Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP I |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
3. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
References-
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
3. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
References-
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
3. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
References-
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
3. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
References-
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
3. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
References-
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Program Bimbingan dan Konseling, landasan historis, landasan filosofis, landasan sosial, landasan religius, psikologis, pedagogik, dan budaya. Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan tugasnya disekolah tempat latihan dengan baik .
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai dengan ketentuan
- Penguasaan pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pelayanan untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori dan praktik bimbingan dan konseling.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
-
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Program Bimbingan dan Konseling, landasan historis, landasan filosofis, landasan sosial, landasan religius, psikologis, pedagogik, dan budaya. Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan tugasnya disekolah tempat latihan dengan baik .
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai dengan ketentuan
- Penguasaan pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pelayanan untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori dan praktik bimbingan dan konseling.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
-
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Program Bimbingan dan Konseling, landasan historis, landasan filosofis, landasan sosial, landasan religius, psikologis, pedagogik, dan budaya. Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan tugasnya disekolah tempat latihan dengan baik .
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai dengan ketentuan
- Penguasaan pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pelayanan untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori dan praktik bimbingan dan konseling.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
-
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Program Bimbingan dan Konseling, landasan historis, landasan filosofis, landasan sosial, landasan religius, psikologis, pedagogik, dan budaya. Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan tugasnya disekolah tempat latihan dengan baik .
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai dengan ketentuan
- Penguasaan pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pelayanan untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori dan praktik bimbingan dan konseling.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
-
Details ...
Magang merupakan upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan dan penguhan sikap yang dilakukan memlaui belajar dengan berbuat (learning by doing). Sebagai upaya pengenalan diri mahasiswa kepada sekolah yang dilakukan secara berjenjang yang dilakukan di Sekolah mitra.
Learning OutcomesTujuan Magang I:
membangun landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial mahasiswa melalui:
1. wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah;
2. pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik;
3. refleksi hasil pengamatan
ReferencesDetails ...
Magang merupakan upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan dan penguhan sikap yang dilakukan memlaui belajar dengan berbuat (learning by doing). Sebagai upaya pengenalan diri mahasiswa kepada sekolah yang dilakukan secara berjenjang yang dilakukan di Sekolah mitra.
Learning OutcomesTujuan Magang I:
membangun landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial mahasiswa melalui:
1. wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah;
2. pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik;
3. refleksi hasil pengamatan
ReferencesDetails ...
Magang merupakan upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan dan penguhan sikap yang dilakukan memlaui belajar dengan berbuat (learning by doing). Sebagai upaya pengenalan diri mahasiswa kepada sekolah yang dilakukan secara berjenjang yang dilakukan di Sekolah mitra.
Learning OutcomesTujuan Magang I:
membangun landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial mahasiswa melalui:
1. wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah;
2. pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik;
3. refleksi hasil pengamatan
ReferencesDetails ...