Perencanaan Strategik pendidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishEDUCATIONAL STRATEGIC DESIGN
ProgramManajemen Pendidikan
SKS3 SKS
RPS40 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi, misi dan tujuan organisasi, perencanaan program kerja sekolah berbasis visi, misi, dan tujuan sekolah; Perencanaan strategik akademik; Perencanaan program kerja sekolah berbasis EDS (Evaluasi diri Sekolah); Teknik Analisis Manajemen menggunakan analisis SWOT dan pendekatan lain, Rencana Straetegis; RKS dan RKAS; implementasi RKS.

Learning Outcomes

CPMK1:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan,

CPMK3:Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.

CPMK4:Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan;

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi, misi dan tujuan organisasi, perencanaan program kerja sekolah berbasis visi, misi, dan tujuan sekolah; Perencanaan strategik akademik; Perencanaan program kerja sekolah berbasis EDS (Evaluasi diri Sekolah); Teknik Analisis Manajemen menggunakan analisis SWOT dan pendekatan lain, Rencana Straetegis; RKS dan RKAS; implementasi RKS.

Learning Outcomes

CPMK1:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan,

CPMK3:Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.

CPMK4:Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan;

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi, misi dan tujuan organisasi, perencanaan program kerja sekolah berbasis visi, misi, dan tujuan sekolah; Perencanaan strategik akademik; Perencanaan program kerja sekolah berbasis EDS (Evaluasi diri Sekolah); Teknik Analisis Manajemen menggunakan analisis SWOT dan pendekatan lain, Rencana Straetegis; RKS dan RKAS; implementasi RKS.

Learning Outcomes

CPMK1:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan,

CPMK3:Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.

CPMK4:Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan;

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi, misi dan tujuan organisasi, perencanaan program kerja sekolah berbasis visi, misi, dan tujuan sekolah; Perencanaan strategik akademik; Perencanaan program kerja sekolah berbasis EDS (Evaluasi diri Sekolah); Teknik Analisis Manajemen menggunakan analisis SWOT dan pendekatan lain, Rencana Straetegis; RKS dan RKAS; implementasi RKS.

Learning Outcomes

CPMK1:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan,

CPMK3:Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.

CPMK4:Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan;

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi, misi dan tujuan organisasi, perencanaan program kerja sekolah berbasis visi, misi, dan tujuan sekolah; Perencanaan strategik akademik; Perencanaan program kerja sekolah berbasis EDS (Evaluasi diri Sekolah); Teknik Analisis Manajemen menggunakan analisis SWOT dan pendekatan lain, Rencana Straetegis; RKS dan RKAS; implementasi RKS.

Learning Outcomes

CPMK1:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan,

CPMK3:Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.

CPMK4:Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan;

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi, misi dan tujuan organisasi, perencanaan program kerja sekolah berbasis visi, misi, dan tujuan sekolah; Perencanaan strategik akademik; Perencanaan program kerja sekolah berbasis EDS (Evaluasi diri Sekolah); Teknik Analisis Manajemen menggunakan analisis SWOT dan pendekatan lain, Rencana Straetegis; RKS dan RKAS; implementasi RKS.

Learning Outcomes

CPMK1:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan,

CPMK3:Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.

CPMK4:Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan;

 

References

  1. UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
  2. UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
  3. PP No. 12 Th 2005 – SNP
  4. Permendiknas  No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Kemendikbud. 201 Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019.
  6. Imron, Ali. 2013. Rencana Kerja Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.
  7. Utari, Rahmania. Modul Penyusunan RKAS.
  8. Kemendikbud. 2016. Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. Program Kepala Sekolah Pembelajar Tahun 2016. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
  9. Sumber refensi lain yang relevan (buku, jurnal, makalah, dll).

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi, misi dan tujuan organisasi, perencanaan program kerja sekolah berbasis visi, misi, dan tujuan sekolah; Perencanaan strategik akademik; Perencanaan program kerja sekolah berbasis EDS (Evaluasi diri Sekolah); Teknik Analisis Manajemen menggunakan analisis SWOT dan pendekatan lain, Rencana Straetegis; RKS dan RKAS; implementasi RKS.

Learning Outcomes

CPMK1:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan,

CPMK3:Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.

CPMK4:Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan;

 

References

  1. UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
  2. UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
  3. PP No. 12 Th 2005 – SNP
  4. Permendiknas  No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Kemendikbud. 201 Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019.
  6. Imron, Ali. 2013. Rencana Kerja Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.
  7. Utari, Rahmania. Modul Penyusunan RKAS.
  8. Kemendikbud. 2016. Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. Program Kepala Sekolah Pembelajar Tahun 2016. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
  9. Sumber refensi lain yang relevan (buku, jurnal, makalah, dll).

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi, misi dan tujuan organisasi, perencanaan program kerja sekolah berbasis visi, misi, dan tujuan sekolah; Perencanaan strategik akademik; Perencanaan program kerja sekolah berbasis EDS (Evaluasi diri Sekolah); Teknik Analisis Manajemen menggunakan analisis SWOT dan pendekatan lain, Rencana Straetegis; RKS dan RKAS; implementasi RKS.

Learning Outcomes

CPMK1:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2:Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan,

CPMK3:Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.

CPMK4:Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan;

 

References

  1. UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
  2. UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
  3. PP No. 12 Th 2005 – SNP
  4. Permendiknas  No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Kemendikbud. 201 Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019.
  6. Imron, Ali. 2013. Rencana Kerja Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.
  7. Utari, Rahmania. Modul Penyusunan RKAS.
  8. Kemendikbud. 2016. Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. Program Kepala Sekolah Pembelajar Tahun 2016. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
  9. Sumber refensi lain yang relevan (buku, jurnal, makalah, dll).

 

 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponen, dan implementasi manajemen strategik.
 

Learning Outcomes

 Mahasiswa memahami konsep perencanaan pendidikan dan manajemen strategis pendidikan serta dapat menerapkannya dalam satuan pendidikan masing-masing

References

Banghart, F.W. & Trull, Jr., A. 1993. Educational Planning. New York: The Macmillan Company.  Sa’ud, U.S. & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.  Soenarya, E. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.  Lewis, J. Jr. 1983. Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc. Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi. Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponen, dan implementasi manajemen strategik.
 

Learning Outcomes

 Mahasiswa memahami konsep perencanaan pendidikan dan manajemen strategis pendidikan serta dapat menerapkannya dalam satuan pendidikan masing-masing

References

Banghart, F.W. & Trull, Jr., A. 1993. Educational Planning. New York: The Macmillan Company.  Sa’ud, U.S. & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.  Soenarya, E. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.  Lewis, J. Jr. 1983. Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc. Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi. Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponen, dan implementasi manajemen strategik.
 

Learning Outcomes

 Mahasiswa memahami konsep perencanaan pendidikan dan manajemen strategis pendidikan serta dapat menerapkannya dalam satuan pendidikan masing-masing

References

Banghart, F.W. & Trull, Jr., A. 1993. Educational Planning. New York: The Macmillan Company.  Sa’ud, U.S. & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.  Soenarya, E. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.  Lewis, J. Jr. 1983. Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc. Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi. Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponen, dan implementasi manajemen strategik.
 

Learning Outcomes

 Mahasiswa memahami konsep perencanaan pendidikan dan manajemen strategis pendidikan serta dapat menerapkannya dalam satuan pendidikan masing-masing

References

Banghart, F.W. & Trull, Jr., A. 1993. Educational Planning. New York: The Macmillan Company.  Sa’ud, U.S. & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.  Soenarya, E. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.  Lewis, J. Jr. 1983. Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc. Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi. Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
 


Details ...