Evaluasi Proses & Hasil Belajar, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEVALUATION OF LEARNING PROCESS AND RESULT
ProgramPendidikan Teknologi Informasi
SKS3 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan  Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.

Learning Outcomes

1    Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran.
2    Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran.
3    Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran.
4    Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes.
5    Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian.
6    Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba.
7    Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai.
8    Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran.
9    Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan  Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.

Learning Outcomes

1    Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran.
2    Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran.
3    Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran.
4    Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes.
5    Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian.
6    Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba.
7    Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai.
8    Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran.
9    Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan  Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.

Learning Outcomes

1 Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran.
2 Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran.
3 Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran.
4 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes.
5 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian.
6 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba.
7 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai.
8 Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran.
9 Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

References

Utama Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
 
Pendukung Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara.
  Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
  Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan  Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.

Learning Outcomes

1 Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran.
2 Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran.
3 Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran.
4 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes.
5 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian.
6 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba.
7 Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai.
8 Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran.
9 Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

References

Utama Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
 
Pendukung Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara.
  Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
  Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan  Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.

Learning Outcomes

Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran.
Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran.
Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran.
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes.
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian.
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba.
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai.
Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

References

Utama Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
 
Pendukung Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara.
  Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
  Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang pengantar evaluasi, taksonomi bloom, Kisi-kisi soal tes dan non tes, Instrumen penelitian, Analisis data ujicoba dan  Pengubahan skor menjadi nilai skor menjadi nilai, sehingga mahasiswa dapat menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah.

Learning Outcomes

Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran.
Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran.
Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran.
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes.
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian.
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba.
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai.
Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

References

Utama Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
 
Pendukung Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  Azwar, Saifuddin. 2013. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Semarang: Bumi Aksara.
  Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
  Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang; manfaat evaluasi dalam pembelajaran, perbedaan prestasi belajar dan hasil belajar, taksonomi bloom, desain instruksional, Tes-Pengukuran-dan Penilaian hasil belajar, kisi-kisi dan soal pilihan ganda dan uraian, Validitas dan reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran soal, pedoman penilaian soal uraian, penilaian alternative, lembar observasi non tes, mengubah skor menjadi nilai, menentukan kedudukan siswa dalam suatu kelompok (merangking), sehingga mahasiswa dapat Menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

Learning Outcomes

1.a2. Menguasai teori belajar evaluasi untuk diterapkan dalam pembelajaran .

1.a3. Menguasai model , metode, pendekatan, strategi, teknik pembelajaran di sekolah berbasis IT.

8.a1. Menguasai konsep dalam rangka membuat desain evaluasi diri.

8.a2. Menguasai teori pembelajaran evaluasi untuk mngelola pembelajaran mandiri.

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Arikunto,S.& Abdul J. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Arifin.2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta:UIN
  4. Buku dan jurnal evaluasi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang; manfaat evaluasi dalam pembelajaran, perbedaan prestasi belajar dan hasil belajar, taksonomi bloom, desain instruksional, Tes-Pengukuran-dan Penilaian hasil belajar, kisi-kisi dan soal pilihan ganda dan uraian, Validitas dan reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran soal, pedoman penilaian soal uraian, penilaian alternative, lembar observasi non tes, mengubah skor menjadi nilai, menentukan kedudukan siswa dalam suatu kelompok (merangking), sehingga mahasiswa dapat Menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

Learning Outcomes

1.a2. Menguasai teori belajar evaluasi untuk diterapkan dalam pembelajaran .

1.a3. Menguasai model , metode, pendekatan, strategi, teknik pembelajaran di sekolah berbasis IT.

8.a1. Menguasai konsep dalam rangka membuat desain evaluasi diri.

8.a2. Menguasai teori pembelajaran evaluasi untuk mngelola pembelajaran mandiri.

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Arikunto,S.& Abdul J. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Arifin.2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta:UIN
  4. Buku dan jurnal evaluasi


Details ...