Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP II |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pelayanan) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan layanan bimbingan dan konseling, materi layanan dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil layanan dengan menerapkan teknologi informasi.
Learning Outcomes- Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pemberian layanan Bimbingan dan Konseling
- Mampu mengelola kurikulum
- Memilih secara adekuat pendekatan dan model layanan, materi layanan, dan penilaian untuk kepentingan layanan Bimbingan dan Konseling
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan layanan, penyelenggaraan layanan, evaluasi layanan dan pengelolaan layanan
- Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Buku Pedoman Pelaksanaan Magang II Universitas PGRI Semarang
Details ...
Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pelayanan) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan layanan bimbingan dan konseling, materi layanan dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil layanan dengan menerapkan teknologi informasi.
Learning Outcomes- Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pemberian layanan Bimbingan dan Konseling
- Mampu mengelola kurikulum
- Memilih secara adekuat pendekatan dan model layanan, materi layanan, dan penilaian untuk kepentingan layanan Bimbingan dan Konseling
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan layanan, penyelenggaraan layanan, evaluasi layanan dan pengelolaan layanan
- Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Buku Pedoman Pelaksanaan Magang II Universitas PGRI Semarang
Details ...
Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pelayanan) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan layanan bimbingan dan konseling, materi layanan dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil layanan dengan menerapkan teknologi informasi.
Learning Outcomes- Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pemberian layanan Bimbingan dan Konseling
- Mampu mengelola kurikulum
- Memilih secara adekuat pendekatan dan model layanan, materi layanan, dan penilaian untuk kepentingan layanan Bimbingan dan Konseling
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan layanan, penyelenggaraan layanan, evaluasi layanan dan pengelolaan layanan
- Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Buku Pedoman Pelaksanaan Magang II Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesUU Guru dan Dosen
Permendiknas Tahun 2007 No. 16
Permen Tahun 2014 No. 049
Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24
Pedoman Magang II Kependidikan
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesUU Guru dan Dosen
Permendiknas Tahun 2007 No. 16
Permen Tahun 2014 No. 049
Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24
Pedoman Magang II Kependidikan
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesUU Guru dan Dosen
Permendiknas Tahun 2007 No. 16
Permen Tahun 2014 No. 049
Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24
Pedoman Magang II Kependidikan
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesUU Guru dan Dosen
Permendiknas Tahun 2007 No. 16
Permen Tahun 2014 No. 049
Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24
Pedoman Magang II Kependidikan
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesUU Guru dan Dosen
Permendiknas Tahun 2007 No. 16
Permen Tahun 2014 No. 049
Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24
Pedoman Magang II Kependidikan
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta mempratikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian; 1) telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 2) mempresentasikan hasil kajian perangkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagpgik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesUU Guru dan Dosen
Permendiknas Tahun 2007 No. 16
Permen Tahun 2014 No. 049
Permendikbud Tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24
Pedoman Magang II Kependidikan
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References
-
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References
- UU Guru dan Dosen
- Permendiknas tahun 2007 No. 16
- Permen tahun 2014 No. 049
- Permendikbud tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24,
- Pedoman Magang II Kependidikan
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References
- UU Guru dan Dosen
- Permendiknas tahun 2007 No. 16
- Permen tahun 2014 No. 049
- Permendikbud tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24,
- Pedoman Magang II Kependidikan
Details ...