Filsafat Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPHILOSOPHY OF MATHEMATICS
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS27 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika

 

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.

Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika

 

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.

Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika

 

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.

Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika

 

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.

Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika.

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami matematika dari sudut opandang filsafat yang encakup aspek ontologis, epistimologis dan aksiologis

References

Suyitno, Hardi. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika.

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami matematika dari sudut opandang filsafat yang encakup aspek ontologis, epistimologis dan aksiologis

References

Suyitno, Hardi. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika.

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami matematika dari sudut opandang filsafat yang encakup aspek ontologis, epistimologis dan aksiologis

References

Suyitno, Hardi. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta


Details ...