Microteaching, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMICROTEACHING
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS3 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat pembelajaran; dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  pembelajaran mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro 
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

 

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat pembelajaran; dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  pembelajaran mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro 
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

 

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat pembelajaran; dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  pembelajaran mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro 
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

 

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat pembelajaran; dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  pembelajaran mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro 
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

 

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen; Dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar,  Demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  Pembelajaran  Mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

1. Menguasai hakekat pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.

2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro pada mata pelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen 

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen; Dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar,  Demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  Pembelajaran  Mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

1. Menguasai hakekat pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.

2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro pada mata pelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen 

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen; Dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar,  Demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  Pembelajaran  Mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro pada mata pelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen; Dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar,  Demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  Pembelajaran  Mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro pada mata pelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen; Dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar,  Demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  Pembelajaran  Mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro pada mata pelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen; Dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar,  Demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  Pembelajaran  Mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro pada mata pelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Micro teaching adalah mata kuliah yang memberikan pengalaman belajar mahasiswa untuk melakukan praktek pembelajaran. Praktek pembelajaran
tersebut mencakup kemampuan dalam (1) merencanakan, (2) melaksanakan, serta (3) melakukan evaluasi. Kemampuan merencakan pembelajaran merupakan
kemampuan membuat perangkat pembelajaran secara tertulis mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), promes, prota, absensi, daftar nilai serta
perangkat administrasi lainnya. Kemampuan melaksanakan pembeajaran akan diamati menggunakan lembar observasi (APKG 2). Kemampuan melaksanakan
pembelajaran diupayakan berdasarkan pada penguasaan 8 kemampuan mengajar yang dipraktekkan menggunakan metode demonstrasi didepan kelas.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran :
Setelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam
1. Menerapkannya untuk mengisi APKG 1 dan APKG 2
2. Menerapkan APKG 1 dan APKG 2
􀁸 Memahami bentuk kegiatan pendahuluan, inti dan penutup
􀁸 Menciptakan program tahunan dan program semester
􀁸 Menciptakan program penilaian pembelajaran
3. Mengembangkan kegiatan pembelajaran
􀁸 Mengembangkan kegiatan pendahuluan
􀁸 Mengembangkan inti
􀁸 Mengembangkan kegiatan penutup

References

 

  1. Abu Luthfi Mahmudi Al Fathi. 2010. Kompetensi praktik komputer akuntansi dengan MYOB Accounting V.18
  2. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  3. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  4. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  5. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  7. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  8. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  10. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Micro teaching adalah mata kuliah yang memberikan pengalaman belajar mahasiswa untuk melakukan praktek pembelajaran. Praktek pembelajaran tersebut mencakup kemampuan dalam (1) merencanakan, (2) melaksanakan, serta (3) melakukan evaluasi. Kemampuan merencakan pembelajaran merupakan kemampuan membuat perangkat pembelajaran secara tertulis mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), promes, prota, absensi, daftar nilai serta perangkat administrasi lainnya. Kemampuan melaksanakan pembeajaran akan diamati menggunakan lembar observasi (APKG 2). Kemampuan melaksanakan pembelajaran diupayakan berdasarkan pada penguasaan 8 kemampuan mengajar yang dipraktekkan menggunakan metode demonstrasi didepan kelas

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami, menganalisis dan mengevaluasi berbagai konteks yang ada dalam ilmu ekonomi yang terkait dengan teori dan dinamikanya.

References

Undang – Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampirannya

Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Lampirannya


Details ...