Implementasi Bimbingan Klasikal , Curriculum : 2015


Courser in EnglishCLASSICAL GUIDANCE IMPLEMENTATION
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS3 SKS
RPS25 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaat pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

KK53

Terampil  mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

KK55

Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku

P5

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

P7

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling

References

Utama

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4. Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek.

Pendukung

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.

  1. Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
  2. Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.

18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaat pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

KK53

Terampil  mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

KK55

Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku

P5

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

P7

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling

References

Utama

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4. Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek.

Pendukung

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.

  1. Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
  2. Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.

18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaat pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

KK53

Terampil  mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

KK55

Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku

P5

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

P7

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling

References

Utama

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4. Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek.

Pendukung

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.

  1. Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
  2. Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.

18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaat pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

KK53

Terampil  mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

KK55

Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku

P5

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

P7

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling

References

Utama

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4. Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek.

Pendukung

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.

  1. Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
  2. Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.

18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaat pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

KK53

Terampil  mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

KK55

Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku

P5

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

P7

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling

References

Utama

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4. Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek.

Pendukung

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.

  1. Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
  2. Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.

18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan secara virtual synchronous, independent asynchronous, dan  coolaborative asynchronous. Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal, menentukan topik bimbingan klasikal, dan melakukan analisis instruksional. Selanjutnya menyusun perangkat bimbingan klasikal beserta melakukan penilaiannya, kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal;  serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media bimbingan klasikal berbasis TIK media audio visual. Dalam penyelenggaraan pembelajaran ini juga menggunakan aplikasi berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: makalah, lembar kerja peserta didik, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaat pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

References

1. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.  Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3.  Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4.  Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

Pendukung

 

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan secara virtual synchronous, independent asynchronous, dan  coolaborative asynchronous. Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal, menentukan topik bimbingan klasikal, dan melakukan analisis instruksional. Selanjutnya menyusun perangkat bimbingan klasikal beserta melakukan penilaiannya, kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal;  serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media bimbingan klasikal berbasis TIK media audio visual. Dalam penyelenggaraan pembelajaran ini juga menggunakan aplikasi berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: makalah, lembar kerja peserta didik, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaat pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

References

1. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.  Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3.  Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4.  Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

Pendukung

 

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan secara virtual synchronous, independent asynchronous, dan  coolaborative asynchronous. Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal, menentukan topik bimbingan klasikal, dan melakukan analisis instruksional. Selanjutnya menyusun perangkat bimbingan klasikal beserta melakukan penilaiannya, kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal;  serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media bimbingan klasikal berbasis TIK media audio visual. Dalam penyelenggaraan pembelajaran ini juga menggunakan aplikasi berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: makalah, lembar kerja peserta didik, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaat pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

References

1. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.  Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3.  Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4.  Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

Pendukung

 

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan secara virtual synchronous, independent asynchronous, dan  coolaborative asynchronous. Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal, menentukan topik bimbingan klasikal, dan melakukan analisis instruksional. Selanjutnya menyusun perangkat bimbingan klasikal beserta melakukan penilaiannya, kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal;  serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media bimbingan klasikal berbasis TIK media audio visual. Dalam penyelenggaraan pembelajaran ini juga menggunakan aplikasi berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: makalah, lembar kerja peserta didik, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaat pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

References

1. Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.  Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3.  Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4.  Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

Pendukung

 

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi: konsep dan simulasi implementasi bimbingan klasikal; penentuan topik; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

 1.  Sikap dan tata nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola implementasi bimbingan klasikal secara mandiri.

2.  Ketrampilan umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola implementasi bimbingan klasikal.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi: konsep dan simulasi implementasi bimbingan klasikal; penentuan topik; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

 1.  Sikap dan tata nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola implementasi bimbingan klasikal secara mandiri.

2.  Ketrampilan umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola implementasi bimbingan klasikal.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah implementasi bimbingan klasikal ini meliputi: konsep dan simulasi implementasi bimbingan klasikal; penentuan topik; penyusunan perangkat bimbingan klasikal; latihan ketrampilan dasar bimbingan klasikal; praktik pelaksanaan bimbingan klasikal;  praktik evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut bimbingan klasikal; serta penyusunan laporan bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

 1.  Sikap dan tata nilai: bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian dalam mengelola implementasi bimbingan klasikal secara mandiri.

2.  Ketrampilan umum: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengelola implementasi bimbingan klasikal.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2014. Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan dan Mujiono. 2002. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman. 2008. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi


Details ...