Courser in English | INDONESIAN LANGAUGE PERFORMANCE |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Buku Teks (buku wajib) |
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
|
Buku Acuan (anjuran) |
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
|
Details ...
Mahasiswa mampu:
- Memahami konsep berbahasa indonesia yang baik dan benar
- Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menyimak
- Memahami konsep kebahasaan: kemampuan berbicara
- Memahami konsep kebahasaan: kemampuan membaca
- Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menulis
- Memahami konsep apresiasi sastra
- Memahami konsep analisis karya sastra: prosa, puisi, drama
- Memahami konsep folklore
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Details ...