Courser in English | Educational Philosophy |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pemahaman tentang pengetahuan, ilmu pengetahuan yang meliputi sejarah ilmu pengetahuan, filsafat dan dasar-dasar ilmu pengetahuan, pengetahuan ilmu kebenaran, dan sarana ilmu pengetahuan, serta kajian epistemologi terhadap pendidikan sebagai ilmu pengetahuan.
Learning OutcomesMenguasai landasan pendidikan anak usia dini
ReferencesBahtiar, Amsal, 2004, Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Rafindo Persada.
Budiman, A., 2003, Logika Praktis Sebuah Pengantar, Malang: Bayu Media UMM Press.
Gie, TL, 1996 Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty
Details ...
Pemahaman tentang pengetahuan, ilmu pengetahuan yang meliputi sejarah ilmu pengetahuan, filsafat dan dasar-dasar ilmu pengetahuan, pengetahuan ilmu kebenaran, dan sarana ilmu pengetahuan, serta kajian epistemologi terhadap pendidikan sebagai ilmu pengetahuan.
Learning OutcomesMenguasai landasan pendidikan anak usia dini
ReferencesBahtiar, Amsal, 2004, Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Rafindo Persada.
Budiman, A., 2003, Logika Praktis Sebuah Pengantar, Malang: Bayu Media UMM Press.
Gie, TL, 1996 Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty
Details ...
Pemahaman tentang pengetahuan, ilmu pengetahuan yang meliputi sejarah ilmu pengetahuan, filsafat dan dasar-dasar ilmu pengetahuan, pengetahuan ilmu kebenaran, dan sarana ilmu pengetahuan, serta kajian epistemologi terhadap pendidikan sebagai ilmu pengetahuan.
Learning OutcomesMenguasai landasan pendidikan anak usia dini
ReferencesBahtiar, Amsal, 2004, Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Rafindo Persada.
Budiman, A., 2003, Logika Praktis Sebuah Pengantar, Malang: Bayu Media UMM Press.
Gie, TL, 1996 Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty
Details ...
Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis
Learning OutcomesMampu memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan global.
References
Snijders, Adelbert. (2004). Antropologi Filsafat: Manusia Paradoks dan Seruan. Yogyakarta: Kanisius. |
Sumardjo, Jakob. (2000). Filsafat Seni. Bandung: ITB. Sutrisno, Slamet. (2006). Filsafat dan Ideologi |
Yogyakarta: CV. Andi Offset. |
Syafiie, Inu K. (2004). Filsafat Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama. |
Tafsir, Ahmad. (2005). Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. |
Details ...
Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis
Learning OutcomesMampu memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan global.
References
Snijders, Adelbert. (2004). Antropologi Filsafat: Manusia Paradoks dan Seruan. Yogyakarta: Kanisius. |
Sumardjo, Jakob. (2000). Filsafat Seni. Bandung: ITB. Sutrisno, Slamet. (2006). Filsafat dan Ideologi |
Yogyakarta: CV. Andi Offset. |
Syafiie, Inu K. (2004). Filsafat Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama. |
Tafsir, Ahmad. (2005). Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. |
Details ...