Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan konsep dasar Psikologi Perkembangan Peserta Didik bagi calon guru/pendidik secara elementer yang mencakup awal mula psikologi, pengertian psikologi, psikologi perkembangan dan pertumbuhan, periodesasi perkembangan, fase-fase perkembangan, perkembangan peserta didik, perkembangan kognitif remaja, sosial, bahasa sikap moral, karir, perilaku menyimpang remaja, dan kenakalan remaja.
Learning Outcomes1. Sikap:
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas;
c. berdasarkan agama, moral, dan etika;
d. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
e. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung pada negara
dan bangsa;
f. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
g. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
i. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
j. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ;
k. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2. Keterampilan Umum:
a. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
b. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3. Keterampilan Khusus :
a. menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
b. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
c. memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
d. memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan
di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
4. Penguasaan Pengetahuan :
a. menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMKIMA.
b. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
c. memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA
d. memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi
pendidikan di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
-
Details ...
Mata kuliah ini memberikan konsep dasar Psikologi Perkembangan Peserta Didik bagi calon guru/pendidik secara elementer yang mencakup awal mula psikologi, pengertian psikologi, psikologi perkembangan dan pertumbuhan, periodesasi perkembangan, fase-fase perkembangan, perkembangan peserta didik, perkembangan kognitif remaja, sosial, bahasa sikap moral, karir, perilaku menyimpang remaja, dan kenakalan remaja.
Learning Outcomes1. Sikap:
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas;
c. berdasarkan agama, moral, dan etika;
d. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
e. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung pada negara
dan bangsa;
f. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
g. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
i. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
j. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ;
k. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2. Keterampilan Umum:
a. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
b. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3. Keterampilan Khusus :
a. menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
b. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
c. memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
d. memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan
di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
4. Penguasaan Pengetahuan :
a. menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMKIMA.
b. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
c. memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA
d. memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi
pendidikan di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
-
Details ...
Mata kuliah ini memberikan konsep dasar Psikologi Perkembangan Peserta Didik bagi calon guru/pendidik secara elementer yang mencakup awal mula psikologi, pengertian psikologi, psikologi perkembangan dan pertumbuhan, periodesasi perkembangan, fase-fase perkembangan, perkembangan peserta didik, perkembangan kognitif remaja, sosial, bahasa sikap moral, karir, perilaku menyimpang remaja, dan kenakalan remaja.
Learning Outcomes1. Sikap:
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas;
c. berdasarkan agama, moral, dan etika;
d. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
e. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung pada negara
dan bangsa;
f. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
g. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
i. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
j. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ;
k. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2. Keterampilan Umum:
a. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
b. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3. Keterampilan Khusus :
a. menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
b. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
c. memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
d. memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan
di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
4. Penguasaan Pengetahuan :
a. menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMKIMA.
b. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
c. memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA
d. memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi
pendidikan di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
-
Details ...
Mata kuliah ini memberikan konsep dasar Psikologi Perkembangan Peserta Didik bagi calon guru/pendidik secara elementer yang mencakup awal mula psikologi, pengertian psikologi, psikologi perkembangan dan pertumbuhan, periodesasi perkembangan, fase-fase perkembangan, perkembangan peserta didik, perkembangan kognitif remaja, sosial, bahasa sikap moral, karir, perilaku menyimpang remaja, dan kenakalan remaja.
Learning Outcomes1. Sikap:
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas;
c. berdasarkan agama, moral, dan etika;
d. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
e. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung pada negara
dan bangsa;
f. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
g. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
i. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
j. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ;
k. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2. Keterampilan Umum:
a. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
b. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3. Keterampilan Khusus :
a. menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
b. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
c. memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
d. memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan
di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
4. Penguasaan Pengetahuan :
a. menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMKIMA.
b. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
c. memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA
d. memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi
pendidikan di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
-
Details ...