Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 105 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MDU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik di dalam dan luar kelas karena perkuliahan dikembangkan dengan pola student center. Perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, penugasan, simulasi, dan PBL (problem based learning).
Learning OutcomesMahasiswa terampil berbahasa Indonesia, baik teori maupun praktik, sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan yang dikajinya di perguruan tinggi serta mewujudkan kecintaan pada bahasa Indonesia.
ReferencesArifin, E. Z. (1993). Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar (Pedoman Praktis untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: PT Medyatama Sarana Perkasa. Brotowidjojo, M.D. (1988). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo. Day, R. (1983). Write and Publish a Scientific Paper. New York: Cambridge University Press. Depdiknas. 2004. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia. Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset. Indradi, Agustinus. (2003). Cermat Berbahasa Indonesia. Malang: Dioma. Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia. __________. (1997). Membuat Presentasi yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Moh.Yunus. (2004). 10 Kesalahan Utama dalam Presentasi. http://indosdm.com/displayarticle18.html
Details ...
Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MDU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik di dalam dan luar kelas karena perkuliahan dikembangkan dengan pola student center. Perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, penugasan, simulasi, dan PBL (problem based learning).
Learning OutcomesMahasiswa terampil berbahasa Indonesia, baik teori maupun praktik, sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan yang dikajinya di perguruan tinggi serta mewujudkan kecintaan pada bahasa Indonesia.
ReferencesArifin, E. Z. (1993). Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar (Pedoman Praktis untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: PT Medyatama Sarana Perkasa. Brotowidjojo, M.D. (1988). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo. Day, R. (1983). Write and Publish a Scientific Paper. New York: Cambridge University Press. Depdiknas. 2004. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia. Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset. Indradi, Agustinus. (2003). Cermat Berbahasa Indonesia. Malang: Dioma. Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia. __________. (1997). Membuat Presentasi yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Moh.Yunus. (2004). 10 Kesalahan Utama dalam Presentasi. http://indosdm.com/displayarticle18.html
Details ...
Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MDU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik di dalam dan luar kelas karena perkuliahan dikembangkan dengan pola student center. Perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, penugasan, simulasi, dan PBL (problem based learning).
Learning OutcomesMahasiswa terampil berbahasa Indonesia, baik teori maupun praktik, sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan yang dikajinya di perguruan tinggi serta mewujudkan kecintaan pada bahasa Indonesia.
ReferencesArifin, E. Z. (1993). Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar (Pedoman Praktis untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: PT Medyatama Sarana Perkasa. Brotowidjojo, M.D. (1988). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo. Day, R. (1983). Write and Publish a Scientific Paper. New York: Cambridge University Press. Depdiknas. 2004. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia. Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset. Indradi, Agustinus. (2003). Cermat Berbahasa Indonesia. Malang: Dioma. Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia. __________. (1997). Membuat Presentasi yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Moh.Yunus. (2004). 10 Kesalahan Utama dalam Presentasi. http://indosdm.com/displayarticle18.html
Details ...
Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MDU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik di dalam dan luar kelas karena perkuliahan dikembangkan dengan pola student center. Perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, penugasan, simulasi, dan PBL (problem based learning).
Learning OutcomesMahasiswa terampil berbahasa Indonesia, baik teori maupun praktik, sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan yang dikajinya di perguruan tinggi serta mewujudkan kecintaan pada bahasa Indonesia.
ReferencesArifin, E. Z. (1993). Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar (Pedoman Praktis untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: PT Medyatama Sarana Perkasa. Brotowidjojo, M.D. (1988). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo. Day, R. (1983). Write and Publish a Scientific Paper. New York: Cambridge University Press. Depdiknas. 2004. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia. Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset. Indradi, Agustinus. (2003). Cermat Berbahasa Indonesia. Malang: Dioma. Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia. __________. (1997). Membuat Presentasi yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Moh.Yunus. (2004). 10 Kesalahan Utama dalam Presentasi. http://indosdm.com/displayarticle18.html
Details ...
Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MDU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik di dalam dan luar kelas karena perkuliahan dikembangkan dengan pola student center. Perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, penugasan, simulasi, dan PBL (problem based learning).
Learning OutcomesMahasiswa terampil berbahasa Indonesia, baik teori maupun praktik, sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan yang dikajinya di perguruan tinggi serta mewujudkan kecintaan pada bahasa Indonesia.
ReferencesArifin, E. Z. (1993). Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar (Pedoman Praktis untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: PT Medyatama Sarana Perkasa. Brotowidjojo, M.D. (1988). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo. Day, R. (1983). Write and Publish a Scientific Paper. New York: Cambridge University Press. Depdiknas. 2004. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia. Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset. Indradi, Agustinus. (2003). Cermat Berbahasa Indonesia. Malang: Dioma. Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia. __________. (1997). Membuat Presentasi yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Moh.Yunus. (2004). 10 Kesalahan Utama dalam Presentasi. http://indosdm.com/displayarticle18.html
Details ...
Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MDU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik di dalam dan luar kelas karena perkuliahan dikembangkan dengan pola student center. Perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, penugasan, simulasi, dan PBL (problem based learning).
Learning OutcomesMahasiswa terampil berbahasa Indonesia, baik teori maupun praktik, sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan yang dikajinya di perguruan tinggi serta mewujudkan kecintaan pada bahasa Indonesia.
ReferencesArifin, E. Z. (1993). Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar (Pedoman Praktis untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: PT Medyatama Sarana Perkasa. Brotowidjojo, M.D. (1988). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo. Day, R. (1983). Write and Publish a Scientific Paper. New York: Cambridge University Press. Depdiknas. 2004. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia. Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset. Indradi, Agustinus. (2003). Cermat Berbahasa Indonesia. Malang: Dioma. Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia. __________. (1997). Membuat Presentasi yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Moh.Yunus. (2004). 10 Kesalahan Utama dalam Presentasi. http://indosdm.com/displayarticle18.html
Details ...
Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MDU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik di dalam dan luar kelas karena perkuliahan dikembangkan dengan pola student center. Perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, penugasan, simulasi, dan PBL (problem based learning).
Learning OutcomesMahasiswa terampil berbahasa Indonesia, baik teori maupun praktik, sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan yang dikajinya di perguruan tinggi serta mewujudkan kecintaan pada bahasa Indonesia.
ReferencesArifin, E. Z. (1993). Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar (Pedoman Praktis untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: PT Medyatama Sarana Perkasa. Brotowidjojo, M.D. (1988). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo. Day, R. (1983). Write and Publish a Scientific Paper. New York: Cambridge University Press. Depdiknas. 2004. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia. Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset. Indradi, Agustinus. (2003). Cermat Berbahasa Indonesia. Malang: Dioma. Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia. __________. (1997). Membuat Presentasi yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Moh.Yunus. (2004). 10 Kesalahan Utama dalam Presentasi. http://indosdm.com/displayarticle18.html
Details ...
Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MDU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik di dalam dan luar kelas karena perkuliahan dikembangkan dengan pola student center. Perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, penugasan, simulasi, dan PBL (problem based learning).
Learning OutcomesMahasiswa terampil berbahasa Indonesia, baik teori maupun praktik, sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan yang dikajinya di perguruan tinggi serta mewujudkan kecintaan pada bahasa Indonesia.
ReferencesArifin, E. Z. (1993). Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar (Pedoman Praktis untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: PT Medyatama Sarana Perkasa. Brotowidjojo, M.D. (1988). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo. Day, R. (1983). Write and Publish a Scientific Paper. New York: Cambridge University Press. Depdiknas. 2004. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia. Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset. Indradi, Agustinus. (2003). Cermat Berbahasa Indonesia. Malang: Dioma. Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia. __________. (1997). Membuat Presentasi yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Moh.Yunus. (2004). 10 Kesalahan Utama dalam Presentasi. http://indosdm.com/displayarticle18.html
Details ...
Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MDU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik di dalam dan luar kelas karena perkuliahan dikembangkan dengan pola student center. Perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, penugasan, simulasi, dan PBL (problem based learning).
Learning OutcomesMahasiswa terampil berbahasa Indonesia, baik teori maupun praktik, sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan yang dikajinya di perguruan tinggi serta mewujudkan kecintaan pada bahasa Indonesia.
ReferencesArifin, E. Z. (1993). Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar (Pedoman Praktis untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: PT Medyatama Sarana Perkasa. Brotowidjojo, M.D. (1988). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo. Day, R. (1983). Write and Publish a Scientific Paper. New York: Cambridge University Press. Depdiknas. 2004. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia. Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset. Indradi, Agustinus. (2003). Cermat Berbahasa Indonesia. Malang: Dioma. Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia. __________. (1997). Membuat Presentasi yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Moh.Yunus. (2004). 10 Kesalahan Utama dalam Presentasi. http://indosdm.com/displayarticle18.html
Details ...
Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MDU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik di dalam dan luar kelas karena perkuliahan dikembangkan dengan pola student center. Perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, penugasan, simulasi, dan PBL (problem based learning).
Learning OutcomesMahasiswa terampil berbahasa Indonesia, baik teori maupun praktik, sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan yang dikajinya di perguruan tinggi serta mewujudkan kecintaan pada bahasa Indonesia.
ReferencesArifin, E. Z. (1993). Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar (Pedoman Praktis untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: PT Medyatama Sarana Perkasa. Brotowidjojo, M.D. (1988). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo. Day, R. (1983). Write and Publish a Scientific Paper. New York: Cambridge University Press. Depdiknas. 2004. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia. Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset. Indradi, Agustinus. (2003). Cermat Berbahasa Indonesia. Malang: Dioma. Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia. __________. (1997). Membuat Presentasi yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan. Fakultas Ilmu Budaya UGM. Moh.Yunus. (2004). 10 Kesalahan Utama dalam Presentasi. http://indosdm.com/displayarticle18.html
Details ...