Metodologi Penelitian BK, Curriculum : 2015


Courser in EnglishRESEARCH METHODOLOGY OF GUIDANCE AND COUNSELING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS3 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian.

Learning Outcomes

Mennganalis permasalahan siswa disekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan.

References

         .  Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi,  Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.

  • Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
  • Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
  • Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
  • Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
  • Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian.

Learning Outcomes

Mennganalis permasalahan siswa disekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan.

References

         .  Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi,  Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.

  • Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
  • Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
  • Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
  • Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
  • Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian.

Learning Outcomes

Menganalisis permasalahan siswa disekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan.

References

Sukardi, 2005 Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta Bumi Aksara,

 Supardi, 2016, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Bimbingan & Konseling, Yogyakarta Andi Offset

 Supardi, Suhardjono, 2013, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi Offset..

Sugeng Ysh, A Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.

Sutrisno Hadi, 2000; Netodologi Research jilid 1, II, III, dan IV, Yogyakarta, Andi Offset.

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.

Moleong, Lexy J, 2003, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Nasution,  1988 , Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung Penerbit Tarsito


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini mencakup langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, dimulai dari mengidentifikasi masalah, menetapkan masalah, berbagai jenis penelitian dengan disertai prosedur atau metodologinya. Sistematika proposal dan laporan penelitian dari berbegai jenis penelitian.

Learning Outcomes

Menganalisis permasalahan siswa disekolah, dirumuskan perencanaan solusinya,  melalui langkah/prosedur penelitian dan mampu menyusun deskripsi atau laporan akhir dari kegiatan penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan.

References

Sukardi, 2005 Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta Bumi Aksara,

 Supardi, 2016, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Bimbingan & Konseling, Yogyakarta Andi Offset

 Supardi, Suhardjono, 2013, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi Offset..

Sugeng Ysh, A Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.

Sutrisno Hadi, 2000; Netodologi Research jilid 1, II, III, dan IV, Yogyakarta, Andi Offset.

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.

Moleong, Lexy J, 2003, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Nasution,  1988 , Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung Penerbit Tarsito


Details ...
Course Descriptions

Mampu mengaplikasikan konsep,  langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, yang diperlukan dalam  mengidetifikasi masalah yang terjadi pada siswa, menetapkan masalah dan judul penelitian, menerapkan dan menentukan penggunaan teori-teori  yang tepat, menelaah artikel yang relevan, menetapkan populasi, sampel dan sampling penelitian, mengidentifikasi  variable, indicator variable, dan menyusun definisi operasional variable, menyusun instrument, menganalisis data, berbagai jenis penelitian,  membuat  proposal serta laporan penelitian. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan jenis penelitian  dalam memecahkan masalah yang dihadapi. ​

Learning Outcomes

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa; Mengakaji implementasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi hasil kajiannya atau kritik serta menyusun deskripsi atau laporan akhir sesuai dengan jenis penelitiannya. Mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah di bidang bimbingan dan koseling, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang telah dikumpulkan.

 

 

References

  • Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi,  Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
  • Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
  • Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
  • Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
  • Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
  • Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mampu mengaplikasikan konsep,  langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, yang diperlukan dalam  mengidetifikasi masalah yang terjadi pada siswa, menetapkan masalah dan judul penelitian, menerapkan dan menentukan penggunaan teori-teori  yang tepat, menelaah artikel yang relevan, menetapkan populasi, sampel dan sampling penelitian, mengidentifikasi  variable, indicator variable, dan menyusun definisi operasional variable, menyusun instrument, menganalisis data, berbagai jenis penelitian,  membuat  proposal serta laporan penelitian. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan jenis penelitian  dalam memecahkan masalah yang dihadapi. ​

Learning Outcomes

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa; Mengakaji implementasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi hasil kajiannya atau kritik serta menyusun deskripsi atau laporan akhir sesuai dengan jenis penelitiannya. Mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah di bidang bimbingan dan koseling, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang telah dikumpulkan.

 

 

References

  • Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi,  Pendidikan, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.
  • Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
  • Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
  • Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
  • Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
  • Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mampu mengaplikasikan konsep,  langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, yang diperlukan dalam  mengidetifikasi masalah yang terjadi pada siswa, menetapkan masalah dan judul penelitian, menerapkan dan menentukan penggunaan teori-teori  yang tepat, menelaah artikel yang relevan, menetapkan populasi, sampel dan sampling penelitian, mengidentifikasi  variable, indicator variable, dan menyusun definisi operasional variable, menyusun instrument, menganalisis data, berbagai jenis penelitian,  membuat  proposal serta laporan penelitian. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan jenis penelitian  dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

 

Learning Outcomes

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa; Mengakaji implementasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi hasil kajiannya atau kritik serta menyusun deskripsi atau laporan akhir sesuai dengan jenis penelitiannya. Mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah di bidang bimbingan dan koseling, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang telah dikumpulkan.

 

References

  1.   Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi Pendidikan,     Semarang,  IKIP PGRI Semarang Press.
  2. Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
  3. Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
  4. Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
  5. Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
  6. Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
  7. Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.


Details ...
Course Descriptions

Mampu mengaplikasikan konsep,  langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, yang diperlukan dalam  mengidetifikasi masalah yang terjadi pada siswa, menetapkan masalah dan judul penelitian, menerapkan dan menentukan penggunaan teori-teori  yang tepat, menelaah artikel yang relevan, menetapkan populasi, sampel dan sampling penelitian, mengidentifikasi  variable, indicator variable, dan menyusun definisi operasional variable, menyusun instrument, menganalisis data, berbagai jenis penelitian,  membuat  proposal serta laporan penelitian. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan jenis penelitian  dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

 

Learning Outcomes

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa; Mengakaji implementasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi hasil kajiannya atau kritik serta menyusun deskripsi atau laporan akhir sesuai dengan jenis penelitiannya. Mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah di bidang bimbingan dan koseling, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang telah dikumpulkan.

 

References

  1.   Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi Pendidikan,     Semarang,  IKIP PGRI Semarang Press.
  2. Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
  3. Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
  4. Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
  5. Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
  6. Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
  7. Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.


Details ...
Course Descriptions

Mampu mengaplikasikan konsep,  langkah dan prinsip penelitian bimbingan & konseling, yang diperlukan dalam  mengidetifikasi masalah yang terjadi pada siswa, menetapkan masalah dan judul penelitian, menerapkan dan menentukan penggunaan teori-teori  yang tepat, menelaah artikel yang relevan, menetapkan populasi, sampel dan sampling penelitian, mengidentifikasi  variable, indicator variable, dan menyusun definisi operasional variable, menyusun instrument, menganalisis data, berbagai jenis penelitian,  membuat  proposal serta laporan penelitian. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan jenis penelitian  dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

 

Learning Outcomes

Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya untuk melaksanakan pemecahan masalah siswa; Mengakaji implementasi pengembanganatau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi hasil kajiannya atau kritik serta menyusun deskripsi atau laporan akhir sesuai dengan jenis penelitiannya. Mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah di bidang bimbingan dan koseling, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data yang telah dikumpulkan.

 

References

  1.   Sugeng Ysh, A.Y, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, Bidang Sosial, Psikologi Pendidikan,     Semarang,  IKIP PGRI Semarang Press.
  2. Sugiarto dkk, 2001, Teknik Sampling, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
  3. Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.
  4. Sukardi, 2005, Metodologii Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta, Bumi Aksara.
  5. Supardi, Suhardjono, 2013, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Andi , Offset.
  6. Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Research I, II. III, dan IV  Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.
  7. Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Research, jilid IV, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.


Details ...