Penulisan media massa, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMASS MEDIA WRITING
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS22 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Perkuliahan ini meliputi pendekatan, strategi, metode, teknik, model, dan aplikasi bidang jurnalistik. Materi kuliah meliputi Sejarah Jurnalistik, Teknik Reportase, Penulisan Berita, dan produksi/magang jurnalistik.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu

CPMK1

Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam bidang jurnalistik massa serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S8, K12).

CPMK2

Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan serta mampu mempraktikkan/memproduksi berbagai media massa dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KK13, KK14).

CPMK3

Terampil menyusun struktur tulisan yang baik serta mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam upaya kemampuan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2, KU9, KK15).

CPMK4

Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam bidang jurnalistik serta mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (S11, KU1).

CPMK5

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan (S10, KU6)

CPMK6

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (P6, KU5).

References

Ishwara, Luwi. 2011. Jurnalisme Dasar (Seri Jurnalistik Kompas). Jakarta: Kompas.

Wismanto, Agus.2012. Materi Ajar Dasar-dasar Jurnalistik. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini meliputi pendekatan, strategi, metode, teknik, model, dan aplikasi bidang jurnalistik. Materi kuliah meliputi Sejarah Jurnalistik, Teknik Reportase, Penulisan Berita, dan produksi/magang jurnalistik.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu

CPMK1

Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam bidang jurnalistik massa serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S8, K12).

CPMK2

Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan serta mampu mempraktikkan/memproduksi berbagai media massa dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KK13, KK14).

CPMK3

Terampil menyusun struktur tulisan yang baik serta mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam upaya kemampuan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2, KU9, KK15).

CPMK4

Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam bidang jurnalistik serta mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (S11, KU1).

CPMK5

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan (S10, KU6)

CPMK6

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (P6, KU5).

References

Ishwara, Luwi. 2011. Jurnalisme Dasar (Seri Jurnalistik Kompas). Jakarta: Kompas.

Wismanto, Agus.2012. Materi Ajar Dasar-dasar Jurnalistik. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini meliputi pendekatan, strategi, metode, teknik, model, dan aplikasi bidang jurnalistik. Materi kuliah meliputi Sejarah Jurnalistik, Teknik Reportase, Penulisan Berita, dan produksi/magang jurnalistik.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu

CPMK1

Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam bidang jurnalistik massa serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S8, K12).

CPMK2

Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan serta mampu mempraktikkan/memproduksi berbagai media massa dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KK13, KK14).

CPMK3

Terampil menyusun struktur tulisan yang baik serta mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam upaya kemampuan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2, KU9, KK15).

CPMK4

Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam bidang jurnalistik serta mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (S11, KU1).

CPMK5

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan (S10, KU6)

CPMK6

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (P6, KU5).

References

Ishwara, Luwi. 2011. Jurnalisme Dasar (Seri Jurnalistik Kompas). Jakarta: Kompas.

Wismanto, Agus.2012. Materi Ajar Dasar-dasar Jurnalistik. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori dan praktik menulis untuk media massa. Berbagai jenis tulisan di media massa tersebut meliputi: berita, editorial, opini, tokoh / sosok, kolom, dan feature. 

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mempublikasikan berbagai jenis tulisan dan memasarkannya melalui berbagai media.

References

Kuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga

Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.

Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas

Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi.  Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori dan praktik menulis untuk media massa. Berbagai jenis tulisan di media massa tersebut meliputi: berita, editorial, opini, tokoh / sosok, kolom, dan feature. 

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mempublikasikan berbagai jenis tulisan dan memasarkannya melalui berbagai media.

References

Kuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga

Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.

Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas

Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi.  Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori dan praktik menulis untuk media massa. Berbagai jenis tulisan di media massa tersebut meliputi: berita, editorial, opini, tokoh / sosok, kolom, dan feature. 

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mempublikasikan berbagai jenis tulisan dan memasarkannya melalui berbagai media.

References

Kuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga

Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.

Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas

Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi.  Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori dan praktik menulis untuk media massa. Berbagai jenis tulisan di media massa tersebut meliputi: berita, editorial, opini, tokoh / sosok, kolom, dan feature. 

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mempublikasikan berbagai jenis tulisan dan memasarkannya melalui berbagai media.

References

Kuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga

Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.

Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas

Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi.  Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat 

Learning Outcomes

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.

References

Kuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga

Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.

Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas

Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi.  Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat 

Learning Outcomes

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.

References

Kuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga

Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.

Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas

Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi.  Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat 

Learning Outcomes

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.

References

Kuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga

Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.

Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas

Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi.  Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat 

Learning Outcomes

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.

References

Kuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga

Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.

Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas

Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi.  Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kulaih ini menyiapkan mahasiswa yang mampu mengirim tulisan di media massa untuk dimuat 

Learning Outcomes

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.

References

Kuncoro, Mudrajad.2009. Mahir menulis, kiat jitu menulis artikel opini, kolom, resensi buku. Jakarta: Erlangga

Bujono, Bambang dan Hadad Toriq. 1996. Seandainya saya wartawan Tempo. Jakarta: ISAI dan yayasan Alumni Tempo.

Nugraha, Pipih. 2013. Menulis Sosok secara inspiratif, Menarik, dan unik. Jakarta:Kompas

Fu’ad, Zulfikar. 2008. Menulis Biografi.  Yogyakarya: Pustaka Pelajar

Soeseno Slamet. 1980. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: Gramedia. 


Details ...