Pembelajaran Terpadu, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINTEGRATED LEARNING
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS26 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam pembelajaran ini mahasiswa diajarkan tentang hakikat dan landasan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini; hakikat pembelajaran tematik; kurikulum terpadu/ tematik; menguasai teknik pengembangan tema; dan menggunakan tema /topik di dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Sikap (S) : S-9. Menunjukan sikap tanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri. : S-11. Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik : S-12. Menunjukkan sikap sabar dan kasih sayang dalam mendidik anak usia dini Keterampilan Umum (KU) : KU-1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang PAUD serta sesuai dengan kompetensi kerja bidang yang bersangkutan KU-2. Mampu menunjukkan kinerja sebagai pendidik PAUD yang mandiri, bermutu, dan terukur. Pengetahuan (P) : P-1. Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antropologis, psikologis, sosiologis dan pedagogik PAUD. P-2. Menguasai perkembangan dan belajar peserta didik P-5. Menguasai pembelajaran anak usia dini Keterampilan Khusus (KK) KK-1. Menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan, dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa. KK-4. Mengimplementasikan kurikulum di lembaga PAUD KK-6. Merencanakan, melaksanakan, menganalisis, dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Mahasiswa mampu mengimplementasikan pembelajaran terpadu/ tematik pada pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

References

1. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. (2014). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.Sujiono, Y. N. (2007). Buku Ajar Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

     
3. Masitoh, dkk. (2004) Strategi Pembelajaran TK ,Jakarta : Universitas Terbuka  
     
4. Moeslichatoen, (2004). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: Rineka Cipta  
     
5.Hermawan, Asep Hery. (2005) Pembelajaran Terpadu. Jakarta Universitas Terbuka.  
     
6. Setiasih, Ocih (2005) Pembelajaran Tema di Taman Kanak kanak, Udu-kid. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung UPI


Details ...
Course Descriptions

Dalam pembelajaran ini mahasiswa diajarkan tentang hakikat dan landasan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini; hakikat pembelajaran tematik; kurikulum terpadu/ tematik; menguasai teknik pengembangan tema; dan menggunakan tema /topik di dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Sikap (S) : S-9. Menunjukan sikap tanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri. : S-11. Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik : S-12. Menunjukkan sikap sabar dan kasih sayang dalam mendidik anak usia dini Keterampilan Umum (KU) : KU-1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang PAUD serta sesuai dengan kompetensi kerja bidang yang bersangkutan KU-2. Mampu menunjukkan kinerja sebagai pendidik PAUD yang mandiri, bermutu, dan terukur. Pengetahuan (P) : P-1. Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antropologis, psikologis, sosiologis dan pedagogik PAUD. P-2. Menguasai perkembangan dan belajar peserta didik P-5. Menguasai pembelajaran anak usia dini Keterampilan Khusus (KK) KK-1. Menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan, dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa. KK-4. Mengimplementasikan kurikulum di lembaga PAUD KK-6. Merencanakan, melaksanakan, menganalisis, dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Mahasiswa mampu mengimplementasikan pembelajaran terpadu/ tematik pada pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

References

1. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. (2014). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.Sujiono, Y. N. (2007). Buku Ajar Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

     
3. Masitoh, dkk. (2004) Strategi Pembelajaran TK ,Jakarta : Universitas Terbuka  
     
4. Moeslichatoen, (2004). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: Rineka Cipta  
     
5.Hermawan, Asep Hery. (2005) Pembelajaran Terpadu. Jakarta Universitas Terbuka.  
     
6. Setiasih, Ocih (2005) Pembelajaran Tema di Taman Kanak kanak, Udu-kid. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung UPI


Details ...
Course Descriptions

Dalam pembelajaran ini mahasiswa diajarkan tentang hakikat dan landasan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini; hakikat pembelajaran tematik; kurikulum terpadu/ tematik; menguasai teknik pengembangan tema; dan menggunakan tema /topik di dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Sikap (S) : S-9. Menunjukan sikap tanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri. : S-11. Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik : S-12. Menunjukkan sikap sabar dan kasih sayang dalam mendidik anak usia dini Keterampilan Umum (KU) : KU-1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang PAUD serta sesuai dengan kompetensi kerja bidang yang bersangkutan KU-2. Mampu menunjukkan kinerja sebagai pendidik PAUD yang mandiri, bermutu, dan terukur. Pengetahuan (P) : P-1. Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antropologis, psikologis, sosiologis dan pedagogik PAUD. P-2. Menguasai perkembangan dan belajar peserta didik P-5. Menguasai pembelajaran anak usia dini Keterampilan Khusus (KK) KK-1. Menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan, dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa. KK-4. Mengimplementasikan kurikulum di lembaga PAUD KK-6. Merencanakan, melaksanakan, menganalisis, dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Mahasiswa mampu mengimplementasikan pembelajaran terpadu/ tematik pada pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

References

1. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. (2014). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.Sujiono, Y. N. (2007). Buku Ajar Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

     
3. Masitoh, dkk. (2004) Strategi Pembelajaran TK ,Jakarta : Universitas Terbuka  
     
4. Moeslichatoen, (2004). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: Rineka Cipta  
     
5.Hermawan, Asep Hery. (2005) Pembelajaran Terpadu. Jakarta Universitas Terbuka.  
     
6. Setiasih, Ocih (2005) Pembelajaran Tema di Taman Kanak kanak, Udu-kid. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung UPI


Details ...
Course Descriptions

Dalam pembelajaran ini mahasiswa diajarkan tentang hakikat dan landasan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini; hakikat pembelajaran tematik; kurikulum terpadu/ tematik; menguasai teknik pengembangan tema; dan menggunakan tema /topik di dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Sikap (S) : S-9. Menunjukan sikap tanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri. : S-11. Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik : S-12. Menunjukkan sikap sabar dan kasih sayang dalam mendidik anak usia dini Keterampilan Umum (KU) : KU-1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang PAUD serta sesuai dengan kompetensi kerja bidang yang bersangkutan KU-2. Mampu menunjukkan kinerja sebagai pendidik PAUD yang mandiri, bermutu, dan terukur. Pengetahuan (P) : P-1. Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antropologis, psikologis, sosiologis dan pedagogik PAUD. P-2. Menguasai perkembangan dan belajar peserta didik P-5. Menguasai pembelajaran anak usia dini Keterampilan Khusus (KK) KK-1. Menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan, dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa. KK-4. Mengimplementasikan kurikulum di lembaga PAUD KK-6. Merencanakan, melaksanakan, menganalisis, dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Mahasiswa mampu mengimplementasikan pembelajaran terpadu/ tematik pada pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

References

1. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. (2014). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.Sujiono, Y. N. (2007). Buku Ajar Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

     
3. Masitoh, dkk. (2004) Strategi Pembelajaran TK ,Jakarta : Universitas Terbuka  
     
4. Moeslichatoen, (2004). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: Rineka Cipta  
     
5.Hermawan, Asep Hery. (2005) Pembelajaran Terpadu. Jakarta Universitas Terbuka.  
     
6. Setiasih, Ocih (2005) Pembelajaran Tema di Taman Kanak kanak, Udu-kid. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung UPI


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami konsep, tujuan, manfaat pembelajaran terpadu , model -model pembelajaran serta dapat merancang pembelajaran dengan model webbed untuk pembelajaran sesuai anak usia dini.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami konsep, tujuan ,manfaat pembelajaran terpadu dan dapat merancang pembelajaran dari penjabaran tema, sub tema, penggunaan model pembelajaran sampai dengan penggunaan media yang diimplementasikan dalam Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran Harian (RPPH) sesuai dengan anak usia dini

References

Hibana S. Rachman (2002) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PGTKI Pree    
     
Masitoh, dkk. (2004) Strategi Pembelajaran TK ,Jakarta : Universitas Terbuka  
     
Moeslichatoen, (2004). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: Rineka Cipta  
     
Hermawan, Asep Hery. (2005) Pembelajaran Terpadu. Jakarta Universitas Terbuka.  
     
Setiasih, Ocih (2005) Pembelajaran Tema di Taman Kanak kanak, Udu-kid. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung UPI


Details ...
Course Descriptions

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural khususnya mata kuliah Pembelajaran Terpadu

Learning Outcomes

1. Mahasiswa dapat memahami pengertiah, hakekat dan tujuan   pembelajaran terpadu

2. Mahasiswa dapat memahami prinsisp-prinsip pembelajara terpadu

3. Mahasiswa dapat menjabarkan model- model pembelajaran terpadu

4. Mahasiswa dapat menjelaskan model pembalajaran di PAUD

5. mahasiswa dapat memahami tentang macam-macam metode pembelajaran di PAUD

6. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pembelajaran Tematik

7. Mahasiswa dpat membuat model perencanaan pembelajaran dengan model weebed

References

1. Himana. S. Rachman.(2002) Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : PGTKI Press

2. Masitoh, dkk. (2004) Strategi Pengajaran di TK .Jakarta, Universitas Terbuka

3. Moeslichatoen, (2004) Metode pengajaran di TK. Jakarta Rineka Cipta

4. Hermawan, Asep Hery, (2005) Pembelajran Terpadu. Jakarta : Universitas Terbuka

5. Setiasih, Ocih. (2005). Pembelajaran Tema di Taman Kanak-Kanak. Edu-Kid. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : UPI


Details ...
Course Descriptions

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural khususnya mata kuliah Pembelajaran Terpadu

Learning Outcomes

1. Mahasiswa dapat memahami pengertiah, hakekat dan tujuan   pembelajaran terpadu

2. Mahasiswa dapat memahami prinsisp-prinsip pembelajara terpadu

3. Mahasiswa dapat menjabarkan model- model pembelajaran terpadu

4. Mahasiswa dapat menjelaskan model pembalajaran di PAUD

5. mahasiswa dapat memahami tentang macam-macam metode pembelajaran di PAUD

6. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pembelajaran Tematik

7. Mahasiswa dpat membuat model perencanaan pembelajaran dengan model weebed

References

1. Himana. S. Rachman.(2002) Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : PGTKI Press

2. Masitoh, dkk. (2004) Strategi Pengajaran di TK .Jakarta, Universitas Terbuka

3. Moeslichatoen, (2004) Metode pengajaran di TK. Jakarta Rineka Cipta

4. Hermawan, Asep Hery, (2005) Pembelajran Terpadu. Jakarta : Universitas Terbuka

5. Setiasih, Ocih. (2005). Pembelajaran Tema di Taman Kanak-Kanak. Edu-Kid. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : UPI


Details ...
Course Descriptions

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural khususnya mata kuliah Pembelajaran Terpadu

Learning Outcomes

1. Mahasiswa dapat memahami pengertiah, hakekat dan tujuan   pembelajaran terpadu

2. Mahasiswa dapat memahami prinsisp-prinsip pembelajara terpadu

3. Mahasiswa dapat menjabarkan model- model pembelajaran terpadu

4. Mahasiswa dapat menjelaskan model pembalajaran di PAUD

5. mahasiswa dapat memahami tentang macam-macam metode pembelajaran di PAUD

6. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pembelajaran Tematik

7. Mahasiswa dpat membuat model perencanaan pembelajaran dengan model weebed

References

1. Himana. S. Rachman.(2002) Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : PGTKI Press

2. Masitoh, dkk. (2004) Strategi Pengajaran di TK .Jakarta, Universitas Terbuka

3. Moeslichatoen, (2004) Metode pengajaran di TK. Jakarta Rineka Cipta

4. Hermawan, Asep Hery, (2005) Pembelajran Terpadu. Jakarta : Universitas Terbuka

5. Setiasih, Ocih. (2005). Pembelajaran Tema di Taman Kanak-Kanak. Edu-Kid. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : UPI


Details ...
Course Descriptions

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural khususnya mata kuliah Pembelajaran Terpadu

Learning Outcomes

1. Mahasiswa dapat memahami pengertiah, hakekat dan tujuan   pembelajaran terpadu

2. Mahasiswa dapat memahami prinsisp-prinsip pembelajara terpadu

3. Mahasiswa dapat menjabarkan model- model pembelajaran terpadu

4. Mahasiswa dapat menjelaskan model pembalajaran di PAUD

5. mahasiswa dapat memahami tentang macam-macam metode pembelajaran di PAUD

6. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pembelajaran Tematik

7. Mahasiswa dpat membuat model perencanaan pembelajaran dengan model weebed

References

1. Himana. S. Rachman.(2002) Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : PGTKI Press

2. Masitoh, dkk. (2004) Strategi Pengajaran di TK .Jakarta, Universitas Terbuka

3. Moeslichatoen, (2004) Metode pengajaran di TK. Jakarta Rineka Cipta

4. Hermawan, Asep Hery, (2005) Pembelajran Terpadu. Jakarta : Universitas Terbuka

5. Setiasih, Ocih. (2005). Pembelajaran Tema di Taman Kanak-Kanak. Edu-Kid. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : UPI


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami konsep, tujuan dan manfaat pembelajaran terpadu, konsep pembelajara terpadu model frakmated dan conekted, konsep pembelajaran terpadu model webbed serta merancang pembelajaran dengan model webbed, mampu mengidentifikasi tema, membuat persiapan pembelajaran secara lengkap terkaitRPPH sampai dengan pemilihan  media/alat yang dipergunakan di PAUD, konsep pembelajatran terpadu model nested dan sequented, pembelajaran terpadu model integrated dan terampil menjabarkan tema dalam jaring laba-laba .

Learning Outcomes

mampu menjelaskan tentang pembelajaran terpadu dengan model fragmanted dan conectedl, model webbed , model nested dan sequented, model treaded dan immersed, model networked , dapat mengaplikasikan dalam pembeljaran memalui microteaching dan membuat tematik dalam bentuk jaring laba-laba

References

1. Himma.S Rachman, 2002, Konsep dasarpendidikan Anak usia Dini, Jakarta : PGTKI Press

2. Masitoh, dkk, 2004, Strategi di TK, Jakarta: Universitas Terbuka

3. Moeslichatoen, 2004, Metode Pebgajaran di TK, Jakarta : Rineka Cipta

4. Hermawan, Asep hery, 2005, Pembelajaran Terpadu, Jakarta : Universitas terbuka

5. Setiasih, Ocih, 2005, Pembelajaran Tema di Taman Kanak-kanak, Edu Kid, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Bandung ; UPI


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu, siswa akan memperoleh pengetahuan dan ketrampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna disini memberikan makna bahwa pada pembelajaran terpadu siswa akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran.

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang konsep, tujuan, manfaat Pembelajaran terpadu,  konsep Pembelajaran Terpadu model Fragmented dan Connected, konsep Pembelajaran Terpadu model Webbed serta merancang pembelajaran menggunakan model Webbed untuk anak usia dini, dapat membuat media pembelajaran untuk mempersiapkan model Webbed, konsep Pembelajaran Terpadu model Nested dan Sequenced, konsep Pembelajaran Terpadu model Shared dan Integrated dan memahami tentang konsep Pembelajaran Terpadu model Threaded dan Immersed

 

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajatan Terpadu ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang konsep, tujuan, manfaat Pembelajaran terpadu,  konsep Pembelajaran Terpadu model Fragmented dan Connected, konsep Pembelajaran Terpadu model Webbed serta merancang pembelajaran menggunakan model Webbed untuk anak usia dini, dapat membuat media pembelajaran untuk mempersiapkan model Webbed, konsep Pembelajaran Terpadu model Nested dan Sequenced, konsep Pembelajaran Terpadu model Shared dan Integrated dan memahami tentang konsep Pembelajaran Terpadu model Threaded dan Immersed khususnya di PAUD.

References

1. Hibana S. Rachman (2002) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PGTKI Pree

2. Masitoh, dkk. (2004) Strategi Pembelajaran TK ,Jakarta : Universitas Terbuka

3. Moeslichatoen, (2004). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: Rineka Cipta

4. Hermawan, Asep Hery. (2005) Pembelajaran Terpadu. Jakarta Universitas Terbuka.

5. Setiasih, Ocih (2005) Pembelajaran Tema di Taman Kanak kanak, Udu-kid. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung UPI


Details ...