Courser in English | TEACHING PLAN OF MATHEMATICS |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 31 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika |
SIKAP(CPMK1):
PENGETAHUAN(CPMK2):
KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):
KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):
|
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS. |
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika |
SIKAP(CPMK1):
PENGETAHUAN(CPMK2):
KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):
KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):
|
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS. |
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika |
SIKAP(CPMK1):
PENGETAHUAN(CPMK2):
KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):
KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):
|
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS. |
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika |
SIKAP(CPMK1):
PENGETAHUAN(CPMK2):
KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):
KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):
|
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS. |
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika
Learning Outcomes
CPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah |
|
S3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila |
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S9 |
Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT |
Pa7 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU1 |
Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika |
KKb1 |
Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika |
CPL-MK |
|
SIKAP(CPMK1):
PENGETAHUAN(CPMK2):
KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):
KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):
|
Utama |
|
Olerton, Mike (2009). Panduan guru mengajar matemtaika. Jakarta: Penerbit Erlangga |
|
Pendukung |
|
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS. |
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika
Learning Outcomes
CPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah |
|
S3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila |
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S9 |
Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT |
Pa7 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU1 |
Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika |
KKb1 |
Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika |
CPL-MK |
|
SIKAP(CPMK1):
PENGETAHUAN(CPMK2):
KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):
KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):
|
Utama |
|
Olerton, Mike (2009). Panduan guru mengajar matemtaika. Jakarta: Penerbit Erlangga |
|
Pendukung |
|
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS. |
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika
Learning Outcomes
CPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah |
|
S3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila |
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S9 |
Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT |
Pa7 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU1 |
Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika |
KKb1 |
Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika |
CPL-MK |
|
SIKAP(CPMK1):
PENGETAHUAN(CPMK2):
KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):
KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):
|
Utama |
|
Olerton, Mike (2009). Panduan guru mengajar matemtaika. Jakarta: Penerbit Erlangga |
|
Pendukung |
|
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS. |
Details ...
Matakuliah PPM merupkan matakuliah kependidikan yang bertujuan untuk memprogramkan mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum
Learning Outcomes- memahami dan menguasai prinsip kurikulum dan menuangkannya dalam perencanaan pembelajaran dalam matematikayang progresif, tepat dan terukur;
- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam perencanaan pembelajaran dalam matematika.;
- Mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai tuntutan kompetensi secara holistik melalui berbagai alat penilaian baik manual dan digital
LAMPIRAN PERMENDIKBUD NO 20, 21, 22, 23, DAN 24 TAHUN 2016 DAN PEMEN NO 37 TH 2018
Kecakapan abad 21 dan literasi
Details ...
Matakuliah PPM merupkan matakuliah kependidikan yang bertujuan untuk memprogramkan mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum
Learning Outcomes- memahami dan menguasai prinsip kurikulum dan menuangkannya dalam perencanaan pembelajaran dalam matematikayang progresif, tepat dan terukur;
- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam perencanaan pembelajaran dalam matematika.;
- Mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai tuntutan kompetensi secara holistik melalui berbagai alat penilaian baik manual dan digital
LAMPIRAN PERMENDIKBUD NO 20, 21, 22, 23, DAN 24 TAHUN 2016 DAN PEMEN NO 37 TH 2018
Kecakapan abad 21 dan literasi
Details ...
Matakuliah PPM merupkan matakuliah kependidikan yang bertujuan untuk memprogramkan mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum
Learning Outcomes- memahami dan menguasai prinsip kurikulum dan menuangkannya dalam perencanaan pembelajaran dalam matematikayang progresif, tepat dan terukur;
- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam perencanaan pembelajaran dalam matematika.;
- Mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai tuntutan kompetensi secara holistik melalui berbagai alat penilaian baik manual dan digital
LAMPIRAN PERMENDIKBUD NO 20, 21, 22, 23, DAN 24 TAHUN 2016 DAN PEMEN NO 37 TH 2018
Kecakapan abad 21 dan literasi
Details ...
Matakuliah PPM merupkan matakuliah kependidikan yang bertujuan untuk memprogramkan mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum
Learning Outcomes- memahami dan menguasai prinsip kurikulum dan menuangkannya dalam perencanaan pembelajaran dalam matematikayang progresif, tepat dan terukur;
- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam perencanaan pembelajaran dalam matematika.;
- Mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai tuntutan kompetensi secara holistik melalui berbagai alat penilaian baik manual dan digital
LAMPIRAN PERMENDIKBUD NO 20, 21, 22, 23, DAN 24 TAHUN 2016 DAN PEMEN NO 37 TH 2018
Kecakapan abad 21 dan literasi
Details ...
Matakuliah PPM merupkan matakuliah kependidikan yang bertujuan untuk memprogramkan mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum
Learning Outcomes- memahami dan menguasai prinsip kurikulum dan menuangkannya dalam perencanaan pembelajaran dalam matematikayang progresif, tepat dan terukur;
- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam perencanaan pembelajaran dalam matematika.;
- Mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai tuntutan kompetensi secara holistik melalui berbagai alat penilaian baik manual dan digital
LAMPIRAN PERMENDIKBUD NO 20, 21, 22, 23, DAN 24 TAHUN 2016 DAN PEMEN NO 37 TH 2018
Kecakapan abad 21 dan literasi
Details ...