Courser in English | Teaching Strategy of Mathematics |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 26 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika (SPM) adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan pembagian 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat matematika dan pembelajaran matematika; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran matematika; kesulitan siswa dalam belajar matematika sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode perkuliahan yang digunakan selain diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk mengkonstruksi pengetahuan secara berkelompok kooperatif maupun berbasis projek, melakukan observasi terkait kasus-kasus di lapangan melalui video stimulasi masalah, presentasi kelompok, studi literatur secara mandiri baik dari jurnal nasional maupun internasional, dan menganalisis secara kritis (berpikir kritis) terhadap fakta-fakta kesulitan siswa dalam belajar matematika. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas (mandiri maupun kelompok), dan non-tes (observasi) terhadap aspek sikap dan keterampilan merancang strategi pembelajaran matematika. Luaran mata kuliah berupa rancangan dan video simulasi SPM berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|
Sikap (S) |
S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri |
|||
Pengetahuan (P) |
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal |
|||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika KU4. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal |
|||
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK2. Memahami berbagai macam pendekatan, model, metode dan media pembelajaran yang berbasis IT berdasarkan teori-teori belajar relevan KK3. Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi jurnal nasional maupun jurnal internasional |
|||
CPMK |
|
|||
Setelah menempuh mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
CPMK1 |
Memahami dan menguasai berbagai macam pendekatan, model, metode dan media pembelajaran yang berbasis IT berdasarkan teori-teori belajar relevan dengan penuh tanggungjawab [S9, P2, KK2] |
|||
CPMK2 |
Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis kesulitan siswa dalam belajar matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan [S6, P2, KU4, KK3] |
|||
CPMK3 |
Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis perkembangan strategi pembelajaran perkembangan berdasarkan kajian jurnal nasional maupun internasional untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan [S3, P2, KU4, KK7] |
|||
CPMK4 |
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup yang tertuang dalam rancangan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa sebagai wujud kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila [S3, P3, KU4, KK6] |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika (SPM) adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan pembagian 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat matematika dan pembelajaran matematika; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran matematika; kesulitan siswa dalam belajar matematika sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode perkuliahan yang digunakan selain diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk mengkonstruksi pengetahuan secara berkelompok kooperatif maupun berbasis projek, melakukan observasi terkait kasus-kasus di lapangan melalui video stimulasi masalah, presentasi kelompok, studi literatur secara mandiri baik dari jurnal nasional maupun internasional, dan menganalisis secara kritis (berpikir kritis) terhadap fakta-fakta kesulitan siswa dalam belajar matematika. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas (mandiri maupun kelompok), dan non-tes (observasi) terhadap aspek sikap dan keterampilan merancang strategi pembelajaran matematika. Luaran mata kuliah berupa rancangan dan video simulasi SPM berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|
Sikap (S) |
S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri |
|||
Pengetahuan (P) |
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal |
|||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika KU4. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal |
|||
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK2. Memahami berbagai macam pendekatan, model, metode dan media pembelajaran yang berbasis IT berdasarkan teori-teori belajar relevan KK3. Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi jurnal nasional maupun jurnal internasional |
|||
CPMK |
|
|||
Setelah menempuh mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
CPMK1 |
Memahami dan menguasai berbagai macam pendekatan, model, metode dan media pembelajaran yang berbasis IT berdasarkan teori-teori belajar relevan dengan penuh tanggungjawab [S9, P2, KK2] |
|||
CPMK2 |
Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis kesulitan siswa dalam belajar matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan [S6, P2, KU4, KK3] |
|||
CPMK3 |
Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis perkembangan strategi pembelajaran perkembangan berdasarkan kajian jurnal nasional maupun internasional untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan [S3, P2, KU4, KK7] |
|||
CPMK4 |
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup yang tertuang dalam rancangan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa sebagai wujud kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila [S3, P3, KU4, KK6] |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika (SPM) adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan pembagian 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat matematika dan pembelajaran matematika; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran matematika; kesulitan siswa dalam belajar matematika sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode perkuliahan yang digunakan selain diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk mengkonstruksi pengetahuan secara berkelompok kooperatif maupun berbasis projek, melakukan observasi terkait kasus-kasus di lapangan melalui video stimulasi masalah, presentasi kelompok, studi literatur secara mandiri baik dari jurnal nasional maupun internasional, dan menganalisis secara kritis (berpikir kritis) terhadap fakta-fakta kesulitan siswa dalam belajar matematika. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas (mandiri maupun kelompok), dan non-tes (observasi) terhadap aspek sikap dan keterampilan merancang strategi pembelajaran matematika. Luaran mata kuliah berupa rancangan dan video simulasi SPM berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|
Sikap (S) |
S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri |
|||
Pengetahuan (P) |
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal |
|||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika KU4. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal |
|||
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK2. Memahami berbagai macam pendekatan, model, metode dan media pembelajaran yang berbasis IT berdasarkan teori-teori belajar relevan KK3. Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi jurnal nasional maupun jurnal internasional |
|||
CPMK |
|
|||
Setelah menempuh mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
CPMK1 |
Memahami dan menguasai berbagai macam pendekatan, model, metode dan media pembelajaran yang berbasis IT berdasarkan teori-teori belajar relevan dengan penuh tanggungjawab [S9, P2, KK2] |
|||
CPMK2 |
Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis kesulitan siswa dalam belajar matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan [S6, P2, KU4, KK3] |
|||
CPMK3 |
Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis perkembangan strategi pembelajaran perkembangan berdasarkan kajian jurnal nasional maupun internasional untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan [S3, P2, KU4, KK7] |
|||
CPMK4 |
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup yang tertuang dalam rancangan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa sebagai wujud kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila [S3, P3, KU4, KK6] |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika (SPM) adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan pembagian 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai: hakikat matematika dan pembelajaran matematika; teori belajar, pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran matematika; kesulitan siswa dalam belajar matematika sehingga pada akhirnya mampu mengembangkan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode perkuliahan yang digunakan selain diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk mengkonstruksi pengetahuan secara berkelompok kooperatif maupun berbasis projek, melakukan observasi terkait kasus-kasus di lapangan melalui video stimulasi masalah, presentasi kelompok, studi literatur secara mandiri baik dari jurnal nasional maupun internasional, dan menganalisis secara kritis (berpikir kritis) terhadap fakta-fakta kesulitan siswa dalam belajar matematika. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas (mandiri maupun kelompok), dan non-tes (observasi) terhadap aspek sikap dan keterampilan merancang strategi pembelajaran matematika. Luaran mata kuliah berupa rancangan dan video simulasi SPM berbasis Pengetahuan Pedagogi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|
Sikap (S) |
S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri |
|||
Pengetahuan (P) |
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal |
|||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika KU4. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal |
|||
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK2. Memahami berbagai macam pendekatan, model, metode dan media pembelajaran yang berbasis IT berdasarkan teori-teori belajar relevan KK3. Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi jurnal nasional maupun jurnal internasional |
|||
CPMK |
|
|||
Setelah menempuh mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
CPMK1 |
Memahami dan menguasai berbagai macam pendekatan, model, metode dan media pembelajaran yang berbasis IT berdasarkan teori-teori belajar relevan dengan penuh tanggungjawab [S9, P2, KK2] |
|||
CPMK2 |
Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis kesulitan siswa dalam belajar matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan [S6, P2, KU4, KK3] |
|||
CPMK3 |
Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis perkembangan strategi pembelajaran perkembangan berdasarkan kajian jurnal nasional maupun internasional untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan [S3, P2, KU4, KK7] |
|||
CPMK4 |
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup yang tertuang dalam rancangan strategi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan kesulitan belajar siswa sebagai wujud kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila [S3, P3, KU4, KK6] |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Matakuliah strategi pembelajaran matematika ialah matakuliah wajib berbobot 3 sks yang memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menyusun strategi pembelajaran berdasarkan objek matematika dengan menggunakan teori belajar, pendekatan dan metode yang sesuai. Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Objek matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika (Behavioristik, Kognitif, Humanistik dan Sibernetik) serta Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika.
Learning OutcomesSikap: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri.
Pengetahuan:(1) Memahami konsep hakikat pembelajaran matematika pembelajaran matematika, (2) Memahami objek pembelajaran matematika; (3) Memilik pendekatan, metode dan strategi pembelajaran matematika yang sesuai dalam pembelajaran objek matematika tertentu, (4) Memilik teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik atau sibernetik alam pembelajaran matematika.
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, dan (2) mengembangkan pembelajaran yang inovatif
Keterampilan khusus: (1) Menyusun strategi pembelajaran objek matematika tertentu berdasarkan teori-teori belajar relevan; dan (2) Menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui strategi pembelajaran yang inovatif.
1. Ida Dwijayanti, M.Pd. 2018. Paradigma Pendidikan, Teori Belajar serta Aplikasi dalam Strategi Pembelejaran Matematika. Semarang: Upgris Press
2. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
3. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
4. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
Details ...
Matakuliah strategi pembelajaran matematika ialah matakuliah wajib berbobot 3 sks yang memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menyusun strategi pembelajaran berdasarkan objek matematika dengan menggunakan teori belajar, pendekatan dan metode yang sesuai. Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Objek matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika (Behavioristik, Kognitif, Humanistik dan Sibernetik) serta Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika.
Learning OutcomesSikap: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri.
Pengetahuan:(1) Memahami konsep hakikat pembelajaran matematika pembelajaran matematika, (2) Memahami objek pembelajaran matematika; (3) Memilik pendekatan, metode dan strategi pembelajaran matematika yang sesuai dalam pembelajaran objek matematika tertentu, (4) Memilik teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik atau sibernetik alam pembelajaran matematika.
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, dan (2) mengembangkan pembelajaran yang inovatif
Keterampilan khusus: (1) Menyusun strategi pembelajaran objek matematika tertentu berdasarkan teori-teori belajar relevan; dan (2) Menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui strategi pembelajaran yang inovatif.
1. Ida Dwijayanti, M.Pd. 2018. Paradigma Pendidikan, Teori Belajar serta Aplikasi dalam Strategi Pembelejaran Matematika. Semarang: Upgris Press
2. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
3. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
4. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
Details ...
Matakuliah strategi pembelajaran matematika ialah matakuliah wajib berbobot 3 sks yang memiliki tujuan agar mahasiswa mampu menyusun strategi pembelajaran berdasarkan objek matematika dengan menggunakan teori belajar, pendekatan dan metode yang sesuai. Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Objek matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika (Behavioristik, Kognitif, Humanistik dan Sibernetik) serta Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika.
Learning OutcomesSikap: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri.
Pengetahuan:(1) Memahami konsep hakikat pembelajaran matematika pembelajaran matematika, (2) Memahami objek pembelajaran matematika; (3) Memilik pendekatan, metode dan strategi pembelajaran matematika yang sesuai dalam pembelajaran objek matematika tertentu, (4) Memilik teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik atau sibernetik alam pembelajaran matematika.
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, dan (2) mengembangkan pembelajaran yang inovatif
Keterampilan khusus: (1) Menyusun strategi pembelajaran objek matematika tertentu berdasarkan teori-teori belajar relevan; dan (2) Menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui strategi pembelajaran yang inovatif.
1. Ida Dwijayanti, M.Pd. 2018. Paradigma Pendidikan, Teori Belajar serta Aplikasi dalam Strategi Pembelejaran Matematika. Semarang: Upgris Press
2. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
3. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
4. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri,
Pengetahuan:(1)Memahami konsep hakikat pembelajaran matematika pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep pendekatan, metode dan strategi pembelajaran matematika, (3) Memahami teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik dan sibernetik
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan; (2) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan permasalahan yang diperoleh melalui pengamatan
References- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri,
Pengetahuan:(1)Memahami konsep hakikat pembelajaran matematika pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep pendekatan, metode dan strategi pembelajaran matematika, (3) Memahami teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik dan sibernetik
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan; (2) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan permasalahan yang diperoleh melalui pengamatan
References- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri,
Pengetahuan:(1)Memahami konsep hakikat pembelajaran matematika pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep pendekatan, metode dan strategi pembelajaran matematika, (3) Memahami teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik dan sibernetik
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan; (2) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan permasalahan yang diperoleh melalui pengamatan
References- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
Details ...