Praktikum Pembelajaran Terpadu, Curriculum : 2010


Courser in EnglishLab Work OF INTEGRATED LEARNING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS13 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik dikelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran keterhubungan 

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus :

menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

Penguasaan Pengetahuan :

a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

Sikap :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; 

References

-


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik dikelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran keterhubungan 

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus :

menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

Penguasaan Pengetahuan :

a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

Sikap :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; 

References

-


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik dikelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran keterhubungan 

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus :

menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

Penguasaan Pengetahuan :

a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

Sikap :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected)

 

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap                                                              : 

a.     Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b.    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

References

Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah

  1. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
  2. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
 
   
   


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected)

 

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap                                                              : 

a.     Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b.    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

References

Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah

  1. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
  2. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
 
   
   


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected)

 

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap                                                              : 

a.     Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b.    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

References

Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah

  1. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
  2. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
 
   
   


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected)

 

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap                                                              : 

a.     Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b.    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

References

Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah

  1. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
  2. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
 
   
   


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected).

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

References

      Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah

  1. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
  2. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected).

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

References

      Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah

  1. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
  2. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected).

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

References

      Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah

  1. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
  2. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected).

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

References

      Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah

  1. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
  2. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pembelajaran terpadu untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Isi pokok mata kuliah ini adalah (a) konsep pembelajaran terpadu; (b) jenis pembelajaran terpadu; (c) perangkat pembelajaran tematik (webbed) di kelas rendah; (d) perangkat pembelajaran keterhubungan (conected) di kelas tinggi; (e) praktik pembelajaran tematik; (f) praktik pembelajaran conected).

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

References

      Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah

  1. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
  2. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.


Details ...