Courser in English | PERSONAL GUIDANCE AND COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah BK Pribadi ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD. Mahasiswa diajak merumuskan dan merancang action plan layanan bimbingan dan konseling pribadi pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK di masa covid 19.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankanpada MK |
|
|
|
||
Sikap (S) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5) |
|
|||
Pengetahuan (P) |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan (P4)
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (P5) |
|
|||
KetrampilanUmum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1)
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2) |
|
|||
KetrampilanKhusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copymaupunsoft copysecara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling . (KK 1)
Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia. (KK 2).
Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (KK 7).
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (KK 8) |
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah BK Pribadi ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD. Mahasiswa diajak merumuskan dan merancang action plan layanan bimbingan dan konseling pribadi pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK di masa covid 19.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankanpada MK |
|
|
|
||
Sikap (S) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5) |
|
|||
Pengetahuan (P) |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan (P4)
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (P5) |
|
|||
KetrampilanUmum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1)
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2) |
|
|||
KetrampilanKhusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copymaupunsoft copysecara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling . (KK 1)
Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia. (KK 2).
Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (KK 7).
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (KK 8) |
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah BK Pribadi ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD. Mahasiswa diajak merumuskan dan merancang action plan layanan bimbingan dan konseling pribadi pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK di masa covid 19.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankanpada MK |
|
|
|
||
Sikap (S) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5) |
|
|||
Pengetahuan (P) |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan (P4)
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (P5) |
|
|||
KetrampilanUmum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1)
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2) |
|
|||
KetrampilanKhusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copymaupunsoft copysecara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling . (KK 1)
Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia. (KK 2).
Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (KK 7).
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (KK 8) |
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah BK Pribadi ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD. Mahasiswa diajak merumuskan dan merancang action plan layanan bimbingan dan konseling pribadi pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK di masa covid 19.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankanpada MK |
|
|
|
||
Sikap (S) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5) |
|
|||
Pengetahuan (P) |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan (P4)
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (P5) |
|
|||
KetrampilanUmum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1)
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2) |
|
|||
KetrampilanKhusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copymaupunsoft copysecara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling . (KK 1)
Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia. (KK 2).
Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (KK 7).
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (KK 8) |
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah BK Pribadi ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD. Mahasiswa diajak merumuskan dan merancang action plan layanan bimbingan dan konseling pribadi pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK di masa covid 19.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankanpada MK |
|
|
|
||
Sikap (S) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5) |
|
|||
Pengetahuan (P) |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan (P4)
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (P5) |
|
|||
KetrampilanUmum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1)
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2) |
|
|||
KetrampilanKhusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copymaupunsoft copysecara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling . (KK 1)
Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia. (KK 2).
Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (KK 7).
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (KK 8) |
|
|
|
|
|
|
Details ...
Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD dan action plan pelayananya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membedakan perkembangan pribadi konseli SD, SMP, SMA, dan SMK serta mampu membuat action plan bidang pribadi.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD dan action plan pelayananya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membedakan perkembangan pribadi konseli SD, SMP, SMA, dan SMK serta mampu membuat action plan bidang pribadi.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD dan action plan pelayananya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membedakan perkembangan pribadi konseli SD, SMP, SMA, dan SMK serta mampu membuat action plan bidang pribadi.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD dan action plan pelayananya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membedakan perkembangan pribadi konseli SD, SMP, SMA, dan SMK serta mampu membuat action plan bidang pribadi.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD dan action plan pelayananya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membedakan perkembangan pribadi konseli SD, SMP, SMA, dan SMK serta mampu membuat action plan bidang pribadi.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD dan action plan pelayananya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membedakan perkembangan pribadi konseli SD, SMP, SMA, dan SMK serta mampu membuat action plan bidang pribadi.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD dan action plan pelayananya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membedakan perkembangan pribadi konseli SD, SMP, SMA, dan SMK serta mampu membuat action plan bidang pribadi.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...