Organisasi dan Manajemen BK, Curriculum : 2015


Courser in EnglishORGANIZATION AND MANAGEMENT OF GUIDANCE AND COUNSELING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan  program kegiatan BK.

References

Wajib :

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling  di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.

 

Anjuran

 

Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.

Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

References

Wajib :

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling  di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.

Anjuran

Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.

Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

References

Wajib :

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling  di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.

Anjuran

Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.

Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

References

Wajib :

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling  di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.

Anjuran

Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.

Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

References

Wajib :

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling  di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.

Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.

Anjuran

Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.

Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar  program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.    

                                                                                                          

References

  1. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  2. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  3. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling  di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  4. Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  6. Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  7. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
  8. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
  9. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
  10. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  11. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
  12. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
  13. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
  14. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar  program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.    

                                                                                                          

References

  1. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  2. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  3. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling  di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  4. Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  6. Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  7. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
  8. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
  9. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
  10. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  11. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
  12. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
  13. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
  14. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

References

  1. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  2. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  3. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling  di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  4. Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  6. Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  7. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
  8. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
  9. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
  10. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  11. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
  12. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
  13. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
  14. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, keterampilan merancang program BK, dan keterampilan menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

Learning Outcomes

Mampu mengkaji konsep dasar dan teori organisasi dan manajemen BK, konsep dasar program BK, terampil merancang program BK, dan terampil menilai proses, hasil dan program kegiatan BK.

References

  1. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  2. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  3. Ditjen GTK  Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling  di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud.
  4. Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  6. Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  7. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.
  8. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.
  9. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
  10. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  11. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
  12. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
  13. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press.
  14. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Details ...