Renang II, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSWIMMING II
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS25 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/ pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 2 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoritis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan latihan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi media dan alat pembelajaran serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan matakuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya (gaya dolpin dan lompat indah gaya paku), yang tergabung dalam pembelajaran Renang 2, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam latihan pembelajaran yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani.

References

David G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.

 

Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/ pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 2 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoritis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan latihan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi media dan alat pembelajaran serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan matakuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya (gaya dolpin dan lompat indah gaya paku), yang tergabung dalam pembelajaran Renang 2, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam latihan pembelajaran yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani.

References

David G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.

 

Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/ pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 2 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoritis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan latihan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi media dan alat pembelajaran serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan matakuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya (gaya dolpin dan lompat indah gaya paku), yang tergabung dalam pembelajaran Renang 2, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam latihan pembelajaran yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani.

References

David G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.

 

Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/ pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 2 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoritis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan latihan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi media dan alat pembelajaran serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan matakuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya (gaya dolpin dan lompat indah gaya paku), yang tergabung dalam pembelajaran Renang 2, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam latihan pembelajaran yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani.

References

David G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.

 

Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Pada perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan/model bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak mengapung di air (survive), dapat memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model/pendekatan pembelajaran yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam mensiasati/modifikasi media pembelajaran yang terbatas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan terampil beradaptasi dilingkungan/media air, dapat memperagakan keterampilan mengapung di air (survive ), serta terampil memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung. Diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, serta mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

  1. Daftar buku

 

Abdullah, Arma,. (1981 ), Olahraga untuk Perguruan Tinggi, Sastra Budaya, Yogyakarta.

C. Rob,Ort dan Jene B. Tyler.,(2000) .Dasar-dasarRenang, Angkasa. Bandung.

 

Elder,Terri. (1995), Water Fun and Fitness, Human Kinetics, Champaign,IL, USA.

Kurnia, Dadeng,.(1984), Cara Praktis Belajar renang, Prakarsa Belia, Jakarta.

 

Thomas, David,(1989), Swimming,Steps to Sucsess,Leisure Press, Champaign, IL, USA.

 

Referensi

 

Davies,Sharon, (1996). Leam Swimming in a Weekend,, Dorling Kindersley, London,    UK. Maglischo, Ernest, ( 1982),. Swimming Faster, A Comprehensive Guide to the Science of Swimming, My Field Publishing Company, USA.

 

Maglischo,Constill and Richardson, (1992), Swimming, Blackwell Scientific, USA.

 

Sukintoko,(1993), Renang dan metodik, Depdikbud, Jakarta.

 

Thomas, David, (1989), Swimming, Steps to Sucsess, Leisure Press, Champaign, IL, USA.


Details ...
Course Descriptions

Pada perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan/model bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak mengapung di air (survive), dapat memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model/pendekatan pembelajaran yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam mensiasati/modifikasi media pembelajaran yang terbatas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan terampil beradaptasi dilingkungan/media air, dapat memperagakan keterampilan mengapung di air (survive ), serta terampil memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung. Diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, serta mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

  1. Daftar buku

 

Abdullah, Arma,. (1981 ), Olahraga untuk Perguruan Tinggi, Sastra Budaya, Yogyakarta.

C. Rob,Ort dan Jene B. Tyler.,(2000) .Dasar-dasarRenang, Angkasa. Bandung.

 

Elder,Terri. (1995), Water Fun and Fitness, Human Kinetics, Champaign,IL, USA.

Kurnia, Dadeng,.(1984), Cara Praktis Belajar renang, Prakarsa Belia, Jakarta.

 

Thomas, David,(1989), Swimming,Steps to Sucsess,Leisure Press, Champaign, IL, USA.

 

Referensi

 

Davies,Sharon, (1996). Leam Swimming in a Weekend,, Dorling Kindersley, London,    UK. Maglischo, Ernest, ( 1982),. Swimming Faster, A Comprehensive Guide to the Science of Swimming, My Field Publishing Company, USA.

 

Maglischo,Constill and Richardson, (1992), Swimming, Blackwell Scientific, USA.

 

Sukintoko,(1993), Renang dan metodik, Depdikbud, Jakarta.

 

Thomas, David, (1989), Swimming, Steps to Sucsess, Leisure Press, Champaign, IL, USA.


Details ...
Course Descriptions

Pada perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan/model bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak mengapung di air (survive), dapat memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model/pendekatan pembelajaran yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam mensiasati/modifikasi media pembelajaran yang terbatas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan terampil beradaptasi dilingkungan/media air, dapat memperagakan keterampilan mengapung di air (survive ), serta terampil memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung. Diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, serta mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

  1. Daftar buku

 

Abdullah, Arma,. (1981 ), Olahraga untuk Perguruan Tinggi, Sastra Budaya, Yogyakarta.

C. Rob,Ort dan Jene B. Tyler.,(2000) .Dasar-dasarRenang, Angkasa. Bandung.

 

Elder,Terri. (1995), Water Fun and Fitness, Human Kinetics, Champaign,IL, USA.

Kurnia, Dadeng,.(1984), Cara Praktis Belajar renang, Prakarsa Belia, Jakarta.

 

Thomas, David,(1989), Swimming,Steps to Sucsess,Leisure Press, Champaign, IL, USA.

 

Referensi

 

Davies,Sharon, (1996). Leam Swimming in a Weekend,, Dorling Kindersley, London,    UK. Maglischo, Ernest, ( 1982),. Swimming Faster, A Comprehensive Guide to the Science of Swimming, My Field Publishing Company, USA.

 

Maglischo,Constill and Richardson, (1992), Swimming, Blackwell Scientific, USA.

 

Sukintoko,(1993), Renang dan metodik, Depdikbud, Jakarta.

 

Thomas, David, (1989), Swimming, Steps to Sucsess, Leisure Press, Champaign, IL, USA.


Details ...
Course Descriptions

Pada perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan/model bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak mengapung di air (survive), dapat memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model/pendekatan pembelajaran yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam mensiasati/modifikasi media pembelajaran yang terbatas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan terampil beradaptasi dilingkungan/media air, dapat memperagakan keterampilan mengapung di air (survive ), serta terampil memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung. Diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, serta mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

  1. Daftar buku

 

Abdullah, Arma,. (1981 ), Olahraga untuk Perguruan Tinggi, Sastra Budaya, Yogyakarta.

C. Rob,Ort dan Jene B. Tyler.,(2000) .Dasar-dasarRenang, Angkasa. Bandung.

 

Elder,Terri. (1995), Water Fun and Fitness, Human Kinetics, Champaign,IL, USA.

Kurnia, Dadeng,.(1984), Cara Praktis Belajar renang, Prakarsa Belia, Jakarta.

 

Thomas, David,(1989), Swimming,Steps to Sucsess,Leisure Press, Champaign, IL, USA.

 

Referensi

 

Davies,Sharon, (1996). Leam Swimming in a Weekend,, Dorling Kindersley, London,    UK. Maglischo, Ernest, ( 1982),. Swimming Faster, A Comprehensive Guide to the Science of Swimming, My Field Publishing Company, USA.

 

Maglischo,Constill and Richardson, (1992), Swimming, Blackwell Scientific, USA.

 

Sukintoko,(1993), Renang dan metodik, Depdikbud, Jakarta.

 

Thomas, David, (1989), Swimming, Steps to Sucsess, Leisure Press, Champaign, IL, USA.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/ pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 2 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoritis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan latihan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi media dan alat pembelajaran serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan matakuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang 2, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam latihan pembelajaran yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani.

References

David G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.

Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/ pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 2 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoritis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan latihan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi media dan alat pembelajaran serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan matakuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang 2, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam latihan pembelajaran yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani.

References

David G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.

Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/ pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 2 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoritis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan latihan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi media dan alat pembelajaran serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan matakuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang 2, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam latihan pembelajaran yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani.

References

David G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.

Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai model/ pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak 2 gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoritis dan filosofis aktivitas aquatik. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model-model pendekatan latihan pembelajaran penjas yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam pemanfaatan /modifikasi media dan alat pembelajaran serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan matakuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperagakan renang berbagai gaya, yang tergabung dalam pembelajaran Renang 2, serta diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam latihan pembelajaran yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani.

References

Abdullah, Arma,. (1981 ), Olahraga untuk Perguruan Tinggi, Sastra Budaya, Yogyakarta.

C. Rob,Ort dan Jene B. Tyler.,(2000) .Dasar-dasarRenang, Angkasa. Bandung.

 

Elder,Terri. (1995), Water Fun and Fitness, Human Kinetics, Champaign,IL, USA.

Kurnia, Dadeng,.(1984), Cara Praktis Belajar renang, Prakarsa Belia, Jakarta.

 

Thomas, David,(1989), Swimming,Steps to Sucsess,Leisure Press, Champaign, IL, USA.

 

Referensi

 

Davies,Sharon, (1996). Leam Swimming in a Weekend,, Dorling Kindersley, London,    UK. Maglischo, Ernest, ( 1982),. Swimming Faster, A Comprehensive Guide to the Science of Swimming, My Field Publishing Company, USA.

 

Maglischo,Constill and Richardson, (1992), Swimming, Blackwell Scientific, USA.

 

Sukintoko,(1993), Renang dan metodik, Depdikbud, Jakarta.

 

Thomas, David, (1989), Swimming, Steps to Sucsess, Leisure Press, Champaign, IL, USA.


Details ...