Filsafat Pendidikan, Curriculum : 2010


Courser in EnglishEducational Philosophy
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pemahaman tentang pengetahuan, ilmu pengetahuan yang meliputi sejarah ilmu pengetahuan, filsafat dan dasar-dasar ilmu  pengetahuan, pengetahuan ilmu kebenaran, dan sarana ilmu pengetahuan, serta kajian epistemologi terhadap pendidikan sebagai ilmu pengetahuan.

Learning Outcomes

Menguasai landasan pendidikan anak usia dini

References

Bahtiar, Amsal, 2004, Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Rafindo Persada.

Budiman, A., 2003, Logika Praktis Sebuah Pengantar, Malang: Bayu Media UMM Press.

Gie, TL, 1996 Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang pengetahuan, ilmu pengetahuan yang meliputi sejarah ilmu pengetahuan, filsafat dan dasar-dasar ilmu  pengetahuan, pengetahuan ilmu kebenaran, dan sarana ilmu pengetahuan, serta kajian epistemologi terhadap pendidikan sebagai ilmu pengetahuan.

Learning Outcomes

Menguasai landasan pendidikan anak usia dini

References

Bahtiar, Amsal, 2004, Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Rafindo Persada.

Budiman, A., 2003, Logika Praktis Sebuah Pengantar, Malang: Bayu Media UMM Press.

Gie, TL, 1996 Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang pengetahuan, ilmu pengetahuan yang meliputi sejarah ilmu pengetahuan, filsafat dan dasar-dasar ilmu  pengetahuan, pengetahuan ilmu kebenaran, dan sarana ilmu pengetahuan, serta kajian epistemologi terhadap pendidikan sebagai ilmu pengetahuan.

Learning Outcomes

Menguasai landasan pendidikan anak usia dini

References

Bahtiar, Amsal, 2004, Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Rafindo Persada.

Budiman, A., 2003, Logika Praktis Sebuah Pengantar, Malang: Bayu Media UMM Press.

Gie, TL, 1996 Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty


Details ...
Course Descriptions

Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis

Learning Outcomes

Mampu memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan global.

 

References

Snijders, Adelbert. (2004). Antropologi Filsafat: Manusia Paradoks

     dan Seruan. Yogyakarta: Kanisius.

Sumardjo, Jakob. (2000). Filsafat Seni. Bandung: ITB.

Sutrisno, Slamet. (2006). Filsafat dan Ideologi

Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Syafiie, Inu K. (2004). Filsafat Pendidikan. Bandung: PT. Refika

      Aditama.

Tafsir, Ahmad. (2005). Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales

      Sampai Capra. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis

Learning Outcomes

Mampu memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan global.

 

References

Snijders, Adelbert. (2004). Antropologi Filsafat: Manusia Paradoks

     dan Seruan. Yogyakarta: Kanisius.

Sumardjo, Jakob. (2000). Filsafat Seni. Bandung: ITB.

Sutrisno, Slamet. (2006). Filsafat dan Ideologi

Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Syafiie, Inu K. (2004). Filsafat Pendidikan. Bandung: PT. Refika

      Aditama.

Tafsir, Ahmad. (2005). Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales

      Sampai Capra. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.


Details ...