Telaah dan Pengembangan Kurikulum, Curriculum : 2015


Courser in EnglishREVIEW AND DEVELOPMENT OF CURRICULUM
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS39 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan konsep dasar, landasan, dimensi, model, komponen kurikulum dan pembelajaran, serta desain pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif berbasis pendekata saintifik, serta menekankan pada upaya kolaboratif dengan penilaian autentik. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran, serta BK dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Capaian Sikap:

  1. Mahasiswa mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila melalui telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran.
  2. Mahasiswa memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar melalui telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran.

CPMK-2

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Mahasiswa mampu memahami keprofesionalan secara berkelanjutaan dengan melakukan tindakan reflektif melalui telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui kegiatan telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran
  3. Mahasiswa mampu memahami komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan  dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar melalui telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran

CPMK-3

Capaian Keterampilan:

  1. Mahasiswa mampu membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dalam telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran
  2. Mahasiswa mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran

CPL         Sub- CPMK

 

 

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu memahami landasan kurikulum

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu memahami sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia

 

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu memahami komponen kurikulum

 

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu menganalisis Perencanaan kurikulum

 

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis dimensi kurikulum secara utuh (ide, dokumen, implementasi, hasil) secara cermat

 

Sub-CPMK-8

Memahami model desain pembelajaran secara komprehensif

 

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu memahami pendekatan dan model kurikulum

 

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu memahami pengelolaan kurikulum

 

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu mengkaji dokumen kurikulum secara teliti

 

Sub-CPMK-12

Mahasiswa mampu memahami monitoring dan evaluasi kurikulum

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nan 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan konsep dasar, landasan, dimensi, model, komponen kurikulum dan pembelajaran, serta desain pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif berbasis pendekata saintifik, serta menekankan pada upaya kolaboratif dengan penilaian autentik. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran, serta BK dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Capaian Sikap:

  1. Mahasiswa mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila melalui telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran.
  2. Mahasiswa memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar melalui telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran.

CPMK-2

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Mahasiswa mampu memahami keprofesionalan secara berkelanjutaan dengan melakukan tindakan reflektif melalui telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui kegiatan telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran
  3. Mahasiswa mampu memahami komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan  dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar melalui telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran

CPMK-3

Capaian Keterampilan:

  1. Mahasiswa mampu membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dalam telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran
  2. Mahasiswa mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui telaah dan pengembangan kurikulum pembelajaran

CPL         Sub- CPMK

 

 

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu memahami landasan kurikulum

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu memahami sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia

 

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu memahami komponen kurikulum

 

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu menganalisis Perencanaan kurikulum

 

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis dimensi kurikulum secara utuh (ide, dokumen, implementasi, hasil) secara cermat

 

Sub-CPMK-8

Memahami model desain pembelajaran secara komprehensif

 

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu memahami pendekatan dan model kurikulum

 

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu memahami pengelolaan kurikulum

 

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu mengkaji dokumen kurikulum secara teliti

 

Sub-CPMK-12

Mahasiswa mampu memahami monitoring dan evaluasi kurikulum

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nan 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

CPMK3

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK7

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK8

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

CPMK3

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK7

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK8

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

CPMK3

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK7

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK8

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

CPMK3

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK7

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK8

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

CPMK3

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK7

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK8

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

CPMK3

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK7

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK8

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

CPMK3

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK7

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK8

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

CPMK3

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK7

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

CPMK8

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang akan dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: 1) Kontrak Kuliah 2) Pengertian Peranan dan Fungsi Kurikulum, 3) Landasan Kurikulum, 4) Sejarah Perkembangan Kurikulum, 5) Pendekatan dan Model Pengembangan Kurikulum di SD, 6) Komponen Kurikulum, 7) Perencanaan Kurikulum, 8) Desain Pengembangan Kurikulum, 9 dan 10) Kurikulum 2013 11) Dinamika Perkembangan Kurikulum 12) Implementasi Kurikulum, 13) Monitoring dan Evaluasi Kurikulum, 14) Pembelajaran Daring.

Learning Outcomes

Menguasai, mengimplementasikan dan menganalisis berbagai konsep dasar  telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar.

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai  humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, danterukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar (C3),
  3. Menganalisis materi sejarah perkembangan kurikulum Indonesia di sekolah dasar (C3),
  4. Menerapkan materi telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar (C3),
  5. Menyusun silabus dan rpp sesuai kurikulum ktsp dan kurikulum 2013 di sekolah dasar (C4),
  6. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar. (C3),
  7. Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar. (C3),
  8. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar. (C4).

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan kurikulum di sekolah dasar dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang akan dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: 1) Kontrak Kuliah 2) Pengertian Peranan dan Fungsi Kurikulum, 3) Landasan Kurikulum, 4) Sejarah Perkembangan Kurikulum, 5) Pendekatan dan Model Pengembangan Kurikulum di SD, 6) Komponen Kurikulum, 7) Perencanaan Kurikulum, 8) Desain Pengembangan Kurikulum, 9 dan 10) Kurikulum 2013 11) Dinamika Perkembangan Kurikulum 12) Implementasi Kurikulum, 13) Monitoring dan Evaluasi Kurikulum, 14) Pembelajaran Daring.

Learning Outcomes

Menguasai, mengimplementasikan dan menganalisis berbagai konsep dasar  telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar.

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai  humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, danterukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar (C3),
  3. Menganalisis materi sejarah perkembangan kurikulum Indonesia di sekolah dasar (C3),
  4. Menerapkan materi telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar (C3),
  5. Menyusun silabus dan rpp sesuai kurikulum ktsp dan kurikulum 2013 di sekolah dasar (C4),
  6. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar. (C3),
  7. Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar. (C3),
  8. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar. (C4).

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada telaah dan pengembangan kurikulum di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan kurikulum di sekolah dasar dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...