Courser in English | Lab Work OF INTEGRATED LEARNING |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik dikelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran keterhubungan
Learning OutcomesKeterampilan Khusus :
menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Penguasaan Pengetahuan :
a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Sikap :
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
-
Details ...
mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik dikelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran keterhubungan
Learning OutcomesKeterampilan Khusus :
menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Penguasaan Pengetahuan :
a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Sikap :
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
-
Details ...
mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik dikelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran keterhubungan
Learning OutcomesKeterampilan Khusus :
menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Penguasaan Pengetahuan :
a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Sikap :
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
-
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected)
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus : |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Penguasaan Pengetahuan : |
3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap : |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected)
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus : |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Penguasaan Pengetahuan : |
3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap : |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected)
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus : |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Penguasaan Pengetahuan : |
3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap : |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected)
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus : |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Penguasaan Pengetahuan : |
3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap : |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected).
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus : |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Penguasaan Pengetahuan : |
3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap : |
|
Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah
- Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
- Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected).
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus : |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Penguasaan Pengetahuan : |
3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap : |
|
Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah
- Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
- Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected).
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus : |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Penguasaan Pengetahuan : |
3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap : |
|
Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah
- Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
- Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected).
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus : |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Penguasaan Pengetahuan : |
3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap : |
|
Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah
- Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
- Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected).
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus : |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Penguasaan Pengetahuan : |
3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap : |
|
Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah
- Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
- Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...