Courser in English | ORGANIZATION AND MANAGEMENT OF GUIDANCE AND COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
Sub-CPMK1 |
Menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri (S9,P14) (CPMK1); Merangkum khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan. sesuai bidang keahliannnya. (S9, P4) (CPMK1). |
Sub-CPMK2 |
Mendeskripsikan materi dan metode organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur [P7, KU2] (CPMK2) |
Sub-CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. (KK8, KU2). (CPMK 3); Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan Pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (KK7, KU2) (CPMK 3). |
Sub-CPMK4
|
Mampu mendesain rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan secara mandiri, bermutu, dan terukur; (KK10, KU2) (CPMK4); Mampu mendesain pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan secra mandiri, bermutu, dan terukur (KK5, KU2) (CPMK 4); Mampu memadankan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan secara bermutu dan terukur. (KK6, KU2) (CPMK 4). |
Sub-CPMK5 |
Mampu mengevaluasi pelaksanaan layanan dan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur (KK53, S9, KU2) (CPMK 5); Mampu menyusun laporan hasil evaluasi pelaksanaan layanan dan program layanan bimbingan dan konseling.yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (KK55, S9, KU2) (CPMK 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2021.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
Sub-CPMK1 |
Menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri (S9,P14) (CPMK1); Merangkum khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan. sesuai bidang keahliannnya. (S9, P4) (CPMK1). |
Sub-CPMK2 |
Mendeskripsikan materi dan metode organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur [P7, KU2] (CPMK2) |
Sub-CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. (KK8, KU2). (CPMK 3); Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan Pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (KK7, KU2) (CPMK 3). |
Sub-CPMK4
|
Mampu mendesain rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan secara mandiri, bermutu, dan terukur; (KK10, KU2) (CPMK4); Mampu mendesain pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan secra mandiri, bermutu, dan terukur (KK5, KU2) (CPMK 4); Mampu memadankan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan secara bermutu dan terukur. (KK6, KU2) (CPMK 4). |
Sub-CPMK5 |
Mampu mengevaluasi pelaksanaan layanan dan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur (KK53, S9, KU2) (CPMK 5); Mampu menyusun laporan hasil evaluasi pelaksanaan layanan dan program layanan bimbingan dan konseling.yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (KK55, S9, KU2) (CPMK 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2021.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
Sub-CPMK1 |
Menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri (S9,P14) (CPMK1); Merangkum khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan. sesuai bidang keahliannnya. (S9, P4) (CPMK1). |
Sub-CPMK2 |
Mendeskripsikan materi dan metode organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur [P7, KU2] (CPMK2) |
Sub-CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. (KK8, KU2). (CPMK 3); Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan Pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (KK7, KU2) (CPMK 3). |
Sub-CPMK4
|
Mampu mendesain rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan secara mandiri, bermutu, dan terukur; (KK10, KU2) (CPMK4); Mampu mendesain pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan secra mandiri, bermutu, dan terukur (KK5, KU2) (CPMK 4); Mampu memadankan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan secara bermutu dan terukur. (KK6, KU2) (CPMK 4). |
Sub-CPMK5 |
Mampu mengevaluasi pelaksanaan layanan dan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur (KK53, S9, KU2) (CPMK 5); Mampu menyusun laporan hasil evaluasi pelaksanaan layanan dan program layanan bimbingan dan konseling.yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (KK55, S9, KU2) (CPMK 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2021.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
Sub-CPMK1 |
Menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri (S9,P14) (CPMK1); Merangkum khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan. sesuai bidang keahliannnya. (S9, P4) (CPMK1). |
Sub-CPMK2 |
Mendeskripsikan materi dan metode organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur [P7, KU2] (CPMK2) |
Sub-CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. (KK8, KU2). (CPMK 3); Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan Pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (KK7, KU2) (CPMK 3). |
Sub-CPMK4
|
Mampu mendesain rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan secara mandiri, bermutu, dan terukur; (KK10, KU2) (CPMK4); Mampu mendesain pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan secra mandiri, bermutu, dan terukur (KK5, KU2) (CPMK 4); Mampu memadankan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan secara bermutu dan terukur. (KK6, KU2) (CPMK 4). |
Sub-CPMK5 |
Mampu mengevaluasi pelaksanaan layanan dan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur (KK53, S9, KU2) (CPMK 5); Mampu menyusun laporan hasil evaluasi pelaksanaan layanan dan program layanan bimbingan dan konseling.yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (KK55, S9, KU2) (CPMK 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2021.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
Sub-CPMK1 |
Menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri (S9,P14) (CPMK1); Merangkum khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan. sesuai bidang keahliannnya. (S9, P4) (CPMK1). |
Sub-CPMK2 |
Mendeskripsikan materi dan metode organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur [P7, KU2] (CPMK2) |
Sub-CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. (KK8, KU2). (CPMK 3); Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan Pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (KK7, KU2) (CPMK 3). |
Sub-CPMK4
|
Mampu mendesain rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan secara mandiri, bermutu, dan terukur; (KK10, KU2) (CPMK4); Mampu mendesain pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan secra mandiri, bermutu, dan terukur (KK5, KU2) (CPMK 4); Mampu memadankan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan secara bermutu dan terukur. (KK6, KU2) (CPMK 4). |
Sub-CPMK5 |
Mampu mengevaluasi pelaksanaan layanan dan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur (KK53, S9, KU2) (CPMK 5); Mampu menyusun laporan hasil evaluasi pelaksanaan layanan dan program layanan bimbingan dan konseling.yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (KK55, S9, KU2) (CPMK 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2021.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK; konsep dasar program BK; penilaian, laporan, dan tindak lanjut program BK; keterampilan merancang program BK;
dan keterampilan menilai proses dan hasil pelaksanaan program BK serta ketrampilan menyusun laporan dan tindak lanjut pelaksanaan program kegiatan BK.
Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, terampil menilai proses, dan hasil pelaksanaan program BK dan melaporkan dan tindak lanjut pelaksanaan
ReferencesWajib :
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
Anjuran
Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK; konsep dasar program BK; penilaian, laporan, dan tindak lanjut program BK; keterampilan merancang program BK;
dan keterampilan menilai proses dan hasil pelaksanaan program BK serta ketrampilan menyusun laporan dan tindak lanjut pelaksanaan program kegiatan BK.
Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, terampil menilai proses, dan hasil pelaksanaan program BK dan melaporkan dan tindak lanjut pelaksanaan
ReferencesWajib :
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
Anjuran
Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK; konsep dasar program BK; penilaian, laporan, dan tindak lanjut program BK; keterampilan merancang program BK;
dan keterampilan menilai proses dan hasil pelaksanaan program BK serta ketrampilan menyusun laporan dan tindak lanjut pelaksanaan program kegiatan BK.
Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, terampil menilai proses, dan hasil pelaksanaan program BK dan melaporkan dan tindak lanjut pelaksanaan
ReferencesWajib :
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
Anjuran
Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK; konsep dasar program BK; penilaian, laporan, dan tindak lanjut program BK; keterampilan merancang program BK;
dan keterampilan menilai proses dan hasil pelaksanaan program BK serta ketrampilan menyusun laporan dan tindak lanjut pelaksanaan program kegiatan BK.
Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, terampil menilai proses, dan hasil pelaksanaan program BK dan melaporkan dan tindak lanjut pelaksanaan
ReferencesWajib :
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
Anjuran
Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.
Learning OutcomesMampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.
ReferencesWajib :
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
Anjuran
Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.
Learning OutcomesMampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.
ReferencesWajib :
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
Anjuran
Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.
Learning OutcomesMampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.
ReferencesWajib :
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
Anjuran
Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Details ...