Implementasi Bimbingan Klasikal , Curriculum : 2015


Courser in EnglishCLASSICAL GUIDANCE IMPLEMENTATION
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS3 SKS
RPS25 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi: konsep dan simulasi implementasi bimbingan klasikal; penentuan topik; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

 1.  Sikap dan tata nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola implementasi bimbingan klasikal secara mandiri.

2.  Ketrampilan umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola implementasi bimbingan klasikal.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar dan manajemen kelas dalam bimbingan klasikal; praktik melaksanakan mikro bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut ; serta penyusunan laporan bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

1. Sikap dan tata nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.

2. Ketrampilan umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola bimbingan klasikal.

3. Ketrampilan khusus: mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.

4. Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

References

Wajib:

Dirjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) Bimbingan dan

           Konseling SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

Anjuran:

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa  University Press.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada  Media Group.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar dan manajemen kelas dalam bimbingan klasikal; praktik melaksanakan mikro bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut ; serta penyusunan laporan bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

1. Sikap dan tata nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.

2. Ketrampilan umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola bimbingan klasikal.

3. Ketrampilan khusus: mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.

4. Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

References

Wajib:

Dirjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) Bimbingan dan

           Konseling SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

Anjuran:

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa  University Press.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada  Media Group.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar dan manajemen kelas dalam bimbingan klasikal; praktik melaksanakan mikro bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut ; serta penyusunan laporan bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

1. Sikap dan tata nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.

2. Ketrampilan umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola bimbingan klasikal.

3. Ketrampilan khusus: mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.

4. Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

References

Wajib:

Dirjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) Bimbingan dan

           Konseling SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

Anjuran:

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa  University Press.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada  Media Group.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar dan manajemen kelas dalam bimbingan klasikal; praktik melaksanakan mikro bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut ; serta penyusunan laporan bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

1. Sikap dan tata nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.

2. Ketrampilan umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola bimbingan klasikal.

3. Ketrampilan khusus: mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.

4. Penguasaan pengetahuan: menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

References

Wajib:

Dirjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) Bimbingan dan

           Konseling SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

Anjuran:

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa  University Press.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada  Media Group.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi meliputi: penjelasan konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

1. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola bimbingan klasikal.

3. Mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.

4. Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT P            PPL IKIP PGRI Semarang.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi meliputi: penjelasan konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

1. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola bimbingan klasikal.

3. Mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.

4. Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT P            PPL IKIP PGRI Semarang.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi meliputi: penjelasan konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

1. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola bimbingan klasikal.

3. Mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.

4. Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi meliputi: penjelasan konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

1. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola bimbingan klasikal.

3. Mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.

4. Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi meliputi: penjelasan konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

  1. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola bimbingan klasikal.
  3. Mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
  4. Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

 

References

Wajib:

  1. Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
  2. Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.
  3. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT P            PPL IKIP PGRI Semarang.
  4. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
  5. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  6. Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

Anjuran:

  1. Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
  2. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
  3. Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  5. Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
  6. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
  7. Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
  8. Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
  9. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.
  10. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
  11. Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi meliputi: penjelasan konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

  1. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola bimbingan klasikal.
  3. Mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai kebutuhan peserta didik yang dilayani.
  4. Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

 

References

Wajib:

  1. Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
  2. Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.
  3. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT P            PPL IKIP PGRI Semarang.
  4. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
  5. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  6. Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

Anjuran:

  1. Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
  2. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
  3. Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  5. Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
  6. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
  7. Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
  8. Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
  9. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.
  10. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
  11. Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi meliputi: penjelasan konsep implementasi bimbingan klasikal; identifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

 

Learning Outcomes

  1. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola bimbingan klasikal secara mandiri.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola  bimbingan klasikal.
  3. Mampu mengaplikasikan dalam praktik strategi bimbingan klasikal sesuai  kebutuhan peserta didik yang dilayani.
  4. Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan klasikal.

 

 

References


Wajib:

  1. Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
  2. Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.
  3. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT P            PPL IKIP PGRI Semarang.
  4. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
  5. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  6. Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anjuran:

  1. Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
  2. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
  3. Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  5. Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
  6. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
  7. Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
  8. Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
  9. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.
  10. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
  11. Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi.


Details ...