Pembelajaran IPS AUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSocial Science Learning In Early Childhood
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural ,  Pendidikan Karakter AUDanak usia dini

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini.

Learning Outcomes

a) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini

b) memahami konsep IPS di Indonesia

c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya

d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD

e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini

References

Carol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson

Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini.

Learning Outcomes

a) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini

b) memahami konsep IPS di Indonesia

c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya

d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD

e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini

References

Carol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson

Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini.

Learning Outcomes

a) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini

b) memahami konsep IPS di Indonesia

c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya

d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD

e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini

References

Carol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson

Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini.

Learning Outcomes

a) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini

b) memahami konsep IPS di Indonesia

c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya

d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD

e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini

References

Carol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson

Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini.

Learning Outcomes

a) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini

b) memahami konsep IPS di Indonesia

c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya

d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD

e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini

References

Carol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson

Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural ,  Pendidikan Karakter AUDanak usia dini

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak

References

Brewer, Harrley E, (2000) , Menumbuhkan rasa Percaya Diri Pada Anak, Jakarta : Gramedia

 Hurlock, Elizabeth B, (1980), Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta : Erlangga

Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PPS UNJ

Monks, Knoers,Haditono, (1997), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : UGM

Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna

Rohinah,Noor, ((2012), Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di rumah, Jogyakarta : Pedagogia

Seefeldt. Carol, (2003)  Social Studies for the Preschool /Primary Childood ,  New York : Merril / Prentice Hall

Santrock W.John, (2008), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga

Slavin.Robert, (2009), Psikologi Pendidikan-Jilid I & II, Jakarta : Erlangga

Seefelt, Wasik, (2008), Pendidikan Anak usia Dini (Menyiapkan Anak usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta : Indeks

Suyanto, ( 2012), Model Pendiidkan Karakter (Terintegrasi dakam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Jogyakarta : UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural ,  Pendidikan Karakter AUDanak usia dini

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak

References

Brewer, Harrley E, (2000) , Menumbuhkan rasa Percaya Diri Pada Anak, Jakarta : Gramedia

 Hurlock, Elizabeth B, (1980), Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta : Erlangga

Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PPS UNJ

Monks, Knoers,Haditono, (1997), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : UGM

Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna

Rohinah,Noor, ((2012), Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di rumah, Jogyakarta : Pedagogia

Seefeldt. Carol, (2003)  Social Studies for the Preschool /Primary Childood ,  New York : Merril / Prentice Hall

Santrock W.John, (2008), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga

Slavin.Robert, (2009), Psikologi Pendidikan-Jilid I & II, Jakarta : Erlangga

Seefelt, Wasik, (2008), Pendidikan Anak usia Dini (Menyiapkan Anak usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta : Indeks

Suyanto, ( 2012), Model Pendiidkan Karakter (Terintegrasi dakam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Jogyakarta : UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural ,  Pendidikan Karakter AUDanak usia dini

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak

References

Brewer, Harrley E, (2000) , Menumbuhkan rasa Percaya Diri Pada Anak, Jakarta : Gramedia

 Hurlock, Elizabeth B, (1980), Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta : Erlangga

Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PPS UNJ

Monks, Knoers,Haditono, (1997), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : UGM

Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna

Rohinah,Noor, ((2012), Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di rumah, Jogyakarta : Pedagogia

Seefeldt. Carol, (2003)  Social Studies for the Preschool /Primary Childood ,  New York : Merril / Prentice Hall

Santrock W.John, (2008), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga

Slavin.Robert, (2009), Psikologi Pendidikan-Jilid I & II, Jakarta : Erlangga

Seefelt, Wasik, (2008), Pendidikan Anak usia Dini (Menyiapkan Anak usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta : Indeks

Suyanto, ( 2012), Model Pendiidkan Karakter (Terintegrasi dakam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Jogyakarta : UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural ,  Pendidikan Karakter AUDanak usia dini

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak

References

Brewer, Harrley E, (2000) , Menumbuhkan rasa Percaya Diri Pada Anak, Jakarta : Gramedia

 Hurlock, Elizabeth B, (1980), Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta : Erlangga

Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PPS UNJ

Monks, Knoers,Haditono, (1997), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : UGM

Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna

Rohinah,Noor, ((2012), Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di rumah, Jogyakarta : Pedagogia

Seefeldt. Carol, (2003)  Social Studies for the Preschool /Primary Childood ,  New York : Merril / Prentice Hall

Santrock W.John, (2008), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga

Slavin.Robert, (2009), Psikologi Pendidikan-Jilid I & II, Jakarta : Erlangga

Seefelt, Wasik, (2008), Pendidikan Anak usia Dini (Menyiapkan Anak usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta : Indeks

Suyanto, ( 2012), Model Pendiidkan Karakter (Terintegrasi dakam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Jogyakarta : UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural ,  Pendidikan Karakter AUDanak usia dini

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak

References

Brewer, Harrley E, (2000) , Menumbuhkan rasa Percaya Diri Pada Anak, Jakarta : Gramedia

 Hurlock, Elizabeth B, (1980), Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta : Erlangga

Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PPS UNJ

Monks, Knoers,Haditono, (1997), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : UGM

Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna

Rohinah,Noor, ((2012), Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di rumah, Jogyakarta : Pedagogia

Seefeldt. Carol, (2003)  Social Studies for the Preschool /Primary Childood ,  New York : Merril / Prentice Hall

Santrock W.John, (2008), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga

Slavin.Robert, (2009), Psikologi Pendidikan-Jilid I & II, Jakarta : Erlangga

Seefelt, Wasik, (2008), Pendidikan Anak usia Dini (Menyiapkan Anak usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta : Indeks

Suyanto, ( 2012), Model Pendiidkan Karakter (Terintegrasi dakam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Jogyakarta : UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini

Learning Outcomes

a) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini

b) memahami konsep IPS di Indonesia

c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya

d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD

e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini

References

Carol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson

Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks


Details ...