Perencanaan Pembelajaran Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTEACHING PLAN OF MATHEMATICS
ProgramPendidikan Matematika
SKS3 SKS
RPS31 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika

Learning Outcomes

SIKAP(CPMK1):

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
 
  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

PENGETAHUAN(CPMK2):

  1. Mampu menyusun perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri.

KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):

  1. Menerapkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri dan bertanggung jawab.
  2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):

  1. Menciptakan dan mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif.

References

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.
Suwangsih, E dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika

Learning Outcomes

SIKAP(CPMK1):

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
 
  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

PENGETAHUAN(CPMK2):

  1. Mampu menyusun perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri.

KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):

  1. Menerapkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri dan bertanggung jawab.
  2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):

  1. Menciptakan dan mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif.

References

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.
Suwangsih, E dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika

Learning Outcomes

SIKAP(CPMK1):

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
 
  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

PENGETAHUAN(CPMK2):

  1. Mampu menyusun perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri.

KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):

  1. Menerapkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri dan bertanggung jawab.
  2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):

  1. Menciptakan dan mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif.

References

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.
Suwangsih, E dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika

Learning Outcomes

SIKAP(CPMK1):

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
 
  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

PENGETAHUAN(CPMK2):

  1. Mampu menyusun perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri.

KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):

  1. Menerapkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri dan bertanggung jawab.
  2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):

  1. Menciptakan dan mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif.

References

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.
Suwangsih, E dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika

Learning Outcomes

CPL-PRODI  (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah        

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9

Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT

Pa7

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU1

Mampu mengaplikasikan IPTEK  dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika

KKb1

Mampu mengaplikasikan IPTEK  dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika

CPL-MK

 

SIKAP(CPMK1):

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
 
  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

PENGETAHUAN(CPMK2):

  1. Mampu menyusun perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri.

KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):

  1. Menerapkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri dan bertanggung jawab.
  2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):

  1. Menciptakan dan mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif.

References

Utama

 

Olerton, Mike (2009). Panduan guru mengajar matemtaika. Jakarta: Penerbit Erlangga

Pendukung

 

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.
Suwangsih, E dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika

Learning Outcomes

CPL-PRODI  (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah        

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9

Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT

Pa7

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU1

Mampu mengaplikasikan IPTEK  dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika

KKb1

Mampu mengaplikasikan IPTEK  dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika

CPL-MK

 

SIKAP(CPMK1):

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
 
  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

PENGETAHUAN(CPMK2):

  1. Mampu menyusun perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri.

KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):

  1. Menerapkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri dan bertanggung jawab.
  2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):

  1. Menciptakan dan mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif.

References

Utama

 

Olerton, Mike (2009). Panduan guru mengajar matemtaika. Jakarta: Penerbit Erlangga

Pendukung

 

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.
Suwangsih, E dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: merancang perencanaan pembelajaran matematika

Learning Outcomes

CPL-PRODI  (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah        

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9

Menguasai konsep yang terkait dengan supervisi dan evaluasi berbasis ICT

Pa7

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU1

Mampu mengaplikasikan IPTEK  dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika

KKb1

Mampu mengaplikasikan IPTEK  dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika

CPL-MK

 

SIKAP(CPMK1):

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
 
  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

PENGETAHUAN(CPMK2):

  1. Mampu menyusun perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri.

KETERAMPILAN UMUM(CPMK3):

  1. Menerapkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif serta menunjukkan kinerja mandiri dan bertanggung jawab.
  2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KETERAMPILAN KHUSUS(CPMK4):

  1. Menciptakan dan mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif.

References

Utama

 

Olerton, Mike (2009). Panduan guru mengajar matemtaika. Jakarta: Penerbit Erlangga

Pendukung

 

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.
Suwangsih, E dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah PPM merupkan matakuliah kependidikan yang bertujuan untuk memprogramkan mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum

Learning Outcomes

  1. memahami dan  menguasai prinsip kurikulum dan  menuangkannya dalam perencanaan pembelajaran dalam matematikayang progresif, tepat dan terukur;
  2. Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika;
  3. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif,  kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan  nilai-nilai karakter bangsa;
  4. Menggunakan kemampuan metakognitif dalam perencanaan pembelajaran dalam matematika.;
  5. Mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai tuntutan kompetensi secara holistik melalui berbagai alat penilaian baik manual  dan digital

References

LAMPIRAN PERMENDIKBUD NO 20212223, DAN 24 TAHUN 2016 DAN PEMEN NO 37 TH 2018

Kecakapan abad 21 dan literasi

Keterampilan matematis


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah PPM merupkan matakuliah kependidikan yang bertujuan untuk memprogramkan mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum

Learning Outcomes

  1. memahami dan  menguasai prinsip kurikulum dan  menuangkannya dalam perencanaan pembelajaran dalam matematikayang progresif, tepat dan terukur;
  2. Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika;
  3. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif,  kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan  nilai-nilai karakter bangsa;
  4. Menggunakan kemampuan metakognitif dalam perencanaan pembelajaran dalam matematika.;
  5. Mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai tuntutan kompetensi secara holistik melalui berbagai alat penilaian baik manual  dan digital

References

LAMPIRAN PERMENDIKBUD NO 20212223, DAN 24 TAHUN 2016 DAN PEMEN NO 37 TH 2018

Kecakapan abad 21 dan literasi

Keterampilan matematis


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah PPM merupkan matakuliah kependidikan yang bertujuan untuk memprogramkan mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum

Learning Outcomes

  1. memahami dan  menguasai prinsip kurikulum dan  menuangkannya dalam perencanaan pembelajaran dalam matematikayang progresif, tepat dan terukur;
  2. Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika;
  3. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif,  kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan  nilai-nilai karakter bangsa;
  4. Menggunakan kemampuan metakognitif dalam perencanaan pembelajaran dalam matematika.;
  5. Mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai tuntutan kompetensi secara holistik melalui berbagai alat penilaian baik manual  dan digital

References

LAMPIRAN PERMENDIKBUD NO 20212223, DAN 24 TAHUN 2016 DAN PEMEN NO 37 TH 2018

Kecakapan abad 21 dan literasi

Keterampilan matematis


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah PPM merupkan matakuliah kependidikan yang bertujuan untuk memprogramkan mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum

Learning Outcomes

  1. memahami dan  menguasai prinsip kurikulum dan  menuangkannya dalam perencanaan pembelajaran dalam matematikayang progresif, tepat dan terukur;
  2. Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika;
  3. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif,  kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan  nilai-nilai karakter bangsa;
  4. Menggunakan kemampuan metakognitif dalam perencanaan pembelajaran dalam matematika.;
  5. Mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai tuntutan kompetensi secara holistik melalui berbagai alat penilaian baik manual  dan digital

References

LAMPIRAN PERMENDIKBUD NO 20212223, DAN 24 TAHUN 2016 DAN PEMEN NO 37 TH 2018

Kecakapan abad 21 dan literasi

Keterampilan matematis


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah PPM merupkan matakuliah kependidikan yang bertujuan untuk memprogramkan mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum

Learning Outcomes

  1. memahami dan  menguasai prinsip kurikulum dan  menuangkannya dalam perencanaan pembelajaran dalam matematikayang progresif, tepat dan terukur;
  2. Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika;
  3. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi perencanaan pembelajaran dalam matematika yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif,  kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan  nilai-nilai karakter bangsa;
  4. Menggunakan kemampuan metakognitif dalam perencanaan pembelajaran dalam matematika.;
  5. Mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai tuntutan kompetensi secara holistik melalui berbagai alat penilaian baik manual  dan digital

References

LAMPIRAN PERMENDIKBUD NO 20212223, DAN 24 TAHUN 2016 DAN PEMEN NO 37 TH 2018

Kecakapan abad 21 dan literasi

Keterampilan matematis


Details ...