Courser in English | EVALUATION OF LEARNING PROCESS AND RESULT |
Program | Pendidikan Teknologi Informasi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.
Learning Outcomes1 Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran.
2 Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran.
3 Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran.
4 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes.
5 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian.
6 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba.
7 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai.
8 Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran.
9 Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
-
Details ...
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.
Learning Outcomes1 Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran.
2 Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran.
3 Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran.
4 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes.
5 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian.
6 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba.
7 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai.
8 Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran.
9 Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
-
Details ...
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah. |
1 | Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
2 | Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran. | ||||
3 | Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
4 | Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes. | ||||
5 | Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian. | ||||
6 | Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba. | ||||
7 | Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai. | ||||
8 | Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran. | ||||
9 | Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. |
Utama | Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara | |||
Pendukung | Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. | |||
Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. | ||||
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara. | ||||
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. | ||||
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta |
Details ...
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah. |
1 | Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
2 | Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran. | ||||
3 | Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
4 | Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes. | ||||
5 | Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian. | ||||
6 | Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba. | ||||
7 | Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai. | ||||
8 | Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran. | ||||
9 | Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. |
Utama | Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara | |||
Pendukung | Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. | |||
Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. | ||||
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara. | ||||
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. | ||||
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta |
Details ...
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.
Learning OutcomesSikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai. | ||||
Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran. | ||||
Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. |
Utama | Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara | |||
Pendukung | Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. | |||
Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. | ||||
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara. | ||||
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. | ||||
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta |
Details ...
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.
Learning OutcomesSikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba. | ||||
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai. | ||||
Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran. | ||||
Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. |
Utama | Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara | |||
Pendukung | Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. | |||
Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. | ||||
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara. | ||||
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. | ||||
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang; manfaat evaluasi dalam pembelajaran, perbedaan prestasi belajar dan hasil belajar, taksonomi bloom, desain instruksional, Tes-Pengukuran-dan Penilaian hasil belajar, kisi-kisi dan soal pilihan ganda dan uraian, Validitas dan reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran soal, pedoman penilaian soal uraian, penilaian alternative, lembar observasi non tes, mengubah skor menjadi nilai, menentukan kedudukan siswa dalam suatu kelompok (merangking), sehingga mahasiswa dapat Menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Learning Outcomes1.a2. Menguasai teori belajar evaluasi untuk diterapkan dalam pembelajaran .
1.a3. Menguasai model , metode, pendekatan, strategi, teknik pembelajaran di sekolah berbasis IT.
8.a1. Menguasai konsep dalam rangka membuat desain evaluasi diri.
8.a2. Menguasai teori pembelajaran evaluasi untuk mngelola pembelajaran mandiri.
References- Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Arikunto,S.& Abdul J. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Arifin.2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta:UIN
- Buku dan jurnal evaluasi
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang; manfaat evaluasi dalam pembelajaran, perbedaan prestasi belajar dan hasil belajar, taksonomi bloom, desain instruksional, Tes-Pengukuran-dan Penilaian hasil belajar, kisi-kisi dan soal pilihan ganda dan uraian, Validitas dan reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran soal, pedoman penilaian soal uraian, penilaian alternative, lembar observasi non tes, mengubah skor menjadi nilai, menentukan kedudukan siswa dalam suatu kelompok (merangking), sehingga mahasiswa dapat Menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Learning Outcomes1.a2. Menguasai teori belajar evaluasi untuk diterapkan dalam pembelajaran .
1.a3. Menguasai model , metode, pendekatan, strategi, teknik pembelajaran di sekolah berbasis IT.
8.a1. Menguasai konsep dalam rangka membuat desain evaluasi diri.
8.a2. Menguasai teori pembelajaran evaluasi untuk mngelola pembelajaran mandiri.
References- Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Arikunto,S.& Abdul J. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Arifin.2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta:UIN
- Buku dan jurnal evaluasi
Details ...