Courser in English | MICROTEACHING |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 17 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengetahuan mengenai perangkat pembelajaran serta kemampuan menggunakan pengetahuan tersebut untuk menulis RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), Prota (program tahunan) serta Promes (program semester), absensi, serta daftar nilai, pengetahuan mengenai 8 keterampilan mengajar dan media pembelajaran serta kemampuan menggunakan pengetahuan tersebut untuk mendemonstrasikan 8 keterampilan mengajar serta membuat media pembelajaran, pengetahuan mengenai APKG 1 (alat penilaian kemampuan guru dalam merencanakan), APKG 2 (alat penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan) serta pelaporan hasil belajar siswa serta kemampuan menggunakan nya untuk melakukan asesmen, pengukuran dan penilaian terhadap hasil kerja praktikan dan praktek mikroteaching mahasiswa
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perangkat pembelajaran dan mampu menggunakan pengetahuan tersebut untuk menulis RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), Prota (program tahunan) serta Promes (program semester), absensi, serta daftar nilai, pengetahuan mengenai 8 keterampilan mengajar dan media pembelajaran serta kemampuan menggunakan pengetahuan tersebut untuk mendemonstrasikan 8 keterampilan mengajar serta membuat media pembelajaran, pengetahuan mengenai APKG 1 (alat penilaian kemampuan guru dalam merencanakan), APKG 2 (alat penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan) serta pelaporan hasil belajar siswa serta kemampuan menggunakan nya untuk melakukan asesmen, pengukuran dan penilaian terhadap hasil kerja praktikan dan praktek mikroteaching mahasiswa
References- Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New York, NY 10020: McGraw- Hill Companies, Inc 1221.
- Asri, Budiningsih.(2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
- Ronie M, dani. (2005). Seni mengajar dengan hati.Jakarta. PT.Elex Media Komputindo
- Sanjaya,Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.
- Suparman, Atwi. (2001). Desain Instruksional. Jakarta. Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan Pengembangan *AktivitasInstruksional Dirjen Dikti Depdiknas. UPPL (1999). Pedoman Pelaksanaan Praktik Lapangan Kependidikan
- Usman, user (2001). Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Rosdakarya. Bandung
- Hasibuan, JJ Cs (1994). Proses Belajar Mengajar Keterampilan dasar mengajar. Rosdakarya. Bandung
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengetahuan mengenai perangkat pembelajaran serta kemampuan menggunakan pengetahuan tersebut untuk menulis RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), Prota (program tahunan) serta Promes (program semester), absensi, serta daftar nilai, pengetahuan mengenai 8 keterampilan mengajar dan media pembelajaran serta kemampuan menggunakan pengetahuan tersebut untuk mendemonstrasikan 8 keterampilan mengajar serta membuat media pembelajaran, pengetahuan mengenai APKG 1 (alat penilaian kemampuan guru dalam merencanakan), APKG 2 (alat penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan) serta pelaporan hasil belajar siswa serta kemampuan menggunakan nya untuk melakukan asesmen, pengukuran dan penilaian terhadap hasil kerja praktikan dan praktek mikroteaching mahasiswa
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perangkat pembelajaran dan mampu menggunakan pengetahuan tersebut untuk menulis RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), Prota (program tahunan) serta Promes (program semester), absensi, serta daftar nilai, pengetahuan mengenai 8 keterampilan mengajar dan media pembelajaran serta kemampuan menggunakan pengetahuan tersebut untuk mendemonstrasikan 8 keterampilan mengajar serta membuat media pembelajaran, pengetahuan mengenai APKG 1 (alat penilaian kemampuan guru dalam merencanakan), APKG 2 (alat penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan) serta pelaporan hasil belajar siswa serta kemampuan menggunakan nya untuk melakukan asesmen, pengukuran dan penilaian terhadap hasil kerja praktikan dan praktek mikroteaching mahasiswa
References- Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New York, NY 10020: McGraw- Hill Companies, Inc 1221.
- Asri, Budiningsih.(2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
- Ronie M, dani. (2005). Seni mengajar dengan hati.Jakarta. PT.Elex Media Komputindo
- Sanjaya,Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.
- Suparman, Atwi. (2001). Desain Instruksional. Jakarta. Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan Pengembangan *AktivitasInstruksional Dirjen Dikti Depdiknas. UPPL (1999). Pedoman Pelaksanaan Praktik Lapangan Kependidikan
- Usman, user (2001). Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Rosdakarya. Bandung
- Hasibuan, JJ Cs (1994). Proses Belajar Mengajar Keterampilan dasar mengajar. Rosdakarya. Bandung
Details ...
Mata kuliah Micro teaching adalah mata kuliah yang memberikan pengalaman belajar mahasiswa untuk melakukan praktek pembelajaran. Praktek pembelajaran tersebut mencakup kemampuan dalam (1) merencanakan, (2) melaksanakan, serta melakukan evaluasi. Kemampuan merencakan pembelajaran merupakan kemampuan membuat perangkat pembelajaran secara tertulis mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), promes, prota, absensi, daftar nilai serta perangkat administrasi lainnya. Kemampuan melaksanakan pembeajaran akan diamati menggunakan lembar observasi (APKG 2). Kemampuan melaksanakan pembelajaran diupayakan berdasarkan pada penguasaan 8 kemampuan mengajar yang dipraktekkan menggunakan metode demonstrasi didepan kelas.
Learning Outcomes- Ranah sikap
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
- Ranah keterampilan umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Ranah ketrampilan khusus
- Mampu merencanakan mengimplementasikan, dan mengPembelajaran mikro dalam pendidikan Pembelajaran mikro dalam pendidikan secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik dan keilmuan Pembelajaran mikro dalam pendidikan serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
- Mampu menerapkan dan menganalisis teori hasil belajar dalam kehidupan nyata.
- Mampu menganalisis dan menginterpretasi dan menyusun laporan hasil belajar, baik secara individu maupun dalam tim di dunia kerja.
- Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan perangkat serta program teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran Pembelajaran mikro dalam pendidikan.
- Mampu merancang dan melaksanakan penelitian sesuai kaidah penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibudang pendidikan Pembelajaran mikro dalam pendidikan serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Mampu menciptakan usaha yang sesuai dengan pengembangan dunia bisnis.
- Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan pengelolaan organisasi dibidang pendidikan dan non kependidikan.
- Ranah pengetahuan
- Menguasai konsep teoritis pedagogik-didaktik untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menegah bidang Pembelajaran mikro dalam pendidikan (SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK) yang berorientasi pada kecakapan hidup.
- Menguasai konsep teoritis Pembelajaran mikro dalam pendidikan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan kekinian.
- Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan yang mendukung pembelajaran akuntansi di SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK serta untuk studi lanjut.
- Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran Pembelajaran mikro dalam pendidikan.
- Menguasai pendekatan dan metodologi penelitian sesuai dengan kaida penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibidang Pembelajaran mikro dalam pendidikan serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Menguasai konsep kewirausahaan, perkembangan dunia bisnis dan manajemen pemasaran serta pembelajaran mikro yang mendukung terciptanya wirausaha unggul.
Sri Anitah 2014. Strategi pembelajaran di SD. Universitas Terbuka
TIM – FKIP. 2013. Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Micro teaching adalah mata kuliah yang memberikan pengalaman belajar mahasiswa untuk melakukan praktek pembelajaran. Praktek pembelajaran tersebut mencakup kemampuan dalam (1) merencanakan, (2) melaksanakan, serta melakukan evaluasi. Kemampuan merencakan pembelajaran merupakan kemampuan membuat perangkat pembelajaran secara tertulis mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), promes, prota, absensi, daftar nilai serta perangkat administrasi lainnya. Kemampuan melaksanakan pembeajaran akan diamati menggunakan lembar observasi (APKG 2). Kemampuan melaksanakan pembelajaran diupayakan berdasarkan pada penguasaan 8 kemampuan mengajar yang dipraktekkan menggunakan metode demonstrasi didepan kelas.
Learning Outcomes- Ranah sikap
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
- Ranah keterampilan umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Ranah ketrampilan khusus
- Mampu merencanakan mengimplementasikan, dan mengPembelajaran mikro dalam pendidikan Pembelajaran mikro dalam pendidikan secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik dan keilmuan Pembelajaran mikro dalam pendidikan serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
- Mampu menerapkan dan menganalisis teori hasil belajar dalam kehidupan nyata.
- Mampu menganalisis dan menginterpretasi dan menyusun laporan hasil belajar, baik secara individu maupun dalam tim di dunia kerja.
- Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan perangkat serta program teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran Pembelajaran mikro dalam pendidikan.
- Mampu merancang dan melaksanakan penelitian sesuai kaidah penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibudang pendidikan Pembelajaran mikro dalam pendidikan serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Mampu menciptakan usaha yang sesuai dengan pengembangan dunia bisnis.
- Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan pengelolaan organisasi dibidang pendidikan dan non kependidikan.
- Ranah pengetahuan
- Menguasai konsep teoritis pedagogik-didaktik untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menegah bidang Pembelajaran mikro dalam pendidikan (SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK) yang berorientasi pada kecakapan hidup.
- Menguasai konsep teoritis Pembelajaran mikro dalam pendidikan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan kekinian.
- Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan yang mendukung pembelajaran akuntansi di SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK serta untuk studi lanjut.
- Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran Pembelajaran mikro dalam pendidikan.
- Menguasai pendekatan dan metodologi penelitian sesuai dengan kaida penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibidang Pembelajaran mikro dalam pendidikan serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Menguasai konsep kewirausahaan, perkembangan dunia bisnis dan manajemen pemasaran serta pembelajaran mikro yang mendukung terciptanya wirausaha unggul.
Sri Anitah 2014. Strategi pembelajaran di SD. Universitas Terbuka
TIM – FKIP. 2013. Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka.
Details ...
Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa khusunya melalui perencanaan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran serta melaksanakan evaluasi hasil belajar
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami pentingnya delapan kemampuan dasar mengajar, menginternalisasi komponen, melakukan observasi serta mampu mendemonstrasikannya dalam praktek belajar mengajar
ReferencesTIM – FKIP. 2013. Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka.
Details ...