Metodologi Pengembangan Kognitif, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCognitive Development Method
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini.

References

    1. Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
    2. Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
    3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini.

References

    1. Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
    2. Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
    3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini.

References

    1. Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
    2. Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
    3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini.

References

    1. Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
    2. Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
    3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud. 

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini. 

References

Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud. 

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini. 

References

Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini.

References

  1. Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
  2. Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
  3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini.

References

  1. Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
  2. Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
  3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini,

pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru

dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori

pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada

anak usia dini.

References

Rosalind CharlesWorth, Experience in Math for Ypung Children 2005 Thomson

Juanita V. Copley: The Young Child and Mathemathics ; Washington DC. 2000


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep kognitif dalam pendidikan anak usia dini yang mencakup teori pemerolehan pengetahuan anak usia dini, pandangan para ahli tentang kognitif, teori kognitif brunner, piaget, Vygotsky, Guildford dan Gardner, klasifikasi pengembangan kognitif, peran guru dalam pengembangan kognitif aud, media pengembangan kognitif aud, dan evaluasi pembelajaran kognitif aud.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif, mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitif pada anak usia dini

References

    1. Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey
    2. Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.
    3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...