Bimbingan dan Konseling Pribadi , Curriculum : 2015


Courser in EnglishPERSONAL GUIDANCE AND COUNSELING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Materi ini berisi tentang urgensi bk pribadi, karakteristik pribadi SD, SMP, SMA dan SMK, serta keterkaitanya dengan SKKPD dan action plan pelayananya.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membedakan perkembangan pribadi konseli SD, SMP, SMA, dan SMK serta mampu membuat action plan bidang pribadi.

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

 

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

 

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta

 

Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta

 

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

 

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung

POP BK SD, SMP, SMA, dan SMK


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.

Learning Outcomes

 

 

  1. Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

 

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

 

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta

 

Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta

 

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

 

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.

Learning Outcomes

 

 

  1. Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

 

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

 

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta

 

Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta

 

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

 

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

 

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

 

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta

 

Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta

 

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

 

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

 

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

 

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta

 

Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta

 

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

 

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.·         Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.

 

Learning Outcomes

  1. Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1. Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

 

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

 

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta

 

Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta

 

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

 

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.·         Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.

 

Learning Outcomes

  1. Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1. Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

  1.  Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

 

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

 

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta

 

Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta

 

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

 

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah BK Pribadi : akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, bidang bimbingan, hakekat bimbingan pribadi, urgensi BK pribadi, dimensi-dimensi kemanusiaan, landasan-landasan BK pribadi, jenis-jenis perkembangan, aspek-aspek perkembangan, serta mahasiswa mampu mengananlisa, menetukan sampai pada bagaimana cara menangani atau memprogramkan masalah siswa dalam rangka pengentasan.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan tata nilai
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Berprilaku sesuai norma yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus

 

  1. Keterampilan umum
  1. Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
  2. Dapat mengaplikasikan secara baik

 

  1. Penguasaan pengetahuan

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pribadi peserta didik serta merencanakan proses penangananya.

 

  1. Keterampilan khusus

Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah peserta didik serta menyusun program proses penanganannya.

 

 

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

 

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

 

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta

 

Saring Marsudi. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IKAPI. Surakarta

 

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

 

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung


Details ...