Dasar Konsep Pendidikan Moral, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBasic Concept of Moral Education
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS3 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pokok-pokok pengertian moral; hubungan antara nilai, norma, dan moral; komponen-komponen moral; teori perkembangan moral; aliran-aliran filsafat moral; strategi pembelajaran moral; dan pendidikan moral di Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan menyikapi berbagai persoalan nilai dan moral yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Indonesia. Mata kuliah ini membahas tema-tema pilihan tentang nilai dan moral yang menjadi permasalahan aktual dan problematik yang menjadi pilihan mahasiswa. Pengkajian dilakukan melalui pemaparan konsep, diskusi, studi kasus, dan penugasan baik secara individu maupun kelompok.

 

 

Learning Outcomes

mahasiswa mampu mengetahui pentingnya bermoral sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat

References

Darmadi, Hamid. 2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hersh, R.H.,Miller, J.P. & Fielding,G.D. 1980. Models of Moral Education. New York: Longmanjnc.

Hidayatullah, M. Furqan, 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka

Joyce, B & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey:

Prentice-Hall Jnc. Johnston, D. Kay. 2006. Education for A Caring Society: Classroom Relationships And Moral Action. New York:

Teachers College, Columbia University. Halstead, J. Mark, & Mark A. Pike. 2006. Citizenship and Moral Education. New York:

Routledge. Khan, D, Yahya, 2010. Pendidikan Karakter berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai dasar dan konsep-konsep dalam pendidikan moral yang meliputi: Sejarah Pendidikan Moral; Konsep mengenai Nilai, Moral, Sikap dan Perilaku; Perkembangan Moral; Pendekatan, Pembelajaran, evaluasi pembelajaran moral; Agama dan Kepramukaan sebagai pembelajaran moral; masalah-masalah dalam pendidikan moral.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengkaji dan berfikir analitik mengenai sejarah perkembangan pendidikan moral, konsep dar nilai, norma, sikap dan perilaku, aliran filsafat moral.
  2. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran pendidikan moral. 
  3. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual pendidikan moral, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung pelaksanaan nilai, norma, moral serta adanya pemikiran taat terhadap hukum.
     

References

  1. Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
  2. Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta
  3. Daroeso, Bambang. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneke Ilmu
  4. Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.
  5. Muchson dan Samsuri. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan Moral (Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Ombak
  6. Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perpektif Perubahan (Menggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik). Jakarta: PT. Bumi Aksara
     


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat pendidikan moral, berbagai isu pendidikan moral dalam lingkup nasional dan global, dimensi-dimensi dan komponen-komponen integratif pendidikan moral dalam mewujudkan moral (akhlak) yang baik dan pelaksanaan pendidikan moral di dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mewujudkan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah moral dalam beberapa diskusi kelas yang demokratis yang menghargai perbedaan pendapat, mengalami proses berpikir yang analitik dan sintetik dalam kegiatan refleksi. Selain itu, dapat introspeksi diri terhadap pemahaman moral, perasaan moral,  dan tindakan moral masing-masing

References

  1. Cheppy Haricahyono. 1995. Dimensi-dimensi Pendidikan Moral. Semarang: IKIP    Press.
  2. Darmiyati Zuchdi. 2009. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Daroeso. Bambang. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
  4. Kirschenbaum, Howard. 1995. 100 Ways to Enhance Values and Morality in Schools and Youth Settings. Boston:  Allyn and Bacon.
  5. Kosasih Djahiri dan Aziz Wahab. 2005. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Jakarta: Dirjen Dikti.
  6. Muchson dan Samsuri. 2015. Dasar – Dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: Ombak.
  7. Suseno, Franz Magnis. 1991. Etika Dasar: Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral.   Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
  8.  Zuriah. Nurul. 2017. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Prepektif Perubahan. Malang: Buah Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat pendidikan moral, berbagai isu pendidikan moral dalam lingkup nasional dan global, dimensi-dimensi dan komponen-komponen integratif pendidikan moral dalam mewujudkan moral (akhlak) yang baik dan pelaksanaan pendidikan moral di dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mewujudkan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah moral dalam beberapa diskusi kelas yang demokratis yang menghargai perbedaan pendapat, mengalami proses berpikir yang analitik dan sintetik dalam kegiatan refleksi. Selain itu, dapat introspeksi diri terhadap pemahaman moral, perasaan moral,  dan tindakan moral masing-masing

References

  1. Cheppy Haricahyono. 1995. Dimensi-dimensi Pendidikan Moral. Semarang: IKIP    Press.
  2. Darmiyati Zuchdi. 2009. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Daroeso. Bambang. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
  4. Kirschenbaum, Howard. 1995. 100 Ways to Enhance Values and Morality in Schools and Youth Settings. Boston:  Allyn and Bacon.
  5. Kosasih Djahiri dan Aziz Wahab. 2005. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Jakarta: Dirjen Dikti.
  6. Muchson dan Samsuri. 2015. Dasar – Dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: Ombak.
  7. Suseno, Franz Magnis. 1991. Etika Dasar: Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral.   Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
  8.  Zuriah. Nurul. 2017. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Prepektif Perubahan. Malang: Buah Aksara.


Details ...