Courser in English | Social Science Learning In Early Childhood |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 17 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural , Pendidikan Karakter AUDanak usia dini
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak
References-
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini.
Learning Outcomesa) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini
b) memahami konsep IPS di Indonesia
c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya
d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD
e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini
ReferencesCarol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson
Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini.
Learning Outcomesa) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini
b) memahami konsep IPS di Indonesia
c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya
d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD
e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini
ReferencesCarol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson
Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini.
Learning Outcomesa) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini
b) memahami konsep IPS di Indonesia
c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya
d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD
e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini
ReferencesCarol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson
Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini.
Learning Outcomesa) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini
b) memahami konsep IPS di Indonesia
c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya
d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD
e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini
ReferencesCarol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson
Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini.
Learning Outcomesa) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini
b) memahami konsep IPS di Indonesia
c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya
d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD
e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini
ReferencesCarol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson
Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks
Details ...
Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural , Pendidikan Karakter AUDanak usia dini
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak
ReferencesBrewer, Harrley E, (2000) , Menumbuhkan rasa Percaya Diri Pada Anak, Jakarta : Gramedia
Hurlock, Elizabeth B, (1980), Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta : Erlangga
Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PPS UNJ
Monks, Knoers,Haditono, (1997), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : UGM
Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna
Rohinah,Noor, ((2012), Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di rumah, Jogyakarta : Pedagogia
Seefeldt. Carol, (2003) Social Studies for the Preschool /Primary Childood , New York : Merril / Prentice Hall
Santrock W.John, (2008), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga
Slavin.Robert, (2009), Psikologi Pendidikan-Jilid I & II, Jakarta : Erlangga
Seefelt, Wasik, (2008), Pendidikan Anak usia Dini (Menyiapkan Anak usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta : Indeks
Suyanto, ( 2012), Model Pendiidkan Karakter (Terintegrasi dakam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Jogyakarta : UNY Press
Details ...
Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural , Pendidikan Karakter AUDanak usia dini
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak
ReferencesBrewer, Harrley E, (2000) , Menumbuhkan rasa Percaya Diri Pada Anak, Jakarta : Gramedia
Hurlock, Elizabeth B, (1980), Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta : Erlangga
Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PPS UNJ
Monks, Knoers,Haditono, (1997), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : UGM
Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna
Rohinah,Noor, ((2012), Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di rumah, Jogyakarta : Pedagogia
Seefeldt. Carol, (2003) Social Studies for the Preschool /Primary Childood , New York : Merril / Prentice Hall
Santrock W.John, (2008), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga
Slavin.Robert, (2009), Psikologi Pendidikan-Jilid I & II, Jakarta : Erlangga
Seefelt, Wasik, (2008), Pendidikan Anak usia Dini (Menyiapkan Anak usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta : Indeks
Suyanto, ( 2012), Model Pendiidkan Karakter (Terintegrasi dakam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Jogyakarta : UNY Press
Details ...
Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural , Pendidikan Karakter AUDanak usia dini
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak
ReferencesBrewer, Harrley E, (2000) , Menumbuhkan rasa Percaya Diri Pada Anak, Jakarta : Gramedia
Hurlock, Elizabeth B, (1980), Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta : Erlangga
Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PPS UNJ
Monks, Knoers,Haditono, (1997), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : UGM
Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna
Rohinah,Noor, ((2012), Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di rumah, Jogyakarta : Pedagogia
Seefeldt. Carol, (2003) Social Studies for the Preschool /Primary Childood , New York : Merril / Prentice Hall
Santrock W.John, (2008), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga
Slavin.Robert, (2009), Psikologi Pendidikan-Jilid I & II, Jakarta : Erlangga
Seefelt, Wasik, (2008), Pendidikan Anak usia Dini (Menyiapkan Anak usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta : Indeks
Suyanto, ( 2012), Model Pendiidkan Karakter (Terintegrasi dakam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Jogyakarta : UNY Press
Details ...
Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural , Pendidikan Karakter AUDanak usia dini
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak
ReferencesBrewer, Harrley E, (2000) , Menumbuhkan rasa Percaya Diri Pada Anak, Jakarta : Gramedia
Hurlock, Elizabeth B, (1980), Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta : Erlangga
Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PPS UNJ
Monks, Knoers,Haditono, (1997), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : UGM
Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna
Rohinah,Noor, ((2012), Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di rumah, Jogyakarta : Pedagogia
Seefeldt. Carol, (2003) Social Studies for the Preschool /Primary Childood , New York : Merril / Prentice Hall
Santrock W.John, (2008), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga
Slavin.Robert, (2009), Psikologi Pendidikan-Jilid I & II, Jakarta : Erlangga
Seefelt, Wasik, (2008), Pendidikan Anak usia Dini (Menyiapkan Anak usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta : Indeks
Suyanto, ( 2012), Model Pendiidkan Karakter (Terintegrasi dakam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Jogyakarta : UNY Press
Details ...
Setelah mengikuti perkuliahan Pembelajaran IPS selama 16 x pertemuan, mahasiswa diharapkan dapat merangkum tentang Definisi studi sosial, mengkaji perkembangan sosial anak usia dini, psikososial anak usia 0-3 tahun, psikososial masa kanak-kanak, konsep ekonomi AUD, Sejarah untuk AUD, kewarganegaraan untu AUD, Ilmu dan Teknologi untuk AUD, Multikultural , Pendidikan Karakter AUDanak usia dini
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang studi sosial untuk anak, integrasi studi sosial untuk anak, model pembelajaran sosial untuk anak, ketrampilan sosial untuk anak, keberagaman dan kebudayaan, multikultural, pendidikan karakter untuk anak
ReferencesBrewer, Harrley E, (2000) , Menumbuhkan rasa Percaya Diri Pada Anak, Jakarta : Gramedia
Hurlock, Elizabeth B, (1980), Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta : Erlangga
Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PPS UNJ
Monks, Knoers,Haditono, (1997), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : UGM
Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna
Rohinah,Noor, ((2012), Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di rumah, Jogyakarta : Pedagogia
Seefeldt. Carol, (2003) Social Studies for the Preschool /Primary Childood , New York : Merril / Prentice Hall
Santrock W.John, (2008), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga
Slavin.Robert, (2009), Psikologi Pendidikan-Jilid I & II, Jakarta : Erlangga
Seefelt, Wasik, (2008), Pendidikan Anak usia Dini (Menyiapkan Anak usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah), Jakarta : Indeks
Suyanto, ( 2012), Model Pendiidkan Karakter (Terintegrasi dakam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Jogyakarta : UNY Press
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran IPS untuk anak usia dini membahas tentang konsep IPS di Indonesia, perkembangan sosial untuk anak usia dini, pendidikan karakter AUD, integrasi IPS dalam kurikulum pembelajaran AUD, aplikasi pembelajaaran sosial dalam kehidupan anak usia dini
Learning Outcomesa) memahami landasan filosofis tentang pembelajarn IPS untuk anak usia dini
b) memahami konsep IPS di Indonesia
c) memahami pendidikan karakter anak usia dini dan aplikasinya
d) Memahami konsep pembelajaran IPS untuk AUD dan penerapannya dalam kurikulum PAUD
e) Aplikasi pembelajaran IPS dalam kehidupan anak usi dini
ReferencesCarol Seefeld, Sharon Castle, Rene C Falcomer, 2010, Social Studies for the Pressschool/ Primary Child, new Jersey : Pearson
Carol Seefeld, Barbara Wasik, 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks
Details ...