Courser in English | PERSONAL GUIDANCE AND COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD dan action plan pelayananya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membedakan perkembangan pribadi konseli SD, SMP, SMA, dan SMK serta mampu membuat action plan bidang pribadi.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.
Learning Outcomes
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
Details ...
Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.
Learning Outcomes
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
Details ...
Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.
Learning Outcomes- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
Details ...
Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.
Learning Outcomes- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
Details ...
- Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.· Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.
Learning Outcomes
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
References
DAFTAR PUSTAKA
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
Details ...
- Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.· Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.
Learning Outcomes
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
References
DAFTAR PUSTAKA
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
Details ...
Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.
Learning Outcomes- Sikap dan tata nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.
- Keterampilan khusus
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.
References
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta
Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung
Details ...