Kemampuan Berbahasa Indonesia, Curriculum : 2020


Courser in EnglishINDONESIAN LANGAUGE PERFORMANCE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

References

Buku Teks (buku wajib)

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

Buku Acuan (anjuran)

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

uMata kuliah ini berisi tentang materi kemampuan berbahasa, empat ranah kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis), dan apresiasi sastra anak

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

  1. Memahami konsep berbahasa indonesia yang baik dan benar
  2. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menyimak
  3. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan berbicara
  4. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan membaca
  5. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menulis
  6. Memahami konsep apresiasi sastra
  7. Memahami konsep analisis karya sastra: prosa, puisi, drama
  8. Memahami konsep folklore

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.


Details ...