Courser in English | MASS MEDIA WRITING |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 22 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Perkuliahan ini meliputi pendekatan, strategi, metode, teknik, model, dan aplikasi bidang jurnalistik. Materi kuliah meliputi Sejarah Jurnalistik, Teknik Reportase, Penulisan Berita, dan produksi/magang jurnalistik.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu |
|
CPMK1 |
Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam bidang jurnalistik massa serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S8, K12). |
|
CPMK2 |
Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan serta mampu mempraktikkan/memproduksi berbagai media massa dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KK13, KK14). |
|
CPMK3 |
Terampil menyusun struktur tulisan yang baik serta mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam upaya kemampuan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2, KU9, KK15). |
|
CPMK4 |
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam bidang jurnalistik serta mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (S11, KU1). |
|
CPMK5 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan (S10, KU6) |
|
CPMK6 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (P6, KU5). |
Ishwara, Luwi. 2011. Jurnalisme Dasar (Seri Jurnalistik Kompas). Jakarta: Kompas.
Wismanto, Agus.2012. Materi Ajar Dasar-dasar Jurnalistik. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Details ...
Perkuliahan ini meliputi pendekatan, strategi, metode, teknik, model, dan aplikasi bidang jurnalistik. Materi kuliah meliputi Sejarah Jurnalistik, Teknik Reportase, Penulisan Berita, dan produksi/magang jurnalistik.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu |
|
CPMK1 |
Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam bidang jurnalistik massa serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S8, K12). |
|
CPMK2 |
Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan serta mampu mempraktikkan/memproduksi berbagai media massa dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KK13, KK14). |
|
CPMK3 |
Terampil menyusun struktur tulisan yang baik serta mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam upaya kemampuan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2, KU9, KK15). |
|
CPMK4 |
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam bidang jurnalistik serta mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (S11, KU1). |
|
CPMK5 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan (S10, KU6) |
|
CPMK6 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (P6, KU5). |
Ishwara, Luwi. 2011. Jurnalisme Dasar (Seri Jurnalistik Kompas). Jakarta: Kompas.
Wismanto, Agus.2012. Materi Ajar Dasar-dasar Jurnalistik. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Details ...
Perkuliahan ini meliputi pendekatan, strategi, metode, teknik, model, dan aplikasi bidang jurnalistik. Materi kuliah meliputi Sejarah Jurnalistik, Teknik Reportase, Penulisan Berita, dan produksi/magang jurnalistik.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu |
|
CPMK1 |
Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam bidang jurnalistik massa serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S8, K12). |
|
CPMK2 |
Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan serta mampu mempraktikkan/memproduksi berbagai media massa dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KK13, KK14). |
|
CPMK3 |
Terampil menyusun struktur tulisan yang baik serta mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam upaya kemampuan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2, KU9, KK15). |
|
CPMK4 |
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam bidang jurnalistik serta mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (S11, KU1). |
|
CPMK5 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan (S10, KU6) |
|
CPMK6 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (P6, KU5). |
Ishwara, Luwi. 2011. Jurnalisme Dasar (Seri Jurnalistik Kompas). Jakarta: Kompas.
Wismanto, Agus.2012. Materi Ajar Dasar-dasar Jurnalistik. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori dan praktik menulis untuk media massa. Berbagai jenis tulisan di media massa tersebut meliputi: berita, editorial, opini, tokoh / sosok, kolom, dan feature.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mempublikasikan berbagai jenis tulisan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori dan praktik menulis untuk media massa. Berbagai jenis tulisan di media massa tersebut meliputi: berita, editorial, opini, tokoh / sosok, kolom, dan feature.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mempublikasikan berbagai jenis tulisan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori dan praktik menulis untuk media massa. Berbagai jenis tulisan di media massa tersebut meliputi: berita, editorial, opini, tokoh / sosok, kolom, dan feature.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mempublikasikan berbagai jenis tulisan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori dan praktik menulis untuk media massa. Berbagai jenis tulisan di media massa tersebut meliputi: berita, editorial, opini, tokoh / sosok, kolom, dan feature.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mempublikasikan berbagai jenis tulisan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
ReferencesKuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga
Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.
Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas
Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.
Details ...