Courser in English | EDUCATIONAL PROFESSION ETIQUE |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 28 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang:
- Pendidikan etika profesi.
- Etika profesi pendidikan multikultural.
- Etika profesi dalam penerapan alat pendidikan
- Etika profesi kependidikan.
- Beberapa kasus etika profesi.
- Beberapa argumen etika profesi.
- Etika profesi kependidikan dan pendidikan karakter.
- Wacana pendidikan karakter di Sekolah.
- Naskah akademik pendidikan karakter.
- Pancasila sebagai sistem nilai.
- Pancasila sebagai ideologi.
- Etika Pancasila dalam kehidupan kampus.
- Pancasila sebagai paradigma pengembangan IPTEKS
- Etika beragama
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
Buku Teks (buku wajib)
Soegeng Ysh., A.Y. 2013. Etika Profesi Kependidikan. Semarang: Uinersitas PGRI Press.
Soegeng Ysh., A.Y. 2015.Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Buku Acuan (anjuran)
- Nucci, Larry P. – Narvaes, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.
- Rest, J.R. & Narvaesz, D.F. (Eds.). Moral Development in The Professions: Psychology and Applyied Ethics. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
- Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan Sinaradi. Yogyakaarta: Universitas Sanata Dharma.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang:
- Pendidikan etika profesi.
- Etika profesi pendidikan multikultural.
- Etika profesi dalam penerapan alat pendidikan
- Etika profesi kependidikan.
- Beberapa kasus etika profesi.
- Beberapa argumen etika profesi.
- Etika profesi kependidikan dan pendidikan karakter.
- Wacana pendidikan karakter di Sekolah.
- Naskah akademik pendidikan karakter.
- Pancasila sebagai sistem nilai.
- Pancasila sebagai ideologi.
- Etika Pancasila dalam kehidupan kampus.
- Pancasila sebagai paradigma pengembangan IPTEKS
- Etika beragama
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
References
Buku Teks (buku wajib)
Soegeng Ysh., A.Y. 2013. Etika Profesi Kependidikan. Semarang: Uinersitas PGRI Press.
Soegeng Ysh., A.Y. 2015.Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Buku Acuan (anjuran)
- Nucci, Larry P. – Narvaes, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.
- Rest, J.R. & Narvaesz, D.F. (Eds.). Moral Development in The Professions: Psychology and Applyied Ethics. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
- Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan Sinaradi. Yogyakaarta: Universitas Sanata Dharma.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang:
- Pendidikan etika profesi.
- Etika profesi pendidikan multikultural.
- Etika profesi dalam penerapan alat pendidikan
- Etika profesi kependidikan.
- Beberapa kasus etika profesi.
- Beberapa argumen etika profesi.
- Etika profesi kependidikan dan pendidikan karakter.
- Wacana pendidikan karakter di Sekolah.
- Naskah akademik pendidikan karakter.
- Pancasila sebagai sistem nilai.
- Pancasila sebagai ideologi.
- Etika Pancasila dalam kehidupan kampus.
- Pancasila sebagai paradigma pengembangan IPTEKS
- Etika beragama
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
References
Buku Teks (buku wajib)
Soegeng Ysh., A.Y. 2013. Etika Profesi Kependidikan. Semarang: Uinersitas PGRI Press.
Soegeng Ysh., A.Y. 2015.Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Buku Acuan (anjuran)
- Nucci, Larry P. – Narvaes, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.
- Rest, J.R. & Narvaesz, D.F. (Eds.). Moral Development in The Professions: Psychology and Applyied Ethics. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
- Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan Sinaradi. Yogyakaarta: Universitas Sanata Dharma.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang:
- Pendidikan etika profesi.
- Etika profesi pendidikan multikultural.
- Etika profesi dalam penerapan alat pendidikan
- Etika profesi kependidikan.
- Beberapa kasus etika profesi.
- Beberapa argumen etika profesi.
- Etika profesi kependidikan dan pendidikan karakter.
- Wacana pendidikan karakter di Sekolah.
- Naskah akademik pendidikan karakter.
- Pancasila sebagai sistem nilai.
- Pancasila sebagai ideologi.
- Etika Pancasila dalam kehidupan kampus.
- Pancasila sebagai paradigma pengembangan IPTEKS
- Etika beragama
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
References
Buku Teks (buku wajib)
Soegeng Ysh., A.Y. 2013. Etika Profesi Kependidikan. Semarang: Uinersitas PGRI Press.
Soegeng Ysh., A.Y. 2015.Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Buku Acuan (anjuran)
- Nucci, Larry P. – Narvaes, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.
- Rest, J.R. & Narvaesz, D.F. (Eds.). Moral Development in The Professions: Psychology and Applyied Ethics. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
- Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan Sinaradi. Yogyakaarta: Universitas Sanata Dharma.
Details ...