Courser in English | SOCIAL GUIDANCE AND COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 15 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini menyajikan hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep serta prinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi, friendship, resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategi penyelesaian masalah (teknik-teknik BK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, story telling, art therapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a) Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
b) Berprilaku sesuai noram yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
2. Keterampilan Umum
a) Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
b) Dapat mengaplikasikan secara baik
3. Penguasaan pengetahuan
a) Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial peserta didik serta merencanakan proses penangananya
4. Keterampilan Khusus
a) Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah sosial peserta didik serta menyusun program proses penanganannya
Referencesa. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep serta prinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi, friendship, resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategi penyelesaian masalah (teknik-teknik BK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, story telling, art therapy, puppetry, dll.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai noram yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan Umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
- Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial peserta didik serta merencanakan proses penangananya
- Keterampilan Khusus
a) Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah sosial peserta didik serta menyusun program proses penanganannya
Referencesa. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep serta prinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi, friendship, resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategi penyelesaian masalah (teknik-teknik BK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, story telling, art therapy, puppetry, dll.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai noram yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan Umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
- Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial peserta didik serta merencanakan proses penangananya
- Keterampilan Khusus
a) Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah sosial peserta didik serta menyusun program proses penanganannya
Referencesa. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Details ...