Courser in English | WRITING JUNIOR HIGH SCHOOL LEARNING MATERIAL |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah menulis teks bahan ajar SMP/MTS merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan Menyusun teks bahan ajar inovatif dan bersifat kekinian. Pada mata kuliah ini diperlukan penguasaan terhadap kemampuan menentukan bentuk interaksi belajar mengajar yang akan dijadikan konten teks bahan ajar, sekaligus strategi pilihan untuk pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum serta khusus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa buku teks bahan ajar untuk tingkat SMP/MTs.
Learning Outcomes
Capaian PembelajaranMata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMP/MTS,mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis konsep, prinsip, ragam, dan Teknik menyusun teks bahan ajar untuk difungsikan di dalam pembelajaran sesuai kurikulum dengan penuh kesungguhan sebagai kontribusi pada keilmuan(S3, P1, KU1, KK14). |
|
CPMK2 |
Mengimplementasikan hasil pemahaman konsep penulisan teks bahan ajar untuk pembelajaran di tingkat SMA/SMK/ MA dalam bentuk identifikasi karakteristik teks bahan ajar Bahasa dan sastra Indonesia berbasis kompetensi dan sesuai standar nasional Pendidikan dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1, KU4, KK16). |
|
CPMK3 |
Mengembangkan konten dan muatan pada berbagai jenis teks bahan ajar yang sesuai dengan SNP dan dasar kompetensi capaian dalam proses pembelajaran di SMP/MTS dengan penuh tanggungjawab (S9, P3, KU4, KK15). |
|
CPMK4 |
Menyusun konsep dan metode pembelajaran sebagai rancangan teks bahan Ajar sesuai dengan SNP yang harus dipenuhi dengan penuh tanggungjawab dalam susunan teks bahan ajar (S9, P3, P5, KU4, KK15, KK16). |
|
CPMK5 |
Mengevaluasi pencapaian hasil penyusunan sesuai dengan prinsip dan prosedur penulisan teks bahan ajar secara bertanggung jawab (S9, P3, P6, KU7, KK12, KK14). |
|
CPMK6 |
Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada penyusunan buku teks bahan ajar untuk SMP/MTS dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis secara mandiri (S10, P6, KU9, KK15, KK16). |
- Achmadi. (2008). Tata Saji Buku Ajar. Jakarta: Pelatihan Penulisan Buku Ajar.
- Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Buku Satu. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
- Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
- BSNP. (2006). Instrumen penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
- Degeng. (2001). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
- Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas. 90
- Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: DikmenumDepdiknas
- Depdiknas. (2008). Pengembangan Buku teks pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
- Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
- Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 20 Jakarta: Kemendikbud.
- Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual melalui Konsep dan Aplikasi.
- Bandung: PT Refika Aditama.
- Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
- Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
- Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
- Muslich dan Sri Iswati. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
- Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Details ...