Magang I, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP I
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah  Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1  Kependidikan dengan bobot  2 sks.  Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan  mahasiswa  mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan  ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah. 

Learning Outcomes

1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris

2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik

3. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik

4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi

5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1  Kependidikan dengan bobot  2 sks.  Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan  mahasiswa  mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan  ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah. 

Learning Outcomes

1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris

2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik

3. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik

4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi

5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1  Kependidikan dengan bobot  2 sks.  Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan  mahasiswa  mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan  ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah. 

Learning Outcomes

1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris

2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik

3. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik

4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi

5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1  Kependidikan dengan bobot  2 sks.  Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan  mahasiswa  mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan  ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah. 

Learning Outcomes

1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris

2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik

3. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik

4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi

5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1  Kependidikan dengan bobot  2 sks.  Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan  mahasiswa  mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan  ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah. 

Learning Outcomes

1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris

2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik

3. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik

4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi

5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Program Bimbingan dan Konseling, landasan historis, landasan filosofis, landasan sosial, landasan religius, psikologis, pedagogik, dan budaya. Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan tugasnya disekolah tempat latihan dengan baik .

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai dengan ketentuan

 

  1. Penguasaan pengetahuan

a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pelayanan untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori dan praktik bimbingan dan konseling.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Program Bimbingan dan Konseling, landasan historis, landasan filosofis, landasan sosial, landasan religius, psikologis, pedagogik, dan budaya. Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan tugasnya disekolah tempat latihan dengan baik .

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai dengan ketentuan

 

  1. Penguasaan pengetahuan

a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pelayanan untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori dan praktik bimbingan dan konseling.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Program Bimbingan dan Konseling, landasan historis, landasan filosofis, landasan sosial, landasan religius, psikologis, pedagogik, dan budaya. Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan tugasnya disekolah tempat latihan dengan baik .

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai dengan ketentuan

 

  1. Penguasaan pengetahuan

a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pelayanan untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori dan praktik bimbingan dan konseling.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Program Bimbingan dan Konseling, landasan historis, landasan filosofis, landasan sosial, landasan religius, psikologis, pedagogik, dan budaya. Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan tugasnya disekolah tempat latihan dengan baik .

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sesuai dengan ketentuan

 

  1. Penguasaan pengetahuan

a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pelayanan untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori dan praktik bimbingan dan konseling.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu Bimbingan dan Konseling di sekolah
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

References

-


Details ...
Course Descriptions

Magang merupakan upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan dan penguhan sikap yang dilakukan memlaui belajar dengan berbuat (learning by doing). Sebagai upaya pengenalan diri mahasiswa kepada sekolah yang dilakukan secara berjenjang yang dilakukan di Sekolah mitra. 

Learning Outcomes

Tujuan Magang I:

 membangun landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial mahasiswa melalui:

1. wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah;

2. pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik;

3. refleksi hasil pengamatan

References

uUndang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
uUndang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
uPermendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
uPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
uPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 9 Tahun 2009 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jaba tan.
uPeraturan Presiden no 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)


Details ...
Course Descriptions

Magang merupakan upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan dan penguhan sikap yang dilakukan memlaui belajar dengan berbuat (learning by doing). Sebagai upaya pengenalan diri mahasiswa kepada sekolah yang dilakukan secara berjenjang yang dilakukan di Sekolah mitra. 

Learning Outcomes

Tujuan Magang I:

 membangun landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial mahasiswa melalui:

1. wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah;

2. pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik;

3. refleksi hasil pengamatan

References

uUndang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
uUndang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
uPermendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
uPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
uPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 9 Tahun 2009 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jaba tan.
uPeraturan Presiden no 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)


Details ...
Course Descriptions

Magang merupakan upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan dan penguhan sikap yang dilakukan memlaui belajar dengan berbuat (learning by doing). Sebagai upaya pengenalan diri mahasiswa kepada sekolah yang dilakukan secara berjenjang yang dilakukan di Sekolah mitra. 

Learning Outcomes

Tujuan Magang I:

 membangun landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial mahasiswa melalui:

1. wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah;

2. pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik;

3. refleksi hasil pengamatan

References

uUndang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
uUndang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
uPermendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
uPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
uPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 9 Tahun 2009 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jaba tan.
uPeraturan Presiden no 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)


Details ...