Courser in English | PHILOSOPHY OF MATHEMATICS |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 27 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dalam perkuliahan ini dibahas filsafat matematika dan pendidikan matematika ; berbagai sistem numerasi dan perkembangannya; perkembangan matematika Babilonia dan Mesir, Aliran matematika Pythagoras; konsep - konsep elemen Euclid serta perkembangannya; perkembangan matematika Hindu Arab, Eropa, perkembangan awal matematika modern serta masa transisi ke abad 20.
Learning Outcomes- Mahasiswa memahami filsafat matematika berupa system numerasi, perkembangan matematika dan konsep-konsepnya.
- Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, berani mengkomunikasikan ide dalam diskusi kelas dan diskusi kelompok, dan kerjasama kelompok.
[1] Hardi Suyitno, 2016, Pengantar Filsafat Matematika.
[2] Stewart Shapiro, Philoshopy of Mathematics.
[3] Paul Ernets. Thinking About Mathematics.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas filsafat matematika dan pendidikan matematika ; berbagai sistem numerasi dan perkembangannya; perkembangan matematika Babilonia dan Mesir, Aliran matematika Pythagoras; konsep - konsep elemen Euclid serta perkembangannya; perkembangan matematika Hindu Arab, Eropa, perkembangan awal matematika modern serta masa transisi ke abad 20.
Learning Outcomes- Mahasiswa memahami filsafat matematika berupa system numerasi, perkembangan matematika dan konsep-konsepnya.
- Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, berani mengkomunikasikan ide dalam diskusi kelas dan diskusi kelompok, dan kerjasama kelompok.
[1] Hardi Suyitno, 2016, Pengantar Filsafat Matematika.
[2] Stewart Shapiro, Philoshopy of Mathematics.
[3] Paul Ernets. Thinking About Mathematics.
Details ...
Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.
Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.
Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press
Details ...
Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.
Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.
Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press
Details ...
Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.
Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.
Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press
Details ...
Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.
Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.
Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press
Details ...
Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.
ReferencesReferensi
Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.
Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.
Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press
Details ...
Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.
ReferencesReferensi
Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.
Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.
Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press
Details ...
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.
Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.
Details ...
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.
Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.
Details ...
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.
Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.
Details ...
Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan pendidikan matematika, dan (14) Aksiologi Matematika dan pendidikan matematika, (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, menguji anti tesis pengembangan matematika dan pendidikan matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.
Learning OutcomesMahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika
ReferencesHardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.
Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.
Details ...