Courser in English | PHILOSOPHY OF MATHEMATICS |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 27 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.
Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.
Details ...
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.
Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.
Details ...
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.
Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.
Details ...
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.
Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.
Details ...
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika.
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami matematika dari sudut opandang filsafat yang encakup aspek ontologis, epistimologis dan aksiologis
ReferencesSuyitno, Hardi. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta
Details ...
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika.
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami matematika dari sudut opandang filsafat yang encakup aspek ontologis, epistimologis dan aksiologis
ReferencesSuyitno, Hardi. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta
Details ...
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika.
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami matematika dari sudut opandang filsafat yang encakup aspek ontologis, epistimologis dan aksiologis
ReferencesSuyitno, Hardi. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta
Details ...