Courser in English | EARLY CHILDHOOD GUIDANCE |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 15 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
- Mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru–Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 2 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Perkembangan Anak Usia Dini; (b) Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (c) Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (d) Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (e) Urgensi Bimbungan dan Konseling di Sekolah; (f) Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; (g) Perilaku Bermasalah Anak Usia Dini, (h) Teori Psikoanalisis, (i) Teori Berpusat Pada Person; (j) Teori Emotif Behavior; (k) Teori Realistis; (l) Kualifikasi dan Peran Konselor; dan (m) Orangtua dan Guru sebagai Konselor Anak Usia Dini.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Bimbingan Anak Usia Dini.
-
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Rakhmawati, E, & Suyati, T. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Semarang: UPGRIS Press
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep dasar bimbingan anak usia dini yang meliputi
pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan AUD. Membahas konsep
dasar bimbingan anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi
dan asas-asas Bimbingan AUD. Membahas dasar-dasar bimbingan di PAUD yang meliputi prinsip-
prinsip Bimbingan AUD, ruang lingkup Bimbingan AUD, pendekatan dan teknik bimbingan. Membahas
pelaksanaan bimbingan di PAUD yang meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan,
teknik pengumpulan data, penilaian bimbingan di PAUD. Membahas penanganan kasus siswa PAUD
yang meliputi karakteristik anak usia dini, perkembangan anak PAUD, permasalahan
anak usia PAUD, langkah-langkah penanganan kasus siswa PAUD. Membahas
pengembangan layanan bimbingan yang meliputi pengembangan sistem dan program,
pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana PAUD. Terakhir
membahas pengembangan profesi guru PAUD yang meliputi pengembangan kompetensi
guru PAUD, kepribadian guru PAUD, peran guru PAUD dalam layanan bimbingan bagi anak-anak usia
dini.
Mengembangkan pemahaman secara mendalam mengenai landasan bimbingan anak usia dini, karakteristik anak usia dini berdasarkan tugas perkembangan, penanaman nilai-nilai karakter anak usia dini sesuai dengan tugas perkembangan, isu-isu perkembangan anak usia dini, pendekatan konseling anak usia dini, strategi layanan bimbingan untuk anak usia dini, penyusunan program bimbingan untuk anak usia dini, bimbingan anak berperilaku bermasalah, manajemen dan pendukung sistem anak usia dini
References- W. S. Winkel, M. M. Sri Hastuti. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
- Ahmad Susanto. 2015. Bimbingan dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta Prenada Media Group
- Munif Chatib. 2015. Orangtuanya Manusia : Melejitkan Potensi dan Kecerdasan demgan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Penerbit Kaifa.
- Prayitno & Erman Amti. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka cipta.
- Yusuf, S dan Nurihsan, A. J. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Hurlock, Elizabeth. 2010. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.
- Skinner, B.F. 2013. Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Achmad Juntika Nurihsan. 2012. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep dasar bimbingan anak usia dini yang meliputi
pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan AUD. Membahas konsep
dasar bimbingan anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi
dan asas-asas Bimbingan AUD. Membahas dasar-dasar bimbingan di PAUD yang meliputi prinsip-
prinsip Bimbingan AUD, ruang lingkup Bimbingan AUD, pendekatan dan teknik bimbingan. Membahas
pelaksanaan bimbingan di PAUD yang meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan,
teknik pengumpulan data, penilaian bimbingan di PAUD. Membahas penanganan kasus siswa PAUD
yang meliputi karakteristik anak usia dini, perkembangan anak PAUD, permasalahan
anak usia PAUD, langkah-langkah penanganan kasus siswa PAUD. Membahas
pengembangan layanan bimbingan yang meliputi pengembangan sistem dan program,
pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana PAUD. Terakhir
membahas pengembangan profesi guru PAUD yang meliputi pengembangan kompetensi
guru PAUD, kepribadian guru PAUD, peran guru PAUD dalam layanan bimbingan bagi anak-anak usia
dini.
Mengembangkan pemahaman secara mendalam mengenai landasan bimbingan anak usia dini, karakteristik anak usia dini berdasarkan tugas perkembangan, penanaman nilai-nilai karakter anak usia dini sesuai dengan tugas perkembangan, isu-isu perkembangan anak usia dini, pendekatan konseling anak usia dini, strategi layanan bimbingan untuk anak usia dini, penyusunan program bimbingan untuk anak usia dini, bimbingan anak berperilaku bermasalah, manajemen dan pendukung sistem anak usia dini
References- W. S. Winkel, M. M. Sri Hastuti. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
- Ahmad Susanto. 2015. Bimbingan dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta Prenada Media Group
- Munif Chatib. 2015. Orangtuanya Manusia : Melejitkan Potensi dan Kecerdasan demgan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Penerbit Kaifa.
- Prayitno & Erman Amti. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka cipta.
- Yusuf, S dan Nurihsan, A. J. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Hurlock, Elizabeth. 2010. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.
- Skinner, B.F. 2013. Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Achmad Juntika Nurihsan. 2012. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep dasar bimbingan anak usia dini yang meliputi
pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan AUD. Membahas konsep
dasar bimbingan anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi
dan asas-asas Bimbingan AUD. Membahas dasar-dasar bimbingan di PAUD yang meliputi prinsip-
prinsip Bimbingan AUD, ruang lingkup Bimbingan AUD, pendekatan dan teknik bimbingan. Membahas
pelaksanaan bimbingan di PAUD yang meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan,
teknik pengumpulan data, penilaian bimbingan di PAUD. Membahas penanganan kasus siswa PAUD
yang meliputi karakteristik anak usia dini, perkembangan anak PAUD, permasalahan
anak usia PAUD, langkah-langkah penanganan kasus siswa PAUD. Membahas
pengembangan layanan bimbingan yang meliputi pengembangan sistem dan program,
pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana PAUD. Terakhir
membahas pengembangan profesi guru PAUD yang meliputi pengembangan kompetensi
guru PAUD, kepribadian guru PAUD, peran guru PAUD dalam layanan bimbingan bagi anak-anak usia
dini.
Mengembangkan pemahaman secara mendalam mengenai landasan bimbingan anak usia dini, karakteristik anak usia dini berdasarkan tugas perkembangan, penanaman nilai-nilai karakter anak usia dini sesuai dengan tugas perkembangan, isu-isu perkembangan anak usia dini, pendekatan konseling anak usia dini, strategi layanan bimbingan untuk anak usia dini, penyusunan program bimbingan untuk anak usia dini, bimbingan anak berperilaku bermasalah, manajemen dan pendukung sistem anak usia dini
References- W. S. Winkel, M. M. Sri Hastuti. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
- Ahmad Susanto. 2015. Bimbingan dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta Prenada Media Group
- Munif Chatib. 2015. Orangtuanya Manusia : Melejitkan Potensi dan Kecerdasan demgan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Penerbit Kaifa.
- Prayitno & Erman Amti. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka cipta.
- Yusuf, S dan Nurihsan, A. J. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Hurlock, Elizabeth. 2010. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.
- Skinner, B.F. 2013. Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Achmad Juntika Nurihsan. 2012. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep dasar bimbingan anak usia dini yang meliputi
pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan AUD. Membahas konsep
dasar bimbingan anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi
dan asas-asas Bimbingan AUD. Membahas dasar-dasar bimbingan di PAUD yang meliputi prinsip-
prinsip Bimbingan AUD, ruang lingkup Bimbingan AUD, pendekatan dan teknik bimbingan. Membahas
pelaksanaan bimbingan di PAUD yang meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan,
teknik pengumpulan data, penilaian bimbingan di PAUD. Membahas penanganan kasus siswa PAUD
yang meliputi karakteristik anak usia dini, perkembangan anak PAUD, permasalahan
anak usia PAUD, langkah-langkah penanganan kasus siswa PAUD. Membahas
pengembangan layanan bimbingan yang meliputi pengembangan sistem dan program,
pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana PAUD. Terakhir
membahas pengembangan profesi guru PAUD yang meliputi pengembangan kompetensi
guru PAUD, kepribadian guru PAUD, peran guru PAUD dalam layanan bimbingan bagi anak-anak usia
dini.
Mengembangkan pemahaman secara mendalam mengenai landasan bimbingan anak usia dini, karakteristik anak usia dini berdasarkan tugas perkembangan, penanaman nilai-nilai karakter anak usia dini sesuai dengan tugas perkembangan, isu-isu perkembangan anak usia dini, pendekatan konseling anak usia dini, strategi layanan bimbingan untuk anak usia dini, penyusunan program bimbingan untuk anak usia dini, bimbingan anak berperilaku bermasalah, manajemen dan pendukung sistem anak usia dini
References- W. S. Winkel, M. M. Sri Hastuti. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
- Ahmad Susanto. 2015. Bimbingan dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta Prenada Media Group
- Munif Chatib. 2015. Orangtuanya Manusia : Melejitkan Potensi dan Kecerdasan demgan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Penerbit Kaifa.
- Prayitno & Erman Amti. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka cipta.
- Yusuf, S dan Nurihsan, A. J. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Hurlock, Elizabeth. 2010. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.
- Skinner, B.F. 2013. Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Achmad Juntika Nurihsan. 2012. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Refika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep dasar bimbingan anak usia dini yang meliputi
pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan AUD. Membahas konsep
dasar bimbingan anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi
dan asas-asas Bimbingan AUD. Membahas dasar-dasar bimbingan di PAUD yang meliputi prinsip-
prinsip Bimbingan AUD, ruang lingkup Bimbingan AUD, pendekatan dan teknik bimbingan. Membahas
pelaksanaan bimbingan di PAUD yang meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan,
teknik pengumpulan data, penilaian bimbingan di PAUD. Membahas penanganan kasus siswa PAUD
yang meliputi karakteristik anak usia dini, perkembangan anak PAUD, permasalahan
anak usia PAUD, langkah-langkah penanganan kasus siswa PAUD. Membahas
pengembangan layanan bimbingan yang meliputi pengembangan sistem dan program,
pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana PAUD. Terakhir
membahas pengembangan profesi guru PAUD yang meliputi pengembangan kompetensi
guru PAUD, kepribadian guru PAUD, peran guru PAUD dalam layanan bimbingan bagi anak-anak usia
dini.
Mengembangkan pemahaman secara mendalam mengenai landasan bimbingan anak usia dini, karakteristik anak usia dini berdasarkan tugas perkembangan, penanaman nilai-nilai karakter anak usia dini sesuai dengan tugas perkembangan, isu-isu perkembangan anak usia dini, pendekatan konseling anak usia dini, strategi layanan bimbingan untuk anak usia dini, penyusunan program bimbingan untuk anak usia dini, bimbingan anak berperilaku bermasalah, manajemen dan pendukung sistem anak usia dini
References- W. S. Winkel, M. M. Sri Hastuti. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
- Ahmad Susanto. 2015. Bimbingan dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta Prenada Media Group
- Munif Chatib. 2015. Orangtuanya Manusia : Melejitkan Potensi dan Kecerdasan demgan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Penerbit Kaifa.
- Prayitno & Erman Amti. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka cipta.
- Yusuf, S dan Nurihsan, A. J. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Hurlock, Elizabeth. 2010. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.
- Skinner, B.F. 2013. Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Achmad Juntika Nurihsan. 2012. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Refika Aditama
Details ...
- Mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Perkembangan Anak Usia Dini; (b) Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (c) Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (d) Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (e) Urgensi Bimbungan dan Konseling di Sekolah; (f) Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; (g) Perilaku Bermasalah Anak Usia Dini, (h) Teori Psikoanalisis dan Teori Berpusat Pada Person; (i) Teori Emotif Behavior; (j) Teori Realistis; (k) Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; (l) Kualifikasi dan Peran Konselor; (m) Orangtua dan Guru sebagai Konselor Anak Usia Dini.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Mengidentifikasi Perkembangan Anak Usia Dini; Konsep Dasar BK AUD; Sejarah Perkembangan BK AUD; Azaz, Fungsi, dan Layanan Bimbingan dan Konseling; serta menjelaskan materi secara jelas (S-5, S-6, S-9; P-7, P-8, P-9; KU-1, KU-7, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK2 |
Mengemukakan Urgensi BK di Sekolah; Landasan Pendekatan dalam BK, serta membedakan secara tepat (S-6, P-8, P-9; KU-1, K-2, K-11, KU-5; KK5, KK8, KK6). |
CPMK3 |
Menganalisis Perilaku Bermasalah AUD, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-4, P-8; KU-1, KK-1, KK-9). |
CPMK4 |
Mengklasifikasikan Teori Psikoanalisis dan Teori Berpusat Pada Person; Teori Emotif Behavior; Teori Realistis, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-4, P-8; KU-1, KK-1, KK-9). |
CPMK5 |
Menerapakan Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan, serta menerapkan secara benar mengenai psikoterapi di lingkungan pendidikan, serta disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak (S-8; P-4, P7; KU-1, KK-8). |
CPMK6 |
Merancang Tugas Orangtua dan Guru sebagai Konselor Anak Usia Dini, dan memberikan contoh Tugas Orangtua dan Guru sebagai Konselor Anak Usia Dini dengan penuh tanggung jawab di Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (S-2, S-8; P-9, P-10; KU-1, K-9; KK-1, KK-7, KK-8). |
- Asmani, J. M. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
- Fathur, R. (2012). Manajemen Dan Pengembangan Program Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Modul Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta.
- Formiatno, L. (2010). Belajar Mendengarkan Menjadi Guru & Orangtua Sejati. Yogyakarta: Galang Press.
- Gichara, J. (2006). Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka.
- Irham, M & Wiyani, N. A. (2014). Bimbingan & Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
- Rakhmawati, E., & Suyati, T. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Semarang: UPGRIS Press. (BUKU WAJIB)
- Risaldy, S., & Idris, M. H, (2015). Bimbingan dan Konseling: Implementasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
- Suyadi. (2009). Bimbingan Konseling untuk PAUD. Yogyakarta: Diva Press.
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep dasar Bimbingan dan konseling yang meliputi pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan Membahas konsep dasar Bimbingan dan konseling anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi dan asas-asas Bimbingan AUD. Membahas dasar-dasar Bimbingan di PAUD yang meliputi prinsip prinsip Bimbingan TK, ruang lingkup Bimbingan PAUD, pendekatan Bimbingan dan teknik bimbingan Membahas pelaksanaan bimbingan diPAUD yang meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan, teknik pengumpulan data, penilaian bimbingan di PAUD. Membahas penanganan kasus anak TK yang meliputi karakteristik anak usia dini, perkembangan anak PAUD, permasalahan anak usia PAUD, langkah-langkah penanganan kasus anak PAUD. Membahas pengembangan layanan bimbingan yang meliputi pengembangan system dan program, pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana PAUD. Terakhir membahas pengembangan profesi guru PAUD yang meliputi pengembangan kompetensi guru PAUD, kepribadian guru PAUD, peran guru PAUD dalam layanan bimbingan bagi anak-anak usia dini.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
References- Syaodih, Ernawulan. 2005. Bimbingan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Ditjen DIKTI
- Rusda Koto Sutadi dan Sri Maryati Deliana, M.Si, Permasalahan Anak Taman Kanakkanak
- Maxim, George. W. 1985. The Very Young Guiding Children From Infancy through the Early Years, Second Edition: California: Woodswort
- Prayitno dan Erman Amti (1994), Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Dirjen Dikti
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep dasar Bimbingan dan konseling yang meliputi pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan Membahas konsep dasar Bimbingan dan konseling anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi dan asas-asas Bimbingan AUD. Membahas dasar-dasar Bimbingan di PAUD yang meliputi prinsip prinsip Bimbingan TK, ruang lingkup Bimbingan PAUD, pendekatan Bimbingan dan teknik bimbingan Membahas pelaksanaan bimbingan diPAUD yang meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan, teknik pengumpulan data, penilaian bimbingan di PAUD. Membahas penanganan kasus anak TK yang meliputi karakteristik anak usia dini, perkembangan anak PAUD, permasalahan anak usia PAUD, langkah-langkah penanganan kasus anak PAUD. Membahas pengembangan layanan bimbingan yang meliputi pengembangan system dan program, pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana PAUD. Terakhir membahas pengembangan profesi guru PAUD yang meliputi pengembangan kompetensi guru PAUD, kepribadian guru PAUD, peran guru PAUD dalam layanan bimbingan bagi anak-anak usia dini.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
References- Syaodih, Ernawulan. 2005. Bimbingan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Ditjen DIKTI
- Rusda Koto Sutadi dan Sri Maryati Deliana, M.Si, Permasalahan Anak Taman Kanakkanak
- Maxim, George. W. 1985. The Very Young Guiding Children From Infancy through the Early Years, Second Edition: California: Woodswort
- Prayitno dan Erman Amti (1994), Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Dirjen Dikti
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep dasar Bimbingan dan konseling yang meliputi pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan Membahas konsep dasar Bimbingan dan konseling anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi dan asas-asas Bimbingan AUD. Membahas dasar-dasar Bimbingan di PAUD yang meliputi prinsip prinsip Bimbingan TK, ruang lingkup Bimbingan PAUD, pendekatan Bimbingan dan teknik bimbingan Membahas pelaksanaan bimbingan diPAUD yang meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan, teknik pengumpulan data, penilaian bimbingan di PAUD. Membahas penanganan kasus anak TK yang meliputi karakteristik anak usia dini, perkembangan anak PAUD, permasalahan anak usia PAUD, langkah-langkah penanganan kasus anak PAUD. Membahas pengembangan layanan bimbingan yang meliputi pengembangan system dan program, pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana PAUD. Terakhir membahas pengembangan profesi guru PAUD yang meliputi pengembangan kompetensi guru PAUD, kepribadian guru PAUD, peran guru PAUD dalam layanan bimbingan bagi anak-anak usia dini.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
References- Syaodih, Ernawulan. 2005. Bimbingan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Ditjen DIKTI
- Rusda Koto Sutadi dan Sri Maryati Deliana, M.Si, Permasalahan Anak Taman Kanakkanak
- Maxim, George. W. 1985. The Very Young Guiding Children From Infancy through the Early Years, Second Edition: California: Woodswort
- Prayitno dan Erman Amti (1994), Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Dirjen Dikti
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep dasar Bimbingan dan konseling yang meliputi pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan Membahas konsep dasar Bimbingan dan konseling anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi dan asas-asas Bimbingan AUD. Membahas dasar-dasar Bimbingan di PAUD yang meliputi prinsip prinsip Bimbingan TK, ruang lingkup Bimbingan PAUD, pendekatan Bimbingan dan teknik bimbingan Membahas pelaksanaan bimbingan diPAUD yang meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan, teknik pengumpulan data, penilaian bimbingan di PAUD. Membahas penanganan kasus anak TK yang meliputi karakteristik anak usia dini, perkembangan anak PAUD, permasalahan anak usia PAUD, langkah-langkah penanganan kasus anak PAUD. Membahas pengembangan layanan bimbingan yang meliputi pengembangan system dan program, pembinaan dan pengembangan personil, pengembangan sarana PAUD. Terakhir membahas pengembangan profesi guru PAUD yang meliputi pengembangan kompetensi guru PAUD, kepribadian guru PAUD, peran guru PAUD dalam layanan bimbingan bagi anak-anak usia dini.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
References- Syaodih, Ernawulan. 2005. Bimbingan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Ditjen DIKTI
- Rusda Koto Sutadi dan Sri Maryati Deliana, M.Si, Permasalahan Anak Taman Kanakkanak
- Maxim, George. W. 1985. The Very Young Guiding Children From Infancy through the Early Years, Second Edition: California: Woodswort
- Prayitno dan Erman Amti (1994), Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Dirjen Dikti
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Perkembangan Anak Usia Dini; Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling; Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling; Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Perilaku Bermasalah AUD; Teori Psikoanalisis; Teori Berpusat pada Person; Teori Emotif Behavior, dan Teori Realitas; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Kualifikasi dan Peran Konselor; Orangtua dan Guru Sebagai Konselor AUD.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendeskripsikan, menerapkan dan mengimplementasikan Bimbingan dan Konseling AUD ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD.
References- Asmani, J.M. 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
- Fathur, Rahman. 2012. Manajemen Dan Pengembangan Program Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Modul Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta.
- Formiatno, Lucas. 2010. Belajar Mendengarkan Menjadi Guru & Orangtua Sejati. Yogyakarta: Galang Press.
- Gichara, Jenny. 2006. Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka.
- Irham, M; Wiyani, N.A. 2014. Bimbingan & Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
- Risaldy, S; Idris, M.H, 2015. Bimbingan dan Konseling: Implementasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
- Suyadi. 2009. Bimbingan Konseling untuk PAUD. Yogyakarta: Diva Press.
Details ...