Magang II, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP II
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS41 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pelayanan) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan layanan bimbingan dan konseling, materi layanan dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil layanan dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pemberian layanan Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model layanan, materi layanan, dan penilaian untuk kepentingan layanan Bimbingan dan Konseling
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan layanan, penyelenggaraan layanan, evaluasi layanan dan pengelolaan layanan
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

References

Buku Pedoman Pelaksanaan Magang II Universitas PGRI Semarang


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pelayanan) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan layanan bimbingan dan konseling, materi layanan dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil layanan dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pemberian layanan Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model layanan, materi layanan, dan penilaian untuk kepentingan layanan Bimbingan dan Konseling
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan layanan, penyelenggaraan layanan, evaluasi layanan dan pengelolaan layanan
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

References

Buku Pedoman Pelaksanaan Magang II Universitas PGRI Semarang


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pelayanan) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan layanan bimbingan dan konseling, materi layanan dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil layanan dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pemberian layanan Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model layanan, materi layanan, dan penilaian untuk kepentingan layanan Bimbingan dan Konseling
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan layanan, penyelenggaraan layanan, evaluasi layanan dan pengelolaan layanan
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

References

Buku Pedoman Pelaksanaan Magang II Universitas PGRI Semarang


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran  dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

UU Guru dan Dosen

Permendiknas Tahun 2007 No. 16

Permen Tahun 2014 No. 049

Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24

Pedoman Magang II Kependidikan 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran  dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

UU Guru dan Dosen

Permendiknas Tahun 2007 No. 16

Permen Tahun 2014 No. 049

Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24

Pedoman Magang II Kependidikan 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran  dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

UU Guru dan Dosen

Permendiknas Tahun 2007 No. 16

Permen Tahun 2014 No. 049

Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24

Pedoman Magang II Kependidikan 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran  dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

UU Guru dan Dosen

Permendiknas Tahun 2007 No. 16

Permen Tahun 2014 No. 049

Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24

Pedoman Magang II Kependidikan 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran  dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

UU Guru dan Dosen

Permendiknas Tahun 2007 No. 16

Permen Tahun 2014 No. 049

Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24

Pedoman Magang II Kependidikan 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran  dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

UU Guru dan Dosen

Permendiknas Tahun 2007 No. 16

Permen Tahun 2014 No. 049

Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24

Pedoman Magang II Kependidikan 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki

seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga

mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki

seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga

mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

  1. UU Guru dan Dosen
  2. Permendiknas tahun 2007 No. 16
  3. Permen tahun 2014 No. 049
  4. Permendikbud tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24, 
  5. Pedoman Magang II Kependidikan 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki

seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga

mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

  1. UU Guru dan Dosen
  2. Permendiknas tahun 2007 No. 16
  3. Permen tahun 2014 No. 049
  4. Permendikbud tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24, 
  5. Pedoman Magang II Kependidikan 


Details ...