Metodologi Penelitian BK, Curriculum : 2015


Courser in EnglishRESEARCH METHODOLOGY OF GUIDANCE AND COUNSELING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS3 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan secara virtual synchronous, independent asynchronous, dan  coolaborative asynchronous. Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa agar dapat: (1) merancang kegiatan penelitian di bidang bimbingan dan konseling  dengan menggunakan berbagai pendekatan dan metode penelitian, (2) Menemukan permasalahan dan mencari solusi pemecahan masalah melalui penelitian yang relevan untuk jenis penelitian: korelasi,  komparasi, eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan.   (3) Menentukan subjek/sampel/sumber data penelitian, metode pengumpulan data, serta analisis data yang tepat; dan (4) Menyusun proposal bidang bimbingan dan konseling yang layak untuk skripsi atau tugas akhir.

Materi kuliah meliputi: pengertian, prinsip-prinsip, langkah-langkah, jenis-jenis penelitian, norma dan etika akademik dalam penelitian;  rumusan masalah, kajian teori, dan hipotesis penelitian; variabel, populasi dan sampel/subyek/sumber data penelitian; pengumpulan data, instrument, uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian; uji persyaratan analisis data dan teknik pengolahan data;  metode dan penyusunan proposal penelitian kuantitatif dan eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan (R & D)  bidang bimbinagn dan konseling;  serta penyusunan proposal dan laporan hasil penelitian kuantitatif dan eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan  (R & D) bidang bimbingan dan konseling.

 

Di akhir perkuliahan ini sebagai hasil tugas terstruktur dan mandiri, setiap mahasiswa sudah mampu menyusun proposal penelitian yang layak untuk skripsi atau tugas akhir di bidang bimbungan dan konseling.

Learning Outcomes

Menjelaskan pengertian, prinsip-prinsip, jens-jenis, langkah-langkah, norma dan etika akademik dalam penelitian untuk menghindari plagiasi dalam penyusunan skripsi atau laporan tugas akhir (S8, KU3, P16)

Menyusun rumusan masalah, kajian teori, dan hipotesis penelitian dengan mengakses hasil-hasil penelitian yang relevan dari berbagai sumber dan menggunakannya dalam rangka penyusunan proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah secara mandiri, bermutu, dan terukur (KU2, KK19, KK20, P17)

Menentukan variabel penelitian; menentukan populasi, sampel dan tenik sampling; mengumpulkan data, instrumen penelitian dan uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian; melakukan uji persyaratan analisis data dan menganalisis data secara logis, sistematis, mandiri, dan bertanggungjawab sesuai dengan desain dan prosedur penelitian dalam bentuk skripsi di bidang bimbingan dan konseling  (S9, KK21, KK24, P18)

Mendeskripsikan berbagai metode penelitian secara logis, sistematis, mandiri, dan bertangungjawab dalam rangka menyusun proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah (S9, KK19, P16)

Terampil mengembangkan perangkat penelitian dalam menyusun proposal skripsi dan penyusunan laporan hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling   secara bertanggung jawab, mandiri, bermutu, terukur, dan menghindari plagiasi (S8, S9, KU2, KU3, KK19, KK22, P17)

References

Utama

 

Supardi, 2019, Dasar Metodologi Penelitian., Semarang, Penerbit UPGRIS PRESS

Supardi, Suhardjono, 2018, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.

Supardi,, 2018, Publikasi Ilmiah non Penelitian dan Karya Inonatif. Yogyakarta, Andi, Offset.

Fakultas Ilmu Penddikan Universitas PGRI Semarang, 2019, Pedoman Bimbingan Penulisan dan Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah. Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.

Pendukung

 

Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi,  Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.

Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.

Sukardi, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.

Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan secara virtual synchronous, independent asynchronous, dan  coolaborative asynchronous. Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa agar dapat: (1) merancang kegiatan penelitian di bidang bimbingan dan konseling  dengan menggunakan berbagai pendekatan dan metode penelitian, (2) Menemukan permasalahan dan mencari solusi pemecahan masalah melalui penelitian yang relevan untuk jenis penelitian: korelasi,  komparasi, eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan.   (3) Menentukan subjek/sampel/sumber data penelitian, metode pengumpulan data, serta analisis data yang tepat; dan (4) Menyusun proposal bidang bimbingan dan konseling yang layak untuk skripsi atau tugas akhir.

Materi kuliah meliputi: pengertian, prinsip-prinsip, langkah-langkah, jenis-jenis penelitian, norma dan etika akademik dalam penelitian;  rumusan masalah, kajian teori, dan hipotesis penelitian; variabel, populasi dan sampel/subyek/sumber data penelitian; pengumpulan data, instrument, uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian; uji persyaratan analisis data dan teknik pengolahan data;  metode dan penyusunan proposal penelitian kuantitatif dan eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan (R & D)  bidang bimbinagn dan konseling;  serta penyusunan proposal dan laporan hasil penelitian kuantitatif dan eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan  (R & D) bidang bimbingan dan konseling.

 

Di akhir perkuliahan ini sebagai hasil tugas terstruktur dan mandiri, setiap mahasiswa sudah mampu menyusun proposal penelitian yang layak untuk skripsi atau tugas akhir di bidang bimbungan dan konseling.

Learning Outcomes

Menjelaskan pengertian, prinsip-prinsip, jens-jenis, langkah-langkah, norma dan etika akademik dalam penelitian untuk menghindari plagiasi dalam penyusunan skripsi atau laporan tugas akhir (S8, KU3, P16)

Menyusun rumusan masalah, kajian teori, dan hipotesis penelitian dengan mengakses hasil-hasil penelitian yang relevan dari berbagai sumber dan menggunakannya dalam rangka penyusunan proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah secara mandiri, bermutu, dan terukur (KU2, KK19, KK20, P17)

Menentukan variabel penelitian; menentukan populasi, sampel dan tenik sampling; mengumpulkan data, instrumen penelitian dan uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian; melakukan uji persyaratan analisis data dan menganalisis data secara logis, sistematis, mandiri, dan bertanggungjawab sesuai dengan desain dan prosedur penelitian dalam bentuk skripsi di bidang bimbingan dan konseling  (S9, KK21, KK24, P18)

Mendeskripsikan berbagai metode penelitian secara logis, sistematis, mandiri, dan bertangungjawab dalam rangka menyusun proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah (S9, KK19, P16)

Terampil mengembangkan perangkat penelitian dalam menyusun proposal skripsi dan penyusunan laporan hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling   secara bertanggung jawab, mandiri, bermutu, terukur, dan menghindari plagiasi (S8, S9, KU2, KU3, KK19, KK22, P17)

References

Utama

 

Supardi, 2019, Dasar Metodologi Penelitian., Semarang, Penerbit UPGRIS PRESS

Supardi, Suhardjono, 2018, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.

Supardi,, 2018, Publikasi Ilmiah non Penelitian dan Karya Inonatif. Yogyakarta, Andi, Offset.

Fakultas Ilmu Penddikan Universitas PGRI Semarang, 2019, Pedoman Bimbingan Penulisan dan Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah. Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.

Pendukung

 

Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi,  Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.

Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.

Sukardi, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.

Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan secara virtual synchronous, independent asynchronous, dan  coolaborative asynchronous. Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa agar dapat: (1) merancang kegiatan penelitian di bidang bimbingan dan konseling  dengan menggunakan berbagai pendekatan dan metode penelitian, (2) Menemukan permasalahan dan mencari solusi pemecahan masalah melalui penelitian yang relevan untuk jenis penelitian: korelasi,  komparasi, eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan.   (3) Menentukan subjek/sampel/sumber data penelitian, metode pengumpulan data, serta analisis data yang tepat; dan (4) Menyusun proposal bidang bimbingan dan konseling yang layak untuk skripsi atau tugas akhir.

Materi kuliah meliputi: pengertian, prinsip-prinsip, langkah-langkah, jenis-jenis penelitian, norma dan etika akademik dalam penelitian;  rumusan masalah, kajian teori, dan hipotesis penelitian; variabel, populasi dan sampel/subyek/sumber data penelitian; pengumpulan data, instrument, uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian; uji persyaratan analisis data dan teknik pengolahan data;  metode dan penyusunan proposal penelitian kuantitatif dan eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan (R & D)  bidang bimbinagn dan konseling;  serta penyusunan proposal dan laporan hasil penelitian kuantitatif dan eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan  (R & D) bidang bimbingan dan konseling.

 

Di akhir perkuliahan ini sebagai hasil tugas terstruktur dan mandiri, setiap mahasiswa sudah mampu menyusun proposal penelitian yang layak untuk skripsi atau tugas akhir di bidang bimbungan dan konseling.

Learning Outcomes

Menjelaskan pengertian, prinsip-prinsip, jens-jenis, langkah-langkah, norma dan etika akademik dalam penelitian untuk menghindari plagiasi dalam penyusunan skripsi atau laporan tugas akhir (S8, KU3, P16)

Menyusun rumusan masalah, kajian teori, dan hipotesis penelitian dengan mengakses hasil-hasil penelitian yang relevan dari berbagai sumber dan menggunakannya dalam rangka penyusunan proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah secara mandiri, bermutu, dan terukur (KU2, KK19, KK20, P17)

Menentukan variabel penelitian; menentukan populasi, sampel dan tenik sampling; mengumpulkan data, instrumen penelitian dan uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian; melakukan uji persyaratan analisis data dan menganalisis data secara logis, sistematis, mandiri, dan bertanggungjawab sesuai dengan desain dan prosedur penelitian dalam bentuk skripsi di bidang bimbingan dan konseling  (S9, KK21, KK24, P18)

Mendeskripsikan berbagai metode penelitian secara logis, sistematis, mandiri, dan bertangungjawab dalam rangka menyusun proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah (S9, KK19, P16)

Terampil mengembangkan perangkat penelitian dalam menyusun proposal skripsi dan penyusunan laporan hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling   secara bertanggung jawab, mandiri, bermutu, terukur, dan menghindari plagiasi (S8, S9, KU2, KU3, KK19, KK22, P17)

References

Utama

 

Supardi, 2019, Dasar Metodologi Penelitian., Semarang, Penerbit UPGRIS PRESS

Supardi, Suhardjono, 2018, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.

Supardi,, 2018, Publikasi Ilmiah non Penelitian dan Karya Inonatif. Yogyakarta, Andi, Offset.

Fakultas Ilmu Penddikan Universitas PGRI Semarang, 2019, Pedoman Bimbingan Penulisan dan Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah. Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.

Pendukung

 

Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi,  Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.

Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.

Sukardi, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.

Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan secara virtual synchronous, independent asynchronous, dan  coolaborative asynchronous. Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa agar dapat: (1) merancang kegiatan penelitian di bidang bimbingan dan konseling  dengan menggunakan berbagai pendekatan dan metode penelitian, (2) Menemukan permasalahan dan mencari solusi pemecahan masalah melalui penelitian yang relevan untuk jenis penelitian: korelasi,  komparasi, eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan.   (3) Menentukan subjek/sampel/sumber data penelitian, metode pengumpulan data, serta analisis data yang tepat; dan (4) Menyusun proposal bidang bimbingan dan konseling yang layak untuk skripsi atau tugas akhir.

Materi kuliah meliputi: pengertian, prinsip-prinsip, langkah-langkah, jenis-jenis penelitian, norma dan etika akademik dalam penelitian;  rumusan masalah, kajian teori, dan hipotesis penelitian; variabel, populasi dan sampel/subyek/sumber data penelitian; pengumpulan data, instrument, uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian; uji persyaratan analisis data dan teknik pengolahan data;  metode dan penyusunan proposal penelitian kuantitatif dan eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan (R & D)  bidang bimbinagn dan konseling;  serta penyusunan proposal dan laporan hasil penelitian kuantitatif dan eksperimen, kualitatif, tindakan, dan pengembangan  (R & D) bidang bimbingan dan konseling.

 

Di akhir perkuliahan ini sebagai hasil tugas terstruktur dan mandiri, setiap mahasiswa sudah mampu menyusun proposal penelitian yang layak untuk skripsi atau tugas akhir di bidang bimbungan dan konseling.

Learning Outcomes

Menjelaskan pengertian, prinsip-prinsip, jens-jenis, langkah-langkah, norma dan etika akademik dalam penelitian untuk menghindari plagiasi dalam penyusunan skripsi atau laporan tugas akhir (S8, KU3, P16)

Menyusun rumusan masalah, kajian teori, dan hipotesis penelitian dengan mengakses hasil-hasil penelitian yang relevan dari berbagai sumber dan menggunakannya dalam rangka penyusunan proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah secara mandiri, bermutu, dan terukur (KU2, KK19, KK20, P17)

Menentukan variabel penelitian; menentukan populasi, sampel dan tenik sampling; mengumpulkan data, instrumen penelitian dan uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian; melakukan uji persyaratan analisis data dan menganalisis data secara logis, sistematis, mandiri, dan bertanggungjawab sesuai dengan desain dan prosedur penelitian dalam bentuk skripsi di bidang bimbingan dan konseling  (S9, KK21, KK24, P18)

Mendeskripsikan berbagai metode penelitian secara logis, sistematis, mandiri, dan bertangungjawab dalam rangka menyusun proposal penelitian bidang bimbingan dan konseling yang memenuhi kaidah, tata cara dan etika ilmiah (S9, KK19, P16)

Terampil mengembangkan perangkat penelitian dalam menyusun proposal skripsi dan penyusunan laporan hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling   secara bertanggung jawab, mandiri, bermutu, terukur, dan menghindari plagiasi (S8, S9, KU2, KU3, KK19, KK22, P17)

References

Utama

 

Supardi, 2019, Dasar Metodologi Penelitian., Semarang, Penerbit UPGRIS PRESS

Supardi, Suhardjono, 2018, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.

Supardi,, 2018, Publikasi Ilmiah non Penelitian dan Karya Inonatif. Yogyakarta, Andi, Offset.

Fakultas Ilmu Penddikan Universitas PGRI Semarang, 2019, Pedoman Bimbingan Penulisan dan Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah. Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.

Pendukung

 

Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi,  Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.

Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.

Sukardi, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.

Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian

Learning Outcomes

Menganalisis permasalahan siswa di sekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian

Learning Outcomes

Menganalisis permasalahan siswa di sekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian

Learning Outcomes

Menganalisis permasalahan siswa di sekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian

Learning Outcomes

Menganalisis permasalahan siswa di sekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian

Learning Outcomes

Menganalisis permasalahan siswa di sekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian

Learning Outcomes

Menganalisis permasalahan siswa di sekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian

Learning Outcomes

Menganalisis permasalahan siswa di sekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian

Learning Outcomes

Menganalisis permasalahan siswa di sekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan

References

-


Details ...