Kemampuan Berbahasa Indonesia, Curriculum : 2020


Courser in EnglishINDONESIAN LANGAUGE PERFORMANCE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

uMata kuliah ini berisi tentang materi kemampuan berbahasa, empat ranah kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis), dan apresiasi sastra anak

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

  1. Memahami konsep berbahasa indonesia yang baik dan benar
  2. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menyimak
  3. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan berbicara
  4. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan membaca
  5. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menulis
  6. Memahami konsep apresiasi sastra
  7. Memahami konsep analisis karya sastra: prosa, puisi, drama
  8. Memahami konsep folklore

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.


Details ...
Course Descriptions

uMata kuliah ini berisi tentang materi kemampuan berbahasa, empat ranah kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis), dan apresiasi sastra anak

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

  1. Memahami konsep berbahasa indonesia yang baik dan benar
  2. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menyimak
  3. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan berbicara
  4. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan membaca
  5. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menulis
  6. Memahami konsep apresiasi sastra
  7. Memahami konsep analisis karya sastra: prosa, puisi, drama
  8. Memahami konsep folklore

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.


Details ...
Course Descriptions

uMata kuliah ini berisi tentang materi kemampuan berbahasa, empat ranah kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis), dan apresiasi sastra anak

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

  1. Memahami konsep berbahasa indonesia yang baik dan benar
  2. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menyimak
  3. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan berbicara
  4. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan membaca
  5. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menulis
  6. Memahami konsep apresiasi sastra
  7. Memahami konsep analisis karya sastra: prosa, puisi, drama
  8. Memahami konsep folklore

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.


Details ...
Course Descriptions

uMata kuliah ini berisi tentang materi kemampuan berbahasa, empat ranah kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis), dan apresiasi sastra anak

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

  1. Memahami konsep berbahasa indonesia yang baik dan benar
  2. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menyimak
  3. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan berbicara
  4. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan membaca
  5. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menulis
  6. Memahami konsep apresiasi sastra
  7. Memahami konsep analisis karya sastra: prosa, puisi, drama
  8. Memahami konsep folklore

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.


Details ...
Course Descriptions

uMata kuliah ini berisi tentang materi kemampuan berbahasa, empat ranah kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis), dan apresiasi sastra anak

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

  1. Memahami konsep berbahasa indonesia yang baik dan benar
  2. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menyimak
  3. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan berbicara
  4. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan membaca
  5. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menulis
  6. Memahami konsep apresiasi sastra
  7. Memahami konsep analisis karya sastra: prosa, puisi, drama
  8. Memahami konsep folklore

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.


Details ...
Course Descriptions

uMata kuliah ini berisi tentang materi kemampuan berbahasa, empat ranah kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis), dan apresiasi sastra anak

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

  1. Memahami konsep berbahasa indonesia yang baik dan benar
  2. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menyimak
  3. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan berbicara
  4. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan membaca
  5. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menulis
  6. Memahami konsep apresiasi sastra
  7. Memahami konsep analisis karya sastra: prosa, puisi, drama
  8. Memahami konsep folklore

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.


Details ...
Course Descriptions

uMata kuliah ini berisi tentang materi kemampuan berbahasa, empat ranah kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis), dan apresiasi sastra anak

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

  1. Memahami konsep berbahasa indonesia yang baik dan benar
  2. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menyimak
  3. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan berbicara
  4. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan membaca
  5. Memahami konsep kebahasaan: kemampuan menulis
  6. Memahami konsep apresiasi sastra
  7. Memahami konsep analisis karya sastra: prosa, puisi, drama
  8. Memahami konsep folklore

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.


Details ...