Courser in English | THESIS PROPOSAL SEMINAR |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 49 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan Seminar Usulan Tesis mahasiswa diharapkan mampu:
CMPK 1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK 2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK 3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
ReferencesPedoman Penyusunan Tesis Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Pedoman Ejaan Bahasa yang disempurnaka
Details ...
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan Seminar Usulan Tesis mahasiswa diharapkan mampu:
CMPK 1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK 2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK 3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
ReferencesPedoman Penyusunan Tesis Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Pedoman Ejaan Bahasa yang disempurnaka
Details ...
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan Seminar Usulan Tesis mahasiswa diharapkan mampu:
CMPK 1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK 2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK 3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
ReferencesPedoman Penyusunan Tesis Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Pedoman Ejaan Bahasa yang disempurnaka
Details ...
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan Seminar Usulan Tesis mahasiswa diharapkan mampu:
CMPK 1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK 2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK 3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
ReferencesPedoman Penyusunan Tesis Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Pedoman Ejaan Bahasa yang disempurnaka
Details ...
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan Seminar Usulan Tesis mahasiswa diharapkan mampu:
CMPK 1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK 2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK 3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
ReferencesPedoman Penyusunan Tesis Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Pedoman Ejaan Bahasa yang disempurnaka
Details ...
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan Seminar Usulan Tesis mahasiswa diharapkan mampu:
CMPK 1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK 2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK 3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
ReferencesPedoman Penyusunan Tesis Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Pedoman Ejaan Bahasa yang disempurnaka
Details ...
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan Seminar Usulan Tesis mahasiswa diharapkan mampu:
CMPK 1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK 2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK 3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
ReferencesPedoman Penyusunan Tesis Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Pedoman Ejaan Bahasa yang disempurnaka
Details ...
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan Seminar Usulan Tesis mahasiswa diharapkan mampu:
CMPK 1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK 2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK 3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
ReferencesPedoman Penyusunan Tesis Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Pedoman Ejaan Bahasa yang disempurnaka
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu 1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan; 2. Presentasi draft proposal tesis; dan 3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Mahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah
pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan
peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
Anonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu 1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan; 2. Presentasi draft proposal tesis; dan 3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Mahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah
pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan
peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
Anonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu 1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan; 2. Presentasi draft proposal tesis; dan 3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Mahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah
pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan
peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
Anonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang seminar usulan proposal tesis dan klinik perbaikan. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu 1. Review yang meliputi Ruang Lingkup penelitian; Jenis dan metoda penelitian; desain penelitian; langkah-langkah penelitian;Sistematika penelitian; Pedoman penelitian/etika penulisan/plagiasi/ pembimbingan; 2. Presentasi draft proposal tesis; dan 3. Klinik Proposal (perbaikan proposal).
Mahasiswa mampu menyusun proposal tesis berdasar kajian teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah
pendidikan dalam lingkup manajemen pendidikan
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan
peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan draft proposal yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
Anonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.
Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...