Filsafat Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPHILOSOPHY OF MATHEMATICS
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS27 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam  perkuliahan  ini  dibahas filsafat  matematika  dan  pendidikan  matematika  ; berbagai   sistem   numerasi   dan   perkembangannya;      perkembangan   matematika Babilonia  dan  Mesir,  Aliran  matematika  Pythagoras;  konsep - konsep  elemen  Euclid serta     perkembangannya;     perkembangan     matematika     Hindu     Arab,     Eropa,  perkembangan awal matematika modern serta masa transisi ke abad 20.

Learning Outcomes

  • Mahasiswa memahami filsafat matematika berupa system numerasi, perkembangan matematika dan konsep-konsepnya.
  • Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, berani mengkomunikasikan ide dalam diskusi kelas dan diskusi kelompok, dan kerjasama kelompok.

References

[1] Hardi Suyitno, 2016, Pengantar Filsafat Matematika.

[2] Stewart Shapiro, Philoshopy of Mathematics.

[3] Paul Ernets. Thinking About Mathematics.


Details ...
Course Descriptions

Dalam  perkuliahan  ini  dibahas filsafat  matematika  dan  pendidikan  matematika  ; berbagai   sistem   numerasi   dan   perkembangannya;      perkembangan   matematika Babilonia  dan  Mesir,  Aliran  matematika  Pythagoras;  konsep - konsep  elemen  Euclid serta     perkembangannya;     perkembangan     matematika     Hindu     Arab,     Eropa,  perkembangan awal matematika modern serta masa transisi ke abad 20.

Learning Outcomes

  • Mahasiswa memahami filsafat matematika berupa system numerasi, perkembangan matematika dan konsep-konsepnya.
  • Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, berani mengkomunikasikan ide dalam diskusi kelas dan diskusi kelompok, dan kerjasama kelompok.

References

[1] Hardi Suyitno, 2016, Pengantar Filsafat Matematika.

[2] Stewart Shapiro, Philoshopy of Mathematics.

[3] Paul Ernets. Thinking About Mathematics.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern  dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.

Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.

Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press
 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern  dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.

Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.

Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press
 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern  dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.

Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.

Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press
 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern  dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.

Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.

Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press
 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern  dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.

References

Referensi

 

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.

Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.

Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah filsafat matematika merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks dan mempelajari tentang hakikat matematika yang berpijak pada aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi. Materi yang diajarkan meliputi: pemahaman filsafat dan filsafat ilmu matematika, Hakikat matematika dan permainan bahasa dalam pemahaman konsep matematika, bahasa, logika dan matematika dan kaitannya, matematikawan dan filsuf matematika, Perkembangan tokoh matematikawan matematika modern, Menganalisis peran dan tanggungjawab Ilmuwan matematika dalam peradaban manusia serta Menganalisis perkembangan manusia dan ilmu matematika, masa depan manusia dan arah pengembangan IPTEKS.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah filsafat matematika mahasiswa mampu memahami hakikat matematika, tokoh matematika dari jaman kuno sampai jaman modern  dan mampu menaganalisis peran serta tanggung jawab ilmuwan matematika dalam peradaban manusia dan perkembangan IPTEKS.

References

Referensi

 

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Elexmedia.

Jujun S. Suriasumantri. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Louis O. Kattsoff. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta:n Tiara Wacana.

Stewart Shapiro. 2000. Tinking About Mathematics'The Philoshopy of Mathematics". Boston: Oxford University Press


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika

 

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.

Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika

 

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.

Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika

 

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.

Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Filsafat matematika ditujukan untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (2) Karakteristik Matematika dan   pendidikan matematika, (3) Obyek Matematika dan   pendidikan matematika, (4) Metode Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (5) Alat Pengembangan Matematika dan    pendidikan matematika, (6) Sejarah Perkembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (9) Pembenaran Matematika dan    pendidikan matematika, (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Matematika dan   pendidikan matematika, (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Matematika dan  pendidikan matematika, (12) Ontologi Matematika dan   pendidikan matematika, (13) Epistemologi Matematika dan   pendidikan matematika,  dan  (14)  Aksiologi  Matematika  dan    pendidikan  matematika,  (15) Filsafat matematika (16) Filsafat pendidikan matematika

 

Dalam   perkuliahan   ini   mahasiswa   diberi   kesempatan   dan   pelayanan   untuk membangun pemahaman dan teori tentang filsafat pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan meliputi:  kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat menguji tesis-tesis pengembangan matematika dan   pendidikan matematika, menguji   anti   tesis   pengembangan   matematika   dan      pendidikan   matematika, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan tesis-tesis baru pengembangan matematika dan    pendidikan matematika, dan membangun struktur ontologi, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan matematika pada umumnya, filsafat pendidikan matematika (matematika) dan filsafat pendidikan matematika (pendidikan matematika). Semua kegiatan tersebut dilakukan dan dikembangkan dalam kerangka pemahaman dan pengembangan jati diri manusia beserta matematika dan  pendidikan matematikanya secara hermeneutikal.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami tentang teori-teori filsafat matematika dan pendidikan matematika

References

Hardi Suyitno. 2016. Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

John Mason. 2004. Fundaental Construct in Mathematics Education. Taylor and Franis Group: London.

Stewart Shapiro, 1997. Philoshopy of Mathematics: Structure and Ontology. Oxford University Press.


Details ...