Bimbingan AUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEARLY CHILDHOOD GUIDANCE
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS15 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Perkembangan Anak Usia Dini; Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling; Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling; Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Perilaku Bermasalah AUD; Teori Psikoanalisis; Teori Berpusat pada Person; Teori Emotif Behavior, dan Teori Realitas; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Kualifikasi dan Peran Konselor; Orangtua dan Guru Sebagai Konselor AUD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendeskripsikan, menerapkan dan mengimplementasikan Bimbingan dan Konseling AUD ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD.

References

  1. Asmani, J.M. 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
  2. Fathur, Rahman. 2012. Manajemen Dan Pengembangan Program Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Modul Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Formiatno, Lucas. 2010. Belajar Mendengarkan Menjadi Guru & Orangtua Sejati. Yogyakarta: Galang Press.
  4. Gichara, Jenny. 2006. Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka.
  5. Irham, M; Wiyani, N.A. 2014. Bimbingan & Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
  6. Risaldy, S; Idris, M.H, 2015. Bimbingan dan Konseling: Implementasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
  7. Suyadi. 2009. Bimbingan Konseling untuk PAUD. Yogyakarta: Diva Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling; Perkembangan Anak Usia Dini; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling; Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling; Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Teori–Teori Konseling; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Kualifikasi dan Peran Konselor; Orangtua dan Guru Sebagai Konselor AUD; Perilaku Bermasalah AUD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan mengimplementasikan Bimbingan Konseling AUD

References

  1. Asmani, J.M. 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
  2. Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Fathur, Rahman. 2012. Manajemen dan Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 111. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Formianto, Lucas. 2010. Belajar Mendengarkan Menjadi Guru dan Orangtua Sejati. Yogyakarta: Galang Press.
  5. Gichara, Jenny. 2006. Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka.
  6. Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
  7. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.
  8. Irham, M; Wiyani, N.A. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  9. Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
  10. Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
  11. Risaldy, S; Idris, M.H. 2015. Bimbingan dan Konseling: Implementasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
  12. Suyadi. 2009. Bimbingan dan Konseling Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
  13. Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling; Perkembangan Anak Usia Dini; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling; Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling; Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Teori–Teori Konseling; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Kualifikasi dan Peran Konselor; Orangtua dan Guru Sebagai Konselor AUD; Perilaku Bermasalah AUD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan mengimplementasikan Bimbingan Konseling AUD

References

  1. Asmani, J.M. 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
  2. Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Fathur, Rahman. 2012. Manajemen dan Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 111. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Formianto, Lucas. 2010. Belajar Mendengarkan Menjadi Guru dan Orangtua Sejati. Yogyakarta: Galang Press.
  5. Gichara, Jenny. 2006. Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka.
  6. Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
  7. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.
  8. Irham, M; Wiyani, N.A. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  9. Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
  10. Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
  11. Risaldy, S; Idris, M.H. 2015. Bimbingan dan Konseling: Implementasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
  12. Suyadi. 2009. Bimbingan dan Konseling Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
  13. Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling; Perkembangan Anak Usia Dini; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling; Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling; Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Teori – Teori Konseling; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Kualifikasi dan Peran Konselor; Orangtua dan Guru Sebagai Konselor AUD; Perilaku Bermasalah AUD

Learning Outcomes

1)   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

2)   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

3)   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

4)   Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

5)   Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.

6)   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

References

a)    Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

b)   Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

c)    Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia

d)   Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

e)    Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling; Perkembangan Anak Usia Dini; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling; Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling; Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Teori – Teori Konseling; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Kualifikasi dan Peran Konselor; Orangtua dan Guru Sebagai Konselor AUD; Perilaku Bermasalah AUD

Learning Outcomes

1)   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

2)   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

3)   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

4)   Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

5)   Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.

6)   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

References

a)    Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

b)   Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

c)    Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia

d)   Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

e)    Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo


Details ...