Courser in English | SWIMMING II |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 25 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa harus lulus mata kuliah renang 1 Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran |
Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
References- Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b c "FINA Facilities Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming Rules". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Timing Systems: Swimming System". Seiko. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "OMEGA and swimming – a natural partnership". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b "FINA Swimming Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Swimming Rules 2009-2013". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming All Events". Olympic.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Technical Rule SW12.1 dan 12.2". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA 2009 List of Approved Swimsuits". Fina.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
Details ...
Mahasiswa harus lulus mata kuliah renang 1 Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran |
Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
References- Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b c "FINA Facilities Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming Rules". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Timing Systems: Swimming System". Seiko. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "OMEGA and swimming – a natural partnership". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b "FINA Swimming Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Swimming Rules 2009-2013". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming All Events". Olympic.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Technical Rule SW12.1 dan 12.2". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA 2009 List of Approved Swimsuits". Fina.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
Details ...
Mahasiswa harus lulus mata kuliah renang 1 Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran |
Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
References- Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b c "FINA Facilities Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming Rules". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Timing Systems: Swimming System". Seiko. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "OMEGA and swimming – a natural partnership". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b "FINA Swimming Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Swimming Rules 2009-2013". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming All Events". Olympic.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Technical Rule SW12.1 dan 12.2". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA 2009 List of Approved Swimsuits". Fina.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
Details ...
Mahasiswa harus lulus mata kuliah renang 1 Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran |
Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
References- Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b c "FINA Facilities Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming Rules". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Timing Systems: Swimming System". Seiko. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "OMEGA and swimming – a natural partnership". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b "FINA Swimming Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Swimming Rules 2009-2013". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming All Events". Olympic.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Technical Rule SW12.1 dan 12.2". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA 2009 List of Approved Swimsuits". Fina.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
Details ...
Mahasiswa harus lulus mata kuliah renang 1 Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran |
Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
References- Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b c "FINA Facilities Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming Rules". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Timing Systems: Swimming System". Seiko. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "OMEGA and swimming – a natural partnership". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b "FINA Swimming Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Swimming Rules 2009-2013". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming All Events". Olympic.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Technical Rule SW12.1 dan 12.2". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA 2009 List of Approved Swimsuits". Fina.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
Details ...
Mahasiswa harus lulus mata kuliah renang 1 Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran |
Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
References- Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b c "FINA Facilities Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming Rules". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Timing Systems: Swimming System". Seiko. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "OMEGA and swimming – a natural partnership". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b "FINA Swimming Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Swimming Rules 2009-2013". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming All Events". Olympic.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Technical Rule SW12.1 dan 12.2". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA 2009 List of Approved Swimsuits". Fina.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
Details ...
Mahasiswa harus lulus mata kuliah renang 1 Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran |
Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
References- Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b c "FINA Facilities Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming Rules". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Timing Systems: Swimming System". Seiko. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "OMEGA and swimming – a natural partnership". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b "FINA Swimming Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Swimming Rules 2009-2013". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming All Events". Olympic.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Technical Rule SW12.1 dan 12.2". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA 2009 List of Approved Swimsuits". Fina.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
Details ...
Mahasiswa harus lulus mata kuliah renang 1 Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran |
Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
References- Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b c "FINA Facilities Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming Rules". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Timing Systems: Swimming System". Seiko. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "OMEGA and swimming – a natural partnership". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ a b "FINA Swimming Rules 2009-2013". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Swimming Rules 2009-2013". FINA.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "Swimming All Events". Olympic.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA Technical Rule SW12.1 dan 12.2". Diakses tanggal 2009-11-14.
- ^ "FINA 2009 List of Approved Swimsuits". Fina.org. Diakses tanggal 2009-11-14.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
ReferencesBUKU RENANG TINGKAT MAHIR Pengarang : David G. Thomas, MS.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
ReferencesBUKU RENANG TINGKAT MAHIR Pengarang : David G. Thomas, MS.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
ReferencesBUKU RENANG TINGKAT MAHIR Pengarang : David G. Thomas, MS.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 4 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi mediadan alat pembelajaran
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang II, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
ReferencesBUKU RENANG TINGKAT MAHIR Pengarang : David G. Thomas, MS.
Details ...