Courser in English | EDUCATIONAL STRATEGIC DESIGN |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 3 SKS |
RPS | 40 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponen, dan implementasi manajemen strategik.
Mahasiswa memahami konsep perencanaan pendidikan dan manajemen strategis pendidikan serta dapat menerapkannya dalam satuan pendidikan masing-masing
ReferencesBanghart, F.W. & Trull, Jr., A. 1993. Educational Planning. New York: The Macmillan Company. Sa’ud, U.S. & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Soenarya, E. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Lewis, J. Jr. 1983. Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc. Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi. Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponen, dan implementasi manajemen strategik.
Mahasiswa memahami konsep perencanaan pendidikan dan manajemen strategis pendidikan serta dapat menerapkannya dalam satuan pendidikan masing-masing
ReferencesBanghart, F.W. & Trull, Jr., A. 1993. Educational Planning. New York: The Macmillan Company. Sa’ud, U.S. & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Soenarya, E. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Lewis, J. Jr. 1983. Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc. Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi. Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponen, dan implementasi manajemen strategik.
Mahasiswa memahami konsep perencanaan pendidikan dan manajemen strategis pendidikan serta dapat menerapkannya dalam satuan pendidikan masing-masing
ReferencesBanghart, F.W. & Trull, Jr., A. 1993. Educational Planning. New York: The Macmillan Company. Sa’ud, U.S. & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Soenarya, E. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Lewis, J. Jr. 1983. Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc. Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi. Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan.
Learning OutcomesTopik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponen, dan implementasi manajemen strategik.
References- Banghart, F.W. & Trull, Jr., A. 1993. Educational Planning. New York: The Macmillan Company.
- Coombs, Philip H. 1982. What is Educational Planning. Unesco International Institute for Educational Planning
- Sa’ud, U.S. & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Soenarya, E. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
- Lewis, J. Jr. 1983. Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc.
- Siagian, Sondang P. 1995. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.
- Suwarsono. 1996. Manajemen Strategik. Konsep dan Kasus. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
- Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi.
- Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
- Renstra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Masing-Masing Kabupaten (yang masih berlaku).
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan.
Learning OutcomesTopik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponen, dan implementasi manajemen strategik.
References- Banghart, F.W. & Trull, Jr., A. 1993. Educational Planning. New York: The Macmillan Company.
- Coombs, Philip H. 1982. What is Educational Planning. Unesco International Institute for Educational Planning
- Sa’ud, U.S. & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Soenarya, E. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
- Lewis, J. Jr. 1983. Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc.
- Siagian, Sondang P. 1995. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.
- Suwarsono. 1996. Manajemen Strategik. Konsep dan Kasus. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
- Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi.
- Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
- Renstra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Masing-Masing Kabupaten (yang masih berlaku).
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep perencanaan pendidikan, apllikasi perencanaan pendidikan, konsep manajemen strategik dan penerapannya dalam pendidikan.
Learning OutcomesTopik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: hakikat perencanaan pendidikan, tujuan dan fungsi perencanaan pendidikan, asas-asas perencanaan pendidikan, berbagai pendekatan perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponen, dan implementasi manajemen strategik.
References- Banghart, F.W. & Trull, Jr., A. 1993. Educational Planning. New York: The Macmillan Company.
- Coombs, Philip H. 1982. What is Educational Planning. Unesco International Institute for Educational Planning
- Sa’ud, U.S. & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Soenarya, E. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
- Lewis, J. Jr. 1983. Long-Range and Short-Range Planning for Educational Administrators. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc.
- Siagian, Sondang P. 1995. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.
- Suwarsono. 1996. Manajemen Strategik. Konsep dan Kasus. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
- Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi.
- Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
- Renstra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Masing-Masing Kabupaten (yang masih berlaku).
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang perencanaan strategik pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: konsep dasar perencanaan pendidikan, manajemen strategik pendidikan, model-model manajemen strategik pendidikan, konsep dasar perencanaan strategik pendidikan, langkah-langkah perencanaan streategik pendidikan, hubungan perencanaan strategik pendidikan dengan implementasi dan pengendalian strategik.pendidikan, dan praktik penyusunan Renstra (RKS) dan Renop (RKAS).
Learning Outcomes- Sikap
a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
c. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk menerapkan perencanaan strategik pendidikan
- Keterampilan Umum
- Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik untuk menerapkan perencanaan strategik pendidikan;
- Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis untuk menerapkan perencanaan strategik pendidikan.
- Keterampilan Khusus
Menguasai ketrampilan menyusun perencanaan strategik pendidikan berupa Renstra (RKS) dan Renop (RKAS).
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep dasar perencanaan pendidikan, manajemen strategik pendidikan, dan perencanaan strategik pendidikan.
References-
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang perencanaan strategik pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: konsep dasar perencanaan pendidikan, manajemen strategik pendidikan, model-model manajemen strategik pendidikan, konsep dasar perencanaan strategik pendidikan, langkah-langkah perencanaan streategik pendidikan, hubungan perencanaan strategik pendidikan dengan implementasi dan pengendalian strategik.pendidikan, dan menemukan masalah serta peemcahan masalah di bidang perencanaan strategik pendidikan.
Learning Outcomes- Sikap
a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
c. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk menerapkan perencanaan strategik pendidikan
- Keterampilan Umum
- Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik untuk menerapkan perencanaan strategik pendidikan;
- Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis untuk menerapkan perencanaan strategik pendidikan.
- Keterampilan Khusus
Menguasai ketrampilan menemukan masalah dan pemecahan masalah dalam bidang perencanaan strategik pendidikan.
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep dasar perencanaan pendidikan, manajemen strategik pendidikan, dan perencanaan strategik pendidikan.
References- Soegito, A.T. 2015. Manajemen Strategik. Semarang: UPGRIS Press.
- Soegito, A.T. 2013. Pergeseran Paradigma Manajemen Pendidikan. Semarang: Widya Karya
- Permendiknas No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Kemendikbud. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019.
- Imron, Ali. 2013. Rencana Kerja Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Utari, Rahmania. Modul Penyusunan RKAS.
- Kemendikbud. 2016. Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. Program Kepala Sekolah Pembelajar Tahun 2016. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
- Sumber refensi lain yang relevan (buku, jurnal, makalah, dll).
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang perencanaan strategik pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: konsep dasar perencanaan pendidikan, manajemen strategik pendidikan, model-model manajemen strategik pendidikan, konsep dasar perencanaan strategik pendidikan, langkah-langkah perencanaan streategik pendidikan, hubungan perencanaan strategik pendidikan dengan implementasi dan pengendalian strategik.pendidikan, dan menemukan masalah serta peemcahan masalah di bidang perencanaan strategik pendidikan
Learning Outcomes- Sikap
a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
c. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk menerapkan perencanaan strategik pendidikan
- Keterampilan Umum
- Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik untuk menerapkan perencanaan strategik pendidikan;
- Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis untuk menerapkan perencanaan strategik pendidikan.
- Keterampilan Khusus
Menguasai ketrampilan menemukan masalah dan pemecahan masalah dalam bidang perencanaan strategik pendidikan.
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep dasar perencanaan pendidikan, manajemen strategik pendidikan, dan perencanaan strategik pendidikan.
References- Soegito, A.T. 2015. Manajemen Strategik. Semarang: UPGRIS Press.
- Soegito, A.T. 2013. Pergeseran Paradigma Manajemen Pendidikan. Semarang: Widya Karya
- Permendiknas No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Kemendikbud. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019.
- Imron, Ali. 2013. Rencana Kerja Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Utari, Rahmania. Modul Penyusunan RKAS.
- Kemendikbud. 2016. Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. Program Kepala Sekolah Pembelajar Tahun 2016. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
- Sumber refensi lain yang relevan (buku, jurnal, makalah, dll).
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang perencanaan strategik pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: konsep dasar perencanaan pendidikan, manajemen strategik pendidikan, model-model manajemen strategik pendidikan, konsep dasar perencanaan strategik pendidikan, langkah-langkah perencanaan streategik pendidikan, hubungan perencanaan strategik pendidikan dengan implementasi dan pengendalian strategik.pendidikan, dan menemukan masalah serta peemcahan masalah di bidang perencanaan strategik pendidikan.
|
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah manajemen mutu pendidikan, mahasiswa mampu: |
||
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
|
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
|
|
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang perencanaan strategik pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: konsep dasar perencanaan pendidikan, manajemen strategik pendidikan, model-model manajemen strategik pendidikan, konsep dasar perencanaan strategik pendidikan, langkah-langkah perencanaan streategik pendidikan, hubungan perencanaan strategik pendidikan dengan implementasi dan pengendalian strategik.pendidikan, dan menemukan masalah serta peemcahan masalah di bidang perencanaan strategik pendidikan.
|
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah manajemen mutu pendidikan, mahasiswa mampu: |
||
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
|
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
|
|
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang perencanaan strategik pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: konsep dasar perencanaan pendidikan, manajemen strategik pendidikan, model-model manajemen strategik pendidikan, konsep dasar perencanaan strategik pendidikan, langkah-langkah perencanaan streategik pendidikan, hubungan perencanaan strategik pendidikan dengan implementasi dan pengendalian strategik.pendidikan, dan menemukan masalah serta peemcahan masalah di bidang perencanaan strategik pendidikan.
|
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah manajemen mutu pendidikan, mahasiswa mampu: |
||
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
|
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
|
|
Details ...