Seni Tari dan Drama, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep tari dan drama, serta keterampilan dalam menciptakan dan menyajikan tari dan drama untuk siswa sekolah dasar.

Learning Outcomes

Mahasiswa calon guru dapat mengetahui dan memahami konsep yang berhubungan dengan seni tari dan drama, dan diharapkan mampu dengan terampil menciptakan dan menyajikan tarian untuk siswa sekolah dasar, serta mampu mengajarkan kembali pada peserta didiknya sesuai dengan tujuan pendidikan.

References

Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press.

Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV.Farishma Indonesia.

M.Jazuli, M. 2007. Pendidikan Seni Budaya. Surabaya: Unesa Press

Masunah, Juju dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI.

Meri, La. 1986. Elemen-elemen Dasar Komposisi Tari. Penerjemah Soedarsono. Yogyakarta: Lagaligo.

Murgiyanto, Sal. 1992. Koreografi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rokhyatmo, Amir. 1986. Pengetahuan Tari Sebuah Pengantar dalam Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedyawati, Edi. 1984. Tari. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku satu). Malang: Bayumedia Publishing.

Soehardjo,A.J. 2017. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku dua). Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.

Sutiyono. 2012. Paradigma Pendidikan Seni di Indonesia. Yogyakarta: UNY PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep tari dan drama, serta keterampilan dalam menciptakan dan menyajikan tari dan drama untuk siswa sekolah dasar.

Learning Outcomes

Mahasiswa calon guru dapat mengetahui dan memahami konsep yang berhubungan dengan seni tari dan drama, dan diharapkan mampu dengan terampil menciptakan dan menyajikan tarian untuk siswa sekolah dasar, serta mampu mengajarkan kembali pada peserta didiknya sesuai dengan tujuan pendidikan.

References

Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press.

Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV.Farishma Indonesia.

M.Jazuli, M. 2007. Pendidikan Seni Budaya. Surabaya: Unesa Press

Masunah, Juju dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI.

Meri, La. 1986. Elemen-elemen Dasar Komposisi Tari. Penerjemah Soedarsono. Yogyakarta: Lagaligo.

Murgiyanto, Sal. 1992. Koreografi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rokhyatmo, Amir. 1986. Pengetahuan Tari Sebuah Pengantar dalam Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedyawati, Edi. 1984. Tari. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku satu). Malang: Bayumedia Publishing.

Soehardjo,A.J. 2017. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku dua). Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.

Sutiyono. 2012. Paradigma Pendidikan Seni di Indonesia. Yogyakarta: UNY PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep tari dan drama, serta keterampilan dalam menciptakan dan menyajikan tari dan drama untuk siswa sekolah dasar.

Learning Outcomes

Mahasiswa calon guru dapat mengetahui dan memahami konsep yang berhubungan dengan seni tari dan drama, dan diharapkan mampu dengan terampil menciptakan dan menyajikan tarian untuk siswa sekolah dasar, serta mampu mengajarkan kembali pada peserta didiknya sesuai dengan tujuan pendidikan.

References

Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press.

Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV.Farishma Indonesia.

M.Jazuli, M. 2007. Pendidikan Seni Budaya. Surabaya: Unesa Press

Masunah, Juju dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI.

Meri, La. 1986. Elemen-elemen Dasar Komposisi Tari. Penerjemah Soedarsono. Yogyakarta: Lagaligo.

Murgiyanto, Sal. 1992. Koreografi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rokhyatmo, Amir. 1986. Pengetahuan Tari Sebuah Pengantar dalam Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedyawati, Edi. 1984. Tari. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku satu). Malang: Bayumedia Publishing.

Soehardjo,A.J. 2017. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku dua). Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.

Sutiyono. 2012. Paradigma Pendidikan Seni di Indonesia. Yogyakarta: UNY PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep tari dan drama, serta keterampilan dalam menciptakan dan menyajikan tari dan drama untuk siswa sekolah dasar.

Learning Outcomes

Mahasiswa calon guru dapat mengetahui dan memahami konsep yang berhubungan dengan seni tari dan drama, dan diharapkan mampu dengan terampil menciptakan dan menyajikan tarian untuk siswa sekolah dasar, serta mampu mengajarkan kembali pada peserta didiknya sesuai dengan tujuan pendidikan.

References

Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press.

Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV.Farishma Indonesia.

M.Jazuli, M. 2007. Pendidikan Seni Budaya. Surabaya: Unesa Press

Masunah, Juju dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI.

Meri, La. 1986. Elemen-elemen Dasar Komposisi Tari. Penerjemah Soedarsono. Yogyakarta: Lagaligo.

Murgiyanto, Sal. 1992. Koreografi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rokhyatmo, Amir. 1986. Pengetahuan Tari Sebuah Pengantar dalam Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedyawati, Edi. 1984. Tari. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku satu). Malang: Bayumedia Publishing.

Soehardjo,A.J. 2017. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku dua). Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.

Sutiyono. 2012. Paradigma Pendidikan Seni di Indonesia. Yogyakarta: UNY PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep tari dan drama, serta keterampilan dalam menciptakan dan menyajikan tari dan drama untuk siswa sekolah dasar.

Learning Outcomes

Mahasiswa calon guru dapat mengetahui dan memahami konsep yang berhubungan dengan seni tari dan drama, dan diharapkan mampu dengan terampil menciptakan dan menyajikan tarian untuk siswa sekolah dasar, serta mampu mengajarkan kembali pada peserta didiknya sesuai dengan tujuan pendidikan.

References

Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press.

Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV.Farishma Indonesia.

M.Jazuli, M. 2007. Pendidikan Seni Budaya. Surabaya: Unesa Press

Masunah, Juju dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI.

Meri, La. 1986. Elemen-elemen Dasar Komposisi Tari. Penerjemah Soedarsono. Yogyakarta: Lagaligo.

Murgiyanto, Sal. 1992. Koreografi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rokhyatmo, Amir. 1986. Pengetahuan Tari Sebuah Pengantar dalam Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedyawati, Edi. 1984. Tari. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku satu). Malang: Bayumedia Publishing.

Soehardjo,A.J. 2017. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku dua). Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.

Sutiyono. 2012. Paradigma Pendidikan Seni di Indonesia. Yogyakarta: UNY PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep tari dan drama, serta keterampilan dalam menciptakan dan menyajikan tari dan drama untuk siswa sekolah dasar.

Learning Outcomes

Mahasiswa calon guru dapat mengetahui dan memahami konsep yang berhubungan dengan seni tari dan drama, dan diharapkan mampu dengan terampil menciptakan dan menyajikan tarian untuk siswa sekolah dasar, serta mampu mengajarkan kembali pada peserta didiknya sesuai dengan tujuan pendidikan.

References

Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press.

Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV.Farishma Indonesia.

M.Jazuli, M. 2007. Pendidikan Seni Budaya. Surabaya: Unesa Press

Masunah, Juju dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI.

Meri, La. 1986. Elemen-elemen Dasar Komposisi Tari. Penerjemah Soedarsono. Yogyakarta: Lagaligo.

Murgiyanto, Sal. 1992. Koreografi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rokhyatmo, Amir. 1986. Pengetahuan Tari Sebuah Pengantar dalam Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedyawati, Edi. 1984. Tari. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku satu). Malang: Bayumedia Publishing.

Soehardjo,A.J. 2017. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku dua). Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.

Sutiyono. 2012. Paradigma Pendidikan Seni di Indonesia. Yogyakarta: UNY PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep tari dan drama, serta keterampilan dalam menciptakan dan menyajikan tari dan drama untuk siswa sekolah dasar.

Learning Outcomes

Mahasiswa calon guru dapat mengetahui dan memahami konsep yang berhubungan dengan seni tari dan drama, dan diharapkan mampu dengan terampil menciptakan dan menyajikan tarian untuk siswa sekolah dasar, serta mampu mengajarkan kembali pada peserta didiknya sesuai dengan tujuan pendidikan.

References

Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press.

Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV.Farishma Indonesia.

M.Jazuli, M. 2007. Pendidikan Seni Budaya. Surabaya: Unesa Press

Masunah, Juju dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI.

Meri, La. 1986. Elemen-elemen Dasar Komposisi Tari. Penerjemah Soedarsono. Yogyakarta: Lagaligo.

Murgiyanto, Sal. 1992. Koreografi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rokhyatmo, Amir. 1986. Pengetahuan Tari Sebuah Pengantar dalam Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedyawati, Edi. 1984. Tari. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku satu). Malang: Bayumedia Publishing.

Soehardjo,A.J. 2017. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku dua). Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.

Sutiyono. 2012. Paradigma Pendidikan Seni di Indonesia. Yogyakarta: UNY PRESS


Details ...