Etika Profesi Kependidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEDUCATIONAL PROFESSION ETIQUE
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS28 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; serta administrasi dan supervisi pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan.
 

References

Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
Page 5/6. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 22-09-2017 05:18:43
Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; serta administrasi dan supervisi pendidikan.
 

Learning Outcomes

 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan

References

Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media

Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media

Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media

Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.

Page 5/6. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 22-09-2017 05:18:43

Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.

Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media

Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.

Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; serta administrasi dan supervisi pendidikan.
 

Learning Outcomes

 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan

References

Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media

Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media

Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media

Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.

Page 5/6. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 22-09-2017 05:18:43

Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.

Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media

Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.

Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; serta administrasi dan supervisi pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan.

 

References

Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
Page 5/6. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 22-09-2017 05:18:43
Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; serta administrasi dan supervisi pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan.

 

References

Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
Page 5/6. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 22-09-2017 05:18:43
Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  serta administrasi dan supervisi pendidikan

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan

References

DAFTAR PUSTAKA

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

 


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  serta administrasi dan supervisi pendidikan

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan

References

DAFTAR PUSTAKA

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

 


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  serta administrasi dan supervisi pendidikan

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan

References

DAFTAR PUSTAKA

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

 


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  serta administrasi dan supervisi pendidikan

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan

References

DAFTAR PUSTAKA

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  serta administrasi dan supervisi pendidikan

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan

References

DAFTAR PUSTAKA

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru dan tenaga kependidikan. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat profesi dan frofesi kependidikan; organisasi profesi; sikap profesional tenaga kependidikan; kedudukan dan peran guru dalam program Bimbingan dan Konseling di Sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  serta administrasi dan supervisi pendidikan

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional sebagai calon guru dan tenaga Kependidikan

References

DAFTAR PUSTAKA

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang:

  1. Pendidikan etika profesi.
  2. Etika profesi pendidikan multikultural.
  3. Etika profesi dalam penerapan alat pendidikan
  4. Etika profesi kependidikan.
  5. Beberapa kasus etika profesi.
  6. Beberapa argumen etika profesi.
  7. Etika profesi kependidikan dan pendidikan karakter.
  8. Wacana pendidikan karakter di Sekolah.
  9. Naskah akademik pendidikan karakter.
  10. Pancasila sebagai sistem nilai.
  11. Pancasila sebagai ideologi.
  12. Etika Pancasila dalam kehidupan kampus.
  13. Pancasila sebagai paradigma pengembangan IPTEKS
  14. Etika beragama

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  12. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  13. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah
  14. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  15. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
  16. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah.
  17. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
  18. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah.

References

Buku Teks (buku wajib)

Soegeng Ysh., A.Y. 2013. Etika Profesi Kependidikan. Semarang: Uinersitas PGRI Press.

Soegeng Ysh., A.Y. 2015.Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Buku Acuan (anjuran)

  1. Nucci, Larry P. – Narvaes, Darcia. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.
  2. Rest, J.R. & Narvaesz, D.F. (Eds.). Moral Development in The Professions: Psychology and Applyied Ethics. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
  3. Strike, Kenneth A. & Soltis, Jonas F. 2007. Etika Profesi Kependidikan. Diindonesiakan  Sinaradi. Yogyakaarta: Universitas Sanata Dharma.


Details ...