Courser in English | Teaching Strategy of Mathematics |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 26 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri,
Pengetahuan:(1)Memahami konsep hakikat pembelajaran matematika pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep pendekatan, metode dan strategi pembelajaran matematika, (3) Memahami teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik dan sibernetik
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan; (2) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan permasalahan yang diperoleh melalui pengamatan
References- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri,
Pengetahuan:(1)Memahami konsep hakikat pembelajaran matematika pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep pendekatan, metode dan strategi pembelajaran matematika, (3) Memahami teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik dan sibernetik
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan; (2) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan permasalahan yang diperoleh melalui pengamatan
References- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah pembelajaran yang terdiri dari pokok bahasan: Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki
References- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar,
- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
Details ...
Mata kuliah pembelajaran yang terdiri dari pokok bahasan: Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki
References- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar,
- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
Details ...
Mata kuliah pembelajaran yang terdiri dari pokok bahasan: Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki
References- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar,
- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
Details ...
Mata kuliah ini membahas Hakikat Matematika, Teori Belajar, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran serta menyusun desain pembelajaran berdasarkan kesesuaian teori belajar
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki
References- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah ini membahas Hakikat Matematika, Teori Belajar, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran serta menyusun desain pembelajaran berdasarkan kesesuaian teori belajar
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki
References- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah ini membahas Hakikat Matematika, Teori Belajar, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran serta menyusun desain pembelajaran berdasarkan kesesuaian teori belajar
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki
References- Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
- Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
- Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika merupakan bagian dari mata kuliah yang sangat esensial bagi para mahasiswa calon guru pendidikan matematika. Mata kuliah ini membahas tentang Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai
References- Herman Hudoyo. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
- Ratna Wilis Dahar. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
- Erman Suherman,dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
- Strategi pembelajaran matematika. Semarang: IKIP PGRI Semarang
- buku dan artikel yang relevan dalam mata kuliah ini
Details ...
Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika merupakan bagian dari mata kuliah yang sangat esensial bagi para mahasiswa calon guru pendidikan matematika. Mata kuliah ini membahas tentang Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai
References- Herman Hudoyo. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
- Ratna Wilis Dahar. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
- Erman Suherman,dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
- Ismail, dkk. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka.
- Strategi pembelajaran matematika. Semarang: IKIP PGRI Semarang
- buku dan artikel yang relevan dalam mata kuliah ini
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menjelaskan Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.n
References1. Herman Hudoyo. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta 2. Ratna Wilis Dahar. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga 3. Erman Suherman,dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI 4. Ismail, dkk. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka. 5. Strategi pembelajaran matematika. Semarang: IKIP PGRI Semarang
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menjelaskan Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.n
References1. Herman Hudoyo. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta 2. Ratna Wilis Dahar. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga 3. Erman Suherman,dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI 4. Ismail, dkk. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka. 5. Strategi pembelajaran matematika. Semarang: IKIP PGRI Semarang
Details ...