Courser in English | Cognitive Development Method |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 18 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Perkembangan kognitif berhubungan langsung dengan perkembangan berpikir. Perkembangan berpikir anak yang harus dicapai salah satunya adalah dalam hal perkembangan berpikir simbolik. Pada perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya.
Mata kuliah ini dititikberatkan pada Stimulasi 7 syaraf sensori utama pada anak, berdasarkan teori utama: Piaget, sara Smilansky, Montessori, Ki Hajar Dewantara, Hoeard Gardner, dan lain sebagainya
Learning OutcomesKeterampilan Mahasiswa dalam menstimulasi dan mendeteksi metode pengembangan kognitif.
ReferencesCopley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
Details ...
Perkembangan kognitif berhubungan langsung dengan perkembangan berpikir. Perkembangan berpikir anak yang harus dicapai salah satunya adalah dalam hal perkembangan berpikir simbolik. Pada perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya.
Mata kuliah ini dititikberatkan pada Stimulasi 7 syaraf sensori utama pada anak, berdasarkan teori utama: Piaget, sara Smilansky, Montessori, Ki Hajar Dewantara, Hoeard Gardner, dan lain sebagainya
Learning OutcomesKeterampilan Mahasiswa dalam menstimulasi dan mendeteksi metode pengembangan kognitif.
ReferencesCopley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
Details ...
Perkembangan kognitif berhubungan langsung dengan perkembangan berpikir. Perkembangan berpikir anak yang harus dicapai salah satunya adalah dalam hal perkembangan berpikir simbolik. Pada perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya.
Mata kuliah ini dititikberatkan pada Stimulasi 7 syaraf sensori utama pada anak, berdasarkan teori utama: Piaget, sara Smilansky, Montessori, Ki Hajar Dewantara, Hoeard Gardner, dan lain sebagainya
Learning OutcomesKeterampilan Mahasiswa dalam menstimulasi dan mendeteksi metode pengembangan kognitif.
ReferencesCopley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
Details ...
Perkembangan kognitif berhubungan langsung dengan perkembangan berpikir. Perkembangan berpikir anak yang harus dicapai salah satunya adalah dalam hal perkembangan berpikir simbolik. Pada perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya.
Mata kuliah ini dititikberatkan pada Stimulasi 7 syaraf sensori utama pada anak, berdasarkan teori utama: Piaget, sara Smilansky, Montessori, Ki Hajar Dewantara, Hoeard Gardner, dan lain sebagainya
Learning OutcomesKeterampilan Mahasiswa dalam menstimulasi dan mendeteksi metode pengembangan kognitif.
ReferencesCopley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
Details ...
Perkembangan kognitif berhubungan langsung dengan perkembangan berpikir. Perkembangan berpikir anak yang harus dicapai salah satunya adalah dalam hal perkembangan berpikir simbolik. Pada perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya.
Mata kuliah ini dititikberatkan pada Stimulasi 7 syaraf sensori utama pada anak, berdasarkan teori utama: Piaget, sara Smilansky, Montessori, Ki Hajar Dewantara, Hoeard Gardner, dan lain sebagainya
Learning OutcomesKeterampilan Mahasiswa dalam menstimulasi dan mendeteksi metode pengembangan kognitif.
ReferencesCopley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini.
References-
- Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
- Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
- Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini.
References-
- Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
- Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
- Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,
Details ...