Courser in English | WRITING JUNIOR HIGH SCHOOL LEARNING MATERIAL |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dosen : 1. Dr. Ngatmini M.Pd , 2. Larasati S.Pd., M.Pd.
Mata kuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMP/Mts merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Topik bahasa matakuliah ini diawali dengan konsep bahan ajar SMP/Mts, dasar-dasar penyusunan teks bahan ajar SMP/MTs, dan ciri-ciri teks bahan ajar SMP/MTs. Harapannya, pada tahap awal, mahasiswa matang dengan konsep teks bahan ajar SMP/MTs sebagai bekal melakukan kajian yang lebih lanjut. Topik bahasan selanjutnya adalah teknik analisis teks bahan ajar SMP/MTs dan hubungan kurikulum dengan teks bahan ajar SMP/MTs. Sebagai langkah pemberian bekal analisis teks bahan ajar, pokok bahasan lanjutan yang diberikan adalah analisis teks bahan ajar SMP/MTs, dan penilaian teks bahan ajar SMP/MTs. Kemudian, sebagai inti dari pokok bahasan ini adalah kegiatan praktik menulis modul dan buku Teks SMP/MTs.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah konsep bahan ajar SMP/MTs secara teori dan aplikasi secara mandiri dengan penuh tanggung jawab baik secara lisan dan tulis (P4, , KU2, KK2, S9)
CPMK2 Menganalisis dasar-dasar penyusunan teks bahan ajar SMP/MTs, ciri-ciri teks bahan ajar SMP/MTs, dan Teknik analisis teks bahan ajar SMP/MTs secara logis, kritis, dan sistematis yang disesuaikan dengan konsep kebahasaan dan keterampilan berbahasa serta etika akademik (P1, KU1, KK1, S8)
CPMK3 Menelaah hubungan kurikulum dengan teks bahan ajar SMP/MTs sesuai prinsip-prinsip pedagogi secara lisan dan tulis dengan penuh tanggung jawab (P2, KU2, KK1, S9)
CPMK4 Membuat analisis dan penilaian teks bahan ajar SMP/MTs logis, kritis, sistematis dalam konteks akademik yang disinergikan dengan konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P4, KU1, KK1, S9)
CPMK5 Membuat teks bahan ajar SMP/MTs dengan mensinergikan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta nilai-nilai pedagogi secara mandiri dan tanggung jawab (P2, KU2, KK3, S9)
ReferencesDepdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA . Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas. Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA/SMK/MA . Semarang : IKIP Semarang Press.
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMP. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA/SMK/MA . Bandung : Angkasa. Beragam buku teks Bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA
Details ...
Mata kuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMP/Mts merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Topik bahasa matakuliah ini diawali dengan konsep bahan ajar SMP/Mts, dasar-dasar penyusunan teks bahan ajar SMP/MTs, dan ciri-ciri teks bahan ajar SMP/MTs. Harapannya, pada tahap awal, mahasiswa matang dengan konsep teks bahan ajar SMP/MTs sebagai bekal melakukan kajian yang lebih lanjut. Topik bahasan selanjutnya adalah teknik analisis teks bahan ajar SMP/MTs dan hubungan kurikulum dengan teks bahan ajar SMP/MTs. Sebagai langkah pemberian bekal analisis teks bahan ajar, pokok bahasan lanjutan yang diberikan adalah analisis teks bahan ajar SMP/MTs, dan penilaian teks bahan ajar SMP/MTs. Kemudian, sebagai inti dari pokok bahasan ini adalah kegiatan praktik menulis modul dan buku Teks SMP/MTs.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah konsep bahan ajar SMP/MTs secara teori dan aplikasi secara mandiri dengan penuh tanggung jawab baik secara lisan dan tulis (P4, , KU2, KK2, S9)
CPMK2 Menganalisis dasar-dasar penyusunan teks bahan ajar SMP/MTs, ciri-ciri teks bahan ajar SMP/MTs, dan Teknik analisis teks bahan ajar SMP/MTs secara logis, kritis, dan sistematis yang disesuaikan dengan konsep kebahasaan dan keterampilan berbahasa serta etika akademik (P1, KU1, KK1, S8)
CPMK3 Menelaah hubungan kurikulum dengan teks bahan ajar SMP/MTs sesuai prinsip-prinsip pedagogi secara lisan dan tulis dengan penuh tanggung jawab (P2, KU2, KK1, S9)
CPMK4 Membuat analisis dan penilaian teks bahan ajar SMP/MTs logis, kritis, sistematis dalam konteks akademik yang disinergikan dengan konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P4, KU1, KK1, S9)
CPMK5 Membuat teks bahan ajar SMP/MTs dengan mensinergikan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta nilai-nilai pedagogi secara mandiri dan tanggung jawab (P2, KU2, KK3, S9)
ReferencesDepdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA . Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas. Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA/SMK/MA . Semarang : IKIP Semarang Press.
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMP. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA/SMK/MA . Bandung : Angkasa. Beragam buku teks Bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA
Details ...
Mata kuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMP/Mts merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Topik bahasa matakuliah ini diawali dengan konsep bahan ajar SMP/Mts, dasar-dasar penyusunan teks bahan ajar SMP/MTs, dan ciri-ciri teks bahan ajar SMP/MTs. Harapannya, pada tahap awal, mahasiswa matang dengan konsep teks bahan ajar SMP/MTs sebagai bekal melakukan kajian yang lebih lanjut. Topik bahasan selanjutnya adalah teknik analisis teks bahan ajar SMP/MTs dan hubungan kurikulum dengan teks bahan ajar SMP/MTs. Sebagai langkah pemberian bekal analisis teks bahan ajar, pokok bahasan lanjutan yang diberikan adalah analisis teks bahan ajar SMP/MTs, dan penilaian teks bahan ajar SMP/MTs. Kemudian, sebagai inti dari pokok bahasan ini adalah kegiatan praktik menulis modul dan buku Teks SMP/MTs.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah konsep bahan ajar SMP/MTs secara teori dan aplikasi secara mandiri dengan penuh tanggung jawab baik secara lisan dan tulis (P4, , KU2, KK2, S9)
CPMK2 Menganalisis dasar-dasar penyusunan teks bahan ajar SMP/MTs, ciri-ciri teks bahan ajar SMP/MTs, dan Teknik analisis teks bahan ajar SMP/MTs secara logis, kritis, dan sistematis yang disesuaikan dengan konsep kebahasaan dan keterampilan berbahasa serta etika akademik (P1, KU1, KK1, S8)
CPMK3 Menelaah hubungan kurikulum dengan teks bahan ajar SMP/MTs sesuai prinsip-prinsip pedagogi secara lisan dan tulis dengan penuh tanggung jawab (P2, KU2, KK1, S9)
CPMK4 Membuat analisis dan penilaian teks bahan ajar SMP/MTs logis, kritis, sistematis dalam konteks akademik yang disinergikan dengan konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P4, KU1, KK1, S9)
CPMK5 Membuat teks bahan ajar SMP/MTs dengan mensinergikan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta nilai-nilai pedagogi secara mandiri dan tanggung jawab (P2, KU2, KK3, S9)
ReferencesDepdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA . Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas. Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA/SMK/MA . Semarang : IKIP Semarang Press.
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMP. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA/SMK/MA . Bandung : Angkasa. Beragam buku teks Bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA
Details ...
Mata kuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMP/Mts merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Topik bahasa matakuliah ini diawali dengan konsep bahan ajar SMP/Mts, dasar-dasar penyusunan teks bahan ajar SMP/MTs, dan ciri-ciri teks bahan ajar SMP/MTs. Harapannya, pada tahap awal, mahasiswa matang dengan konsep teks bahan ajar SMP/MTs sebagai bekal melakukan kajian yang lebih lanjut. Topik bahasan selanjutnya adalah teknik analisis teks bahan ajar SMP/MTs dan hubungan kurikulum dengan teks bahan ajar SMP/MTs. Sebagai langkah pemberian bekal analisis teks bahan ajar, pokok bahasan lanjutan yang diberikan adalah analisis teks bahan ajar SMP/MTs, dan penilaian teks bahan ajar SMP/MTs. Kemudian, sebagai inti dari pokok bahasan ini adalah kegiatan praktik menulis modul dan buku Teks SMP/MTs.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah konsep bahan ajar SMP/MTs secara teori dan aplikasi secara mandiri dengan penuh tanggung jawab baik secara lisan dan tulis (P4, , KU2, KK2, S9)
CPMK2 Menganalisis dasar-dasar penyusunan teks bahan ajar SMP/MTs, ciri-ciri teks bahan ajar SMP/MTs, dan Teknik analisis teks bahan ajar SMP/MTs secara logis, kritis, dan sistematis yang disesuaikan dengan konsep kebahasaan dan keterampilan berbahasa serta etika akademik (P1, KU1, KK1, S8)
CPMK3 Menelaah hubungan kurikulum dengan teks bahan ajar SMP/MTs sesuai prinsip-prinsip pedagogi secara lisan dan tulis dengan penuh tanggung jawab (P2, KU2, KK1, S9)
CPMK4 Membuat analisis dan penilaian teks bahan ajar SMP/MTs logis, kritis, sistematis dalam konteks akademik yang disinergikan dengan konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P4, KU1, KK1, S9)
CPMK5 Membuat teks bahan ajar SMP/MTs dengan mensinergikan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta nilai-nilai pedagogi secara mandiri dan tanggung jawab (P2, KU2, KK3, S9)
ReferencesDepdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA . Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas. Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA/SMK/MA . Semarang : IKIP Semarang Press.
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMP. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA/SMK/MA . Bandung : Angkasa. Beragam buku teks Bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA
Details ...
Dosen : 1. Larasati S.Pd., M.Pd. , 2. Dr. Ngatmini M.Pd
Dosen : 1. Dr. Ngatmini M.Pd , 2. Larasati S.Pd., M.Pd.
Mata kuliah ini mengkaji dan mengaplikasikan tentang dasar-dasar penyusunan buku teks SMP/MTs
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan terampil menulis buku teks SMP/MTs |
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMP/MTs . Semarang : IKIP Semarang Press. Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMP. Surakarta : Depdikbud RI, UNS. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMP/MTs . Bandung : Angkasa. |
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji dan mengaplikasikan tentang dasar-dasar penyusunan buku teks SMP/MTs
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan terampil menulis buku teks SMP/MTs |
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMP/MTs . Semarang : IKIP Semarang Press. Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMP. Surakarta : Depdikbud RI, UNS. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMP/MTs . Bandung : Angkasa. |
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji dan mengaplikasikan tentang dasar-dasar penyusunan buku teks SMP/MTs
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan terampil menulis buku teks SMP/MTs |
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMP/MTs . Semarang : IKIP Semarang Press. Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMP. Surakarta : Depdikbud RI, UNS. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMP/MTs . Bandung : Angkasa. |
Details ...