Courser in English | RESEARCH METHODOLOGY OF GUIDANCE AND COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 3 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian.
Learning OutcomesMennganalis permasalahan siswa disekolah, dirumuskan perencanaan solusinya, melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan.
References. Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi, Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
- Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
- Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
- Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
- Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
- Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
Details ...
Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian.
Learning OutcomesMennganalis permasalahan siswa disekolah, dirumuskan perencanaan solusinya, melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan.
References. Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi, Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
- Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
- Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
- Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
- Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
- Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
Details ...
Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian.
Learning OutcomesMenganalisis permasalahan siswa disekolah, dirumuskan perencanaan solusinya, melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan.
ReferencesSukardi, 2005 Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta Bumi Aksara,
Supardi, 2016, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Bimbingan & Konseling, Yogyakarta Andi Offset
Supardi, Suhardjono, 2013, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi Offset..
Sugeng Ysh, A Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
Sutrisno Hadi, 2000; Netodologi Research jilid 1, II, III, dan IV, Yogyakarta, Andi Offset.
Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
Moleong, Lexy J, 2003, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, 1988 , Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung Penerbit Tarsito
Details ...
Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian.
Learning OutcomesMenganalisis permasalahan siswa disekolah, dirumuskan perencanaan solusinya, melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan.
ReferencesSukardi, 2005 Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta Bumi Aksara,
Supardi, 2016, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Bimbingan & Konseling, Yogyakarta Andi Offset
Supardi, Suhardjono, 2013, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi Offset..
Sugeng Ysh, A Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
Sutrisno Hadi, 2000; Netodologi Research jilid 1, II, III, dan IV, Yogyakarta, Andi Offset.
Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
Moleong, Lexy J, 2003, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, 1988 , Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung Penerbit Tarsito
Details ...
Mampu mengaplikasikan konsep, langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, yang diperlukan dalam mengidetifikasi masalah yang terjadi pada siswa, menetapkan masalah dan judul penelitian, menerapkan dan menentukan penggunaan teori-teori yang tepat, menelaah artikel yang relevan, menetapkan populasi, sampel dan sampling penelitian, mengidentifikasi variable, indicator variable, dan menyusun definisi operasional variable, menyusun instrument, menganalisis data, berbagai jenis penelitian, membuat proposal serta laporan penelitian. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan jenis penelitian dalam memecahkan masalah yang dihadapi.
Learning OutcomesMenerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa; Mengakaji implementasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi hasil kajiannya atau kritik serta menyusun deskripsi atau laporan akhir sesuai dengan jenis penelitiannya. Mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah di bidang bimbingan dan koseling, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang telah dikumpulkan.
References
- Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi, Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
- Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
- Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
- Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
- Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
- Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
Details ...
Mampu mengaplikasikan konsep, langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, yang diperlukan dalam mengidetifikasi masalah yang terjadi pada siswa, menetapkan masalah dan judul penelitian, menerapkan dan menentukan penggunaan teori-teori yang tepat, menelaah artikel yang relevan, menetapkan populasi, sampel dan sampling penelitian, mengidentifikasi variable, indicator variable, dan menyusun definisi operasional variable, menyusun instrument, menganalisis data, berbagai jenis penelitian, membuat proposal serta laporan penelitian. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan jenis penelitian dalam memecahkan masalah yang dihadapi.
Learning OutcomesMenerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa; Mengakaji implementasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi hasil kajiannya atau kritik serta menyusun deskripsi atau laporan akhir sesuai dengan jenis penelitiannya. Mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah di bidang bimbingan dan koseling, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang telah dikumpulkan.
References
- Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi, Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
- Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
- Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
- Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
- Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
- Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
Details ...
Mampu mengaplikasikan konsep, langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, yang diperlukan dalam mengidetifikasi masalah yang terjadi pada siswa, menetapkan masalah dan judul penelitian, menerapkan dan menentukan penggunaan teori-teori yang tepat, menelaah artikel yang relevan, menetapkan populasi, sampel dan sampling penelitian, mengidentifikasi variable, indicator variable, dan menyusun definisi operasional variable, menyusun instrument, menganalisis data, berbagai jenis penelitian, membuat proposal serta laporan penelitian. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan jenis penelitian dalam memecahkan masalah yang dihadapi.
Learning Outcomes
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa; Mengakaji implementasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi hasil kajiannya atau kritik serta menyusun deskripsi atau laporan akhir sesuai dengan jenis penelitiannya. Mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah di bidang bimbingan dan koseling, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang telah dikumpulkan.
References
- Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
- Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
- Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
- Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
- Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
- Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
Details ...
Mampu mengaplikasikan konsep, langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, yang diperlukan dalam mengidetifikasi masalah yang terjadi pada siswa, menetapkan masalah dan judul penelitian, menerapkan dan menentukan penggunaan teori-teori yang tepat, menelaah artikel yang relevan, menetapkan populasi, sampel dan sampling penelitian, mengidentifikasi variable, indicator variable, dan menyusun definisi operasional variable, menyusun instrument, menganalisis data, berbagai jenis penelitian, membuat proposal serta laporan penelitian. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan jenis penelitian dalam memecahkan masalah yang dihadapi.
Learning Outcomes
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa; Mengakaji implementasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi hasil kajiannya atau kritik serta menyusun deskripsi atau laporan akhir sesuai dengan jenis penelitiannya. Mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah di bidang bimbingan dan koseling, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang telah dikumpulkan.
References
- Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
- Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
- Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
- Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
- Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
- Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
Details ...
Mampu mengaplikasikan konsep, langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, yang diperlukan dalam mengidetifikasi masalah yang terjadi pada siswa, menetapkan masalah dan judul penelitian, menerapkan dan menentukan penggunaan teori-teori yang tepat, menelaah artikel yang relevan, menetapkan populasi, sampel dan sampling penelitian, mengidentifikasi variable, indicator variable, dan menyusun definisi operasional variable, menyusun instrument, menganalisis data, berbagai jenis penelitian, membuat proposal serta laporan penelitian. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan jenis penelitian dalam memecahkan masalah yang dihadapi.
Learning Outcomes
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa; Mengakaji implementasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi hasil kajiannya atau kritik serta menyusun deskripsi atau laporan akhir sesuai dengan jenis penelitiannya. Mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah di bidang bimbingan dan koseling, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang telah dikumpulkan.
References
- Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
- Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
- Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
- Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
- Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
- Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
Details ...