: Yrama Widya.
- Mastur dan Triyono. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Nurihsan, Achmad Juntika. 200 Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
- Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar bimbingan klasikal; faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan klasikal; pemilihan tema, perumusan tujuan, pemilihan strategi, pengembangan bahan/materi, pemilihan metode, pemilihan media dan penilaian bimbingan klasikal; menyusun RPL dan Lapelprog bimbingan klasikal
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal secara mandiri.
- Keterampilan Umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai bimbingan klasikal.
- Keterampilan Khusus: : mampu merencanakan dan menilai bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
- Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian bimbingan klasikal.
References
- Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
- Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
- Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Implementasi Kurikulum 201 Bandung: Yrama Widya.
- Mastur dan Triyono. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Nurihsan, Achmad Juntika. 200 Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
- Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Details ...