Strategi Pembelajaran Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTeaching Strategy of Mathematics
ProgramPendidikan Matematika
SKS3 SKS
RPS26 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri,

Pengetahuan:(1)Memahami konsep hakikat pembelajaran matematika pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep pendekatan, metode dan strategi pembelajaran matematika, (3) Memahami teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik dan sibernetik

Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,

Keterampilan khusus: (1) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan; (2) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan permasalahan yang diperoleh melalui pengamatan

References

  1. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
  2. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
  3. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
  4. Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas  Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika dan Pembelajaran Matematika, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri,

Pengetahuan:(1)Memahami konsep hakikat pembelajaran matematika pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep pendekatan, metode dan strategi pembelajaran matematika, (3) Memahami teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik dan sibernetik

Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,

Keterampilan khusus: (1) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan; (2) Menyusun strategi pembelajaran berdasarkan permasalahan yang diperoleh melalui pengamatan

References

  1. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
  2. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
  3. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
  4. Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas  Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pembelajaran yang terdiri dari pokok bahasan: Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki

References

  1. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
  2. Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas  Terbuka.
  3. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar,
  4. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pembelajaran yang terdiri dari pokok bahasan: Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki

References

  1. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
  2. Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas  Terbuka.
  3. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar,
  4. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pembelajaran yang terdiri dari pokok bahasan: Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki

References

  1. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
  2. Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas  Terbuka.
  3. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar,
  4. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas Hakikat Matematika, Teori Belajar, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran serta menyusun desain pembelajaran berdasarkan kesesuaian teori belajar

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki

References

  1. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
  2. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
  3. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
  4. Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas  Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas Hakikat Matematika, Teori Belajar, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran serta menyusun desain pembelajaran berdasarkan kesesuaian teori belajar

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki

References

  1. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
  2. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
  3. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
  4. Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas  Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas Hakikat Matematika, Teori Belajar, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran serta menyusun desain pembelajaran berdasarkan kesesuaian teori belajar

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sebagai usaha untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki

References

  1. Herman Hudoyo, 1981. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
  2. Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
  3. Erman Suherman,dkk,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
  4. Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas  Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika merupakan bagian dari mata kuliah yang sangat esensial bagi para mahasiswa calon guru pendidikan matematika. Mata kuliah ini membahas tentang Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai

References

  1. Herman Hudoyo. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
  2. Ratna Wilis Dahar. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
  3. Erman Suherman,dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
  4. Ismail, dkk. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas  Terbuka.
  5. Strategi pembelajaran matematika. Semarang: IKIP PGRI Semarang
  6. buku dan artikel yang relevan dalam mata kuliah ini


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika merupakan bagian dari mata kuliah yang sangat esensial bagi para mahasiswa calon guru pendidikan matematika. Mata kuliah ini membahas tentang Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan teori psikologi pembelajaran matematika dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai

References

  1. Herman Hudoyo. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta
  2. Ratna Wilis Dahar. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga
  3. Erman Suherman,dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
  4. Ismail, dkk. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas  Terbuka.
  5. Strategi pembelajaran matematika. Semarang: IKIP PGRI Semarang
  6. buku dan artikel yang relevan dalam mata kuliah ini


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menjelaskan Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.n

References

1. Herman Hudoyo. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta 2. Ratna Wilis Dahar. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga 3. Erman Suherman,dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI 4. Ismail, dkk. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka. 5. Strategi pembelajaran matematika. Semarang: IKIP PGRI Semarang


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menjelaskan Hakekat Matematika, Hakekat Pembelajaran, Teori Psikologi Pembelajaran Matematika, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Pemilihan Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika, Penerapan Teori Psikologi Pembelajaran Matematika dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang sesuai.n

References

1. Herman Hudoyo. Belajar Mengajar Matematika, Jakarta 2. Ratna Wilis Dahar. Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga 3. Erman Suherman,dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI 4. Ismail, dkk. Kapita Selekta. Jakarta: Unversitas Terbuka. 5. Strategi pembelajaran matematika. Semarang: IKIP PGRI Semarang


Details ...