Fisika Dasar, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBASIC PHYSICS
ProgramTeknik Sipil - S1
SKS3 SKS
RPS15 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.

References

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986

3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.

4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.

5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.

References

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986

3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.

4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.

5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.

References

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986

3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.

4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.

5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.

References

DAFTAR REFERENSI

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986

3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.

4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.

5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.

References

DAFTAR REFERENSI

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986

3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.

4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.

5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.

References

DAFTAR REFERENSI

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986

3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.

4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.

5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.

References

DAFTAR REFERENSI

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986

3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.

4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.

5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.

References

DAFTAR REFERENSI

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986

3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.

4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.

5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks. Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil kompleks.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian kalkulus dasar sebagai alat bantu. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;  menyelesaikan masalah rekayasa teknik Sipil yang kompleks.

References

DAFTAR REFERENSI

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986

3. Nolan, Peter J., 1993, “Fundamentals of College Physics, Wm. C. Brown Publisher, Melbourne, Australia.

4. Giancoli, Douglas C, “Physics for Scientist and Engineers”, 2nd Ed., Prentice Hall, 1988.

5. Ohanian, Hans C., “Physics”, 2nd Ed, Norton, 1989.


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian ilmu matematika sebagai alat bantu

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam mata kuliah matematika yang berfungsi sebagai alat bantu

References

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian ilmu matematika sebagai alat bantu

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam mata kuliah matematika yang berfungsi sebagai alat bantu

References

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau ilmu pengetahuan lainnya. Serta memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam pemakaian ilmu matematika sebagai alat bantu

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan untuk belajar fisika lebih lanjut atau teknik/rekayasa. Memberikan ketrampilan dalam penyelesaian persoalan fisika dasar terutama dalam mata kuliah matematika yang berfungsi sebagai alat bantu

References

1. Frederick J. Bueche, “ Teori dan soal-soal Fisika”, 7th Ed, Penerbit Erlangga, 1985

2. Serway, Reymond A, “ Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics”, 2nd Ed.; Saunders, 1986


Details ...