Metodologi Pengembangan Kognitif, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCognitive Development Method
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Perkembangan kognitif berhubungan langsung dengan perkembangan berpikir. Perkembangan berpikir anak yang harus dicapai salah satunya adalah dalam hal perkembangan berpikir simbolik. Pada perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya.

Mata kuliah ini dititikberatkan pada Stimulasi 7 syaraf sensori utama pada anak, berdasarkan teori utama: Piaget, sara Smilansky, Montessori, Ki Hajar Dewantara, Hoeard Gardner, dan lain sebagainya

Learning Outcomes

Keterampilan Mahasiswa dalam menstimulasi dan mendeteksi metode pengembangan kognitif.

References

Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey

Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.


Details ...
Course Descriptions

Perkembangan kognitif berhubungan langsung dengan perkembangan berpikir. Perkembangan berpikir anak yang harus dicapai salah satunya adalah dalam hal perkembangan berpikir simbolik. Pada perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya.

Mata kuliah ini dititikberatkan pada Stimulasi 7 syaraf sensori utama pada anak, berdasarkan teori utama: Piaget, sara Smilansky, Montessori, Ki Hajar Dewantara, Hoeard Gardner, dan lain sebagainya

Learning Outcomes

Keterampilan Mahasiswa dalam menstimulasi dan mendeteksi metode pengembangan kognitif.

References

Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey

Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.


Details ...
Course Descriptions

Perkembangan kognitif berhubungan langsung dengan perkembangan berpikir. Perkembangan berpikir anak yang harus dicapai salah satunya adalah dalam hal perkembangan berpikir simbolik. Pada perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya.

Mata kuliah ini dititikberatkan pada Stimulasi 7 syaraf sensori utama pada anak, berdasarkan teori utama: Piaget, sara Smilansky, Montessori, Ki Hajar Dewantara, Hoeard Gardner, dan lain sebagainya

Learning Outcomes

Keterampilan Mahasiswa dalam menstimulasi dan mendeteksi metode pengembangan kognitif.

References

Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey

Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.


Details ...
Course Descriptions

Perkembangan kognitif berhubungan langsung dengan perkembangan berpikir. Perkembangan berpikir anak yang harus dicapai salah satunya adalah dalam hal perkembangan berpikir simbolik. Pada perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya.

Mata kuliah ini dititikberatkan pada Stimulasi 7 syaraf sensori utama pada anak, berdasarkan teori utama: Piaget, sara Smilansky, Montessori, Ki Hajar Dewantara, Hoeard Gardner, dan lain sebagainya

Learning Outcomes

Keterampilan Mahasiswa dalam menstimulasi dan mendeteksi metode pengembangan kognitif.

References

Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey

Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.


Details ...
Course Descriptions

Perkembangan kognitif berhubungan langsung dengan perkembangan berpikir. Perkembangan berpikir anak yang harus dicapai salah satunya adalah dalam hal perkembangan berpikir simbolik. Pada perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu yang tidak ada dihadapannya.

Mata kuliah ini dititikberatkan pada Stimulasi 7 syaraf sensori utama pada anak, berdasarkan teori utama: Piaget, sara Smilansky, Montessori, Ki Hajar Dewantara, Hoeard Gardner, dan lain sebagainya

Learning Outcomes

Keterampilan Mahasiswa dalam menstimulasi dan mendeteksi metode pengembangan kognitif.

References

Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey

Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini.

References

    1. Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
    2. Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
    3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini.

References

    1. Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
    2. Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
    3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...