Courser in English | SOCIAL GUIDANCE AND COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 15 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah bk social merupakan matakuliah prasarat sebelum mengambil matakuliah praktikum bk social, di dalamya akan mengajarkan tentang hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep sertaprinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi ,friendship ,resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategipenyelesaianmasalah(teknik-teknikBK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, storytelling, arttherapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mahasiswa mampu memadukan temuan-temuan baru dalam bidang bimbingan dan konseling untuk merumuskan pokok-pokok pikiran dalam pelayanan bimbingan konseling sosialdengan memperhatikan keanekaragaman budaya (S1, P1, KU2, KK 6) |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan konseling sosial(S2, P6, KU2, KK 7) |
CPMK3 |
Mahasiswa terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling pada jenjang pendidikan yang relevan (S6, P10. KU5, KK 17) |
CPMK4 |
Mahasiswa terampil merancang merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, prosedur serta sarana dalam pelayanan bimbingan dan konseling sosial(S2, P6, KU 5, KK 17) |
Utama
a. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Pendukung
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Details ...
Mata kuliah bk social merupakan matakuliah prasarat sebelum mengambil matakuliah praktikum bk social, di dalamya akan mengajarkan tentang hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep sertaprinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi ,friendship ,resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategipenyelesaianmasalah(teknik-teknikBK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, storytelling, arttherapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mahasiswa mampu memadukan temuan-temuan baru dalam bidang bimbingan dan konseling untuk merumuskan pokok-pokok pikiran dalam pelayanan bimbingan konseling sosialdengan memperhatikan keanekaragaman budaya (S1, P1, KU2, KK 6) |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan konseling sosial(S2, P6, KU2, KK 7) |
CPMK3 |
Mahasiswa terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling pada jenjang pendidikan yang relevan (S6, P10. KU5, KK 17) |
CPMK4 |
Mahasiswa terampil merancang merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, prosedur serta sarana dalam pelayanan bimbingan dan konseling sosial(S2, P6, KU 5, KK 17) |
Utama
a. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Pendukung
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Details ...
Mata kuliah bk social merupakan matakuliah prasarat sebelum mengambil matakuliah praktikum bk social, di dalamya akan mengajarkan tentang hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep sertaprinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi ,friendship ,resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategipenyelesaianmasalah(teknik-teknikBK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, storytelling, arttherapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mahasiswa mampu memadukan temuan-temuan baru dalam bidang bimbingan dan konseling untuk merumuskan pokok-pokok pikiran dalam pelayanan bimbingan konseling sosialdengan memperhatikan keanekaragaman budaya (S1, P1, KU2, KK 6) |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan konseling sosial(S2, P6, KU2, KK 7) |
CPMK3 |
Mahasiswa terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling pada jenjang pendidikan yang relevan (S6, P10. KU5, KK 17) |
CPMK4 |
Mahasiswa terampil merancang merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, prosedur serta sarana dalam pelayanan bimbingan dan konseling sosial(S2, P6, KU 5, KK 17) |
Utama
a. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Pendukung
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Details ...
Mata kuliah bk social merupakan matakuliah prasarat sebelum mengambil matakuliah praktikum bk social, di dalamya akan mengajarkan tentang hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep sertaprinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi ,friendship ,resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategipenyelesaianmasalah(teknik-teknikBK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, storytelling, arttherapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mahasiswa mampu memadukan temuan-temuan baru dalam bidang bimbingan dan konseling untuk merumuskan pokok-pokok pikiran dalam pelayanan bimbingan konseling sosialdengan memperhatikan keanekaragaman budaya (S1, P1, KU2, KK 6) |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan konseling sosial(S2, P6, KU2, KK 7) |
CPMK3 |
Mahasiswa terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling pada jenjang pendidikan yang relevan (S6, P10. KU5, KK 17) |
CPMK4 |
Mahasiswa terampil merancang merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, prosedur serta sarana dalam pelayanan bimbingan dan konseling sosial(S2, P6, KU 5, KK 17) |
Utama
a. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Pendukung
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Details ...
Mata kuliah bk social merupakan matakuliah prasarat sebelum mengambil matakuliah praktikum bk social, di dalamya akan mengajarkan tentang hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep sertaprinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi ,friendship ,resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategipenyelesaianmasalah(teknik-teknikBK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, storytelling, arttherapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mahasiswa mampu memadukan temuan-temuan baru dalam bidang bimbingan dan konseling untuk merumuskan pokok-pokok pikiran dalam pelayanan bimbingan konseling sosialdengan memperhatikan keanekaragaman budaya (S1, P1, KU2, KK 6) |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan konseling sosial(S2, P6, KU2, KK 7) |
CPMK3 |
Mahasiswa terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling pada jenjang pendidikan yang relevan (S6, P10. KU5, KK 17) |
CPMK4 |
Mahasiswa terampil merancang merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, prosedur serta sarana dalam pelayanan bimbingan dan konseling sosial(S2, P6, KU 5, KK 17) |
Utama
a. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Pendukung
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep sertaprinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi ,friendship ,resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategipenyelesaianmasalah(teknik-teknikBK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, storytelling, arttherapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai noram yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan Umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
- Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial peserta didik serta merencanakan proses penangananya
- Keterampilan Khusus
a) Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah sosial peserta didik serta menyusun program proses penanganannya
Referencesa. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep sertaprinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi ,friendship ,resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategipenyelesaianmasalah(teknik-teknikBK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, storytelling, arttherapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai noram yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan Umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
- Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial peserta didik serta merencanakan proses penangananya
- Keterampilan Khusus
a) Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah sosial peserta didik serta menyusun program proses penanganannya
Referencesa. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep sertaprinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi ,friendship ,resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategipenyelesaianmasalah(teknik-teknikBK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, storytelling, arttherapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai noram yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan Umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
- Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial peserta didik serta merencanakan proses penangananya
- Keterampilan Khusus
a) Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah sosial peserta didik serta menyusun program proses penanganannya
Referencesa. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep sertaprinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi ,friendship ,resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategipenyelesaianmasalah(teknik-teknikBK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, storytelling, arttherapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai noram yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan Umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
- Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial peserta didik serta merencanakan proses penangananya
- Keterampilan Khusus
a) Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah sosial peserta didik serta menyusun program proses penanganannya
Referencesa. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep serta prinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi, friendship, resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategi penyelesaian masalah (teknik-teknik BK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, story telling, art therapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai noram yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan Umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
- Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial peserta didik serta merencanakan proses penangananya
- Keterampilan Khusus
a)
Referencesa. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep serta prinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi, friendship, resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategi penyelesaian masalah (teknik-teknik BK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, story telling, art therapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
- Berprilaku sesuai noram yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
- Keterampilan Umum
- Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
- Dapat mengaplikasikan secara baik
- Penguasaan pengetahuan
- Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial peserta didik serta merencanakan proses penangananya
- Keterampilan Khusus
a)
Referencesa. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan hakikat bimbingan konseling sosial dan konsep-konsep serta prinsip-prinsip dalam bimbingan konseling sosial yaitu konsep perkembangan sosial; intimasi, friendship, resolusi konflik, atribusi, altruisme, konsep gender, masalah sosial, konflik massa, sikap, pengaruh sosial, dan perilaku sosial, agresi dan kekerasan, prasangka sosial, motif sosial, dan ketertarikan antar pribadi. Serta mempelajari strategi penyelesaian masalah (teknik-teknik BK), role playing, sosiodrama, psikodrama, outbond, training, story telling, art therapy, puppetry, dll.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a) Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
b) Berprilaku sesuai noram yang berlaku, baik diluar kampus maupun di dalam kampus
2. Keterampilan Umum
a) Memahami semua konseptual yang tercantum dalam pokok bahasan.
b) Dapat mengaplikasikan secara baik
3. Penguasaan pengetahuan
a) Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial peserta didik serta merencanakan proses penangananya
4. Keterampilan Khusus
a) Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah sosial peserta didik serta menyusun program proses penanganannya
Referencesa. Partini,S.1991.PsikologiSosial.Yogyakarta:Studing
b. Jacobs,Harvil&Masson,(1988),Guidance&Counseling:StrategiesandSkills.
c. Muro.2001. GuidanceandCounselinginElementaryandJuniorSchool. USA:Prenhill
d. Sears,D.O,Freedman,J.L.,Peplau,L.A.1994. PsikologiSosial.Jilid1&2.Jakarta:Erlangga
e. Baron, R.A. &byrne, D. 2002. Psikologisosial(jilid1&2).Jakarta: Erlangga
f. Myers,DG.1996.Social Psychology.New York:McGraw-Hiil
g. Feldman,RS.1998.Social Psychology.New Jersey: PrenticeHall h. Mortensen,D.G& Schmuller,A.M.guidanceintoDay’s School
literatur tambahan : Gerungan,WA. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Details ...