Courser in English | MASS MEDIA WRITING |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 22 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Kajian terhadap komponen-komponen keterampilan menulis jurnalistik.
Learning OutcomesUntuk meningkatkan pemahaman terhadap konsep menulis bentuk dan jenis tulisan jurnalistik yang meliputi bentuk tulisan berita, laporan /reportase, feature/cerita, opini/artikel, tajuk/editorial, dan kolom/refleksi
ReferencesAhmadi, Muksin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Berapresiasi Sastra. Malang: YA3 Malang.
Alwi, H. et al. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Depdikbud.
Anwar, Rosihan. 1991. Bahasa Jurnalistik dan Komposisi. Jakarta : Pradnya Paramita.
Assegaf, Djafar, H. 1991. Jurnalistik Masa Kini : Pengantar ke Praktik Kewartawanan. Cetakan ke-3 Jakarta : Graha Indonesia.
Barus, Sidia Willing. 1996. Jurnalistik Petunjuk Praktis Menulis Berita. Jakarta : Mini Jaya Abadi
Djawoto. 1959. Djurnalistik dalam Praktik. Jakarta : Yayasan Kantor Berita Antara.
Jacob Oetama. 1987. Perspektif Pers Indonesia. Jakarta : LP3ES.
Junaedhi, Kurniawan. 1991. Ensiklopedi Pers Indonesia. Jakrta : Gramedia Pustaka Utama.
Lubis, Mochtar. 1963. Pers dan Wartawan. Jakarta : PN Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1981. Teknik Mengarang. Jakarta: Nunung Jaya.
Lubis, Mochtar. 1997. Sastra dan Tekniknya. Jakarta: Yayasan Obor.
Muhtadi, Asep Saeful. 1999. Jurnalistik Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta : Logos.
Subrata. 1997. “Penggunaan Bahasa Jurnalistik pada Media Massa : Pendekatan Empiris dalam Sudaryanto dan Sulistiyo (eds) Ragam Bahasa Jurnalistik dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Semarang : Citra Almamater.
Semi, Atar M. 1990. Menulis Efektif. Padang:Angkasa Raya.
Sudaryanto dan Sulistiyo (eds). 1997. Ragam Bahasa Jurnalistik dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Semarang: Citra Almamater.
Sumanang. 1952. Beberapa Soal tentang Pers dan Jurnalistik. Jakarta : Balai Pustaka.
Details ...
Kajian terhadap komponen-komponen keterampilan menulis jurnalistik.
Learning OutcomesUntuk meningkatkan pemahaman terhadap konsep menulis bentuk dan jenis tulisan jurnalistik yang meliputi bentuk tulisan berita, laporan /reportase, feature/cerita, opini/artikel, tajuk/editorial, dan kolom/refleksi
ReferencesAhmadi, Muksin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Berapresiasi Sastra. Malang: YA3 Malang.
Alwi, H. et al. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Depdikbud.
Anwar, Rosihan. 1991. Bahasa Jurnalistik dan Komposisi. Jakarta : Pradnya Paramita.
Assegaf, Djafar, H. 1991. Jurnalistik Masa Kini : Pengantar ke Praktik Kewartawanan. Cetakan ke-3 Jakarta : Graha Indonesia.
Barus, Sidia Willing. 1996. Jurnalistik Petunjuk Praktis Menulis Berita. Jakarta : Mini Jaya Abadi
Djawoto. 1959. Djurnalistik dalam Praktik. Jakarta : Yayasan Kantor Berita Antara.
Jacob Oetama. 1987. Perspektif Pers Indonesia. Jakarta : LP3ES.
Junaedhi, Kurniawan. 1991. Ensiklopedi Pers Indonesia. Jakrta : Gramedia Pustaka Utama.
Lubis, Mochtar. 1963. Pers dan Wartawan. Jakarta : PN Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1981. Teknik Mengarang. Jakarta: Nunung Jaya.
Lubis, Mochtar. 1997. Sastra dan Tekniknya. Jakarta: Yayasan Obor.
Muhtadi, Asep Saeful. 1999. Jurnalistik Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta : Logos.
Subrata. 1997. “Penggunaan Bahasa Jurnalistik pada Media Massa : Pendekatan Empiris dalam Sudaryanto dan Sulistiyo (eds) Ragam Bahasa Jurnalistik dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Semarang : Citra Almamater.
Semi, Atar M. 1990. Menulis Efektif. Padang:Angkasa Raya.
Sudaryanto dan Sulistiyo (eds). 1997. Ragam Bahasa Jurnalistik dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Semarang: Citra Almamater.
Sumanang. 1952. Beberapa Soal tentang Pers dan Jurnalistik. Jakarta : Balai Pustaka.
Details ...
Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata Kuliah ini dirancang secara khusus untuk membekali mahasiswa dalam bidang penulisan jurnalistik.
Learning Outcomes
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam menulis bidang jurnalistik.
ReferencesIshwara, Luwi.2000. Jurnalisme. Jakarta: Kompas.
___________. 2005. Catatan Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas.
Tebba. Sudirman. 2005. Jurnalistik Baru. Jakarta: Kalam Indonesia.
Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama kusumaningrat. 2006. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiati, Eni. 2005. Ragam Jurnalistik Baru dalam Pemberitaan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Details ...
Mata Kuliah ini dirancang secara khusus untuk membekali mahasiswa dalam bidang penulisan jurnalistik.
Learning Outcomes
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam menulis bidang jurnalistik.
ReferencesIshwara, Luwi.2000. Jurnalisme. Jakarta: Kompas.
___________. 2005. Catatan Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas.
Tebba. Sudirman. 2005. Jurnalistik Baru. Jakarta: Kalam Indonesia.
Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama kusumaningrat. 2006. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiati, Eni. 2005. Ragam Jurnalistik Baru dalam Pemberitaan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Details ...
Mata Kuliah ini dirancang secara khusus untuk membekali mahasiswa dalam bidang penulisan jurnalistik.
Learning Outcomes
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam menulis bidang jurnalistik.
ReferencesIshwara, Luwi.2000. Jurnalisme. Jakarta: Kompas.
___________. 2005. Catatan Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas.
Tebba. Sudirman. 2005. Jurnalistik Baru. Jakarta: Kalam Indonesia.
Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama kusumaningrat. 2006. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiati, Eni. 2005. Ragam Jurnalistik Baru dalam Pemberitaan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Details ...
Perkuliahan ini meliputi teori, petunjuk keterampilan, dan pembinaan sikap ihwal menulis karya populer. Materinya meliputi pengertian tulisan populer, kiat menulis di media massa, kategori tulisan, batasan, macam-macam, teknik, dan praktik menulis berita, feature, artikel, resensi buku, kolom, tajuk, dan surat pembaca.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus:
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai teknik publikasi dan pemasaran karya tulis melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Perkuliahan ini meliputi teori, petunjuk keterampilan, dan pembinaan sikap ihwal menulis karya populer. Materinya meliputi pengertian tulisan populer, kiat menulis di media massa, kategori tulisan, batasan, macam-macam, teknik, dan praktik menulis berita, feature, artikel, resensi buku, kolom, tajuk, dan surat pembaca.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus:
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai teknik publikasi dan pemasaran karya tulis melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Perkuliahan ini meliputi teori, petunjuk keterampilan, dan pembinaan sikap ihwal menulis karya populer. Materinya meliputi pengertian tulisan populer, kiat menulis di media massa, kategori tulisan, batasan, macam-macam, teknik, dan praktik menulis berita, feature, artikel, resensi buku, kolom, tajuk, dan surat pembaca.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus:
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai teknik publikasi dan pemasaran karya tulis melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...